7 Kisah Tragis Sekaligus Mengerikan di Balik Karakter Kartun Terkenal Dunia

24 April 2018
|Reza Pratama
143SHARES

Film kartun atau film animasi, memang menjadi tontonan yang paling banyak diminati. Tidak hanya anak-anak saja yang suka dengan film kartun tapi anak remaja pun gak jarang yang suka dengan film animasi dan film kartun. Selain karena karakter-karakternya yang lucu dan menggemaskan, ceritanya juga mudah dipahami dan sangat menghibur. Biasanya karakter-karakter animasi ini berbentuk hewan lucu, boneka, sampai sosok putri kerajaan yang cantik. 

Mungkin kamu sering bahkan pernah menonton film-film animasi anak-anak seperti Masha and The Bear, Hello Kitty, Teletubbies dan film animasi lainnya. Di balik ceritanya yang menghibur, ternyata ada beberapa kisah mengerikan di balik karakter-karakter film kartun tersebut. Nah, kira-kira karakter kartun terkenal apa saja ya yang memiliki kisah mengerikan? Berikut kisahnya.    

1. Masha and The Bear

Beberapa tahun terakhir, film serial kartun terkenal Masha and The Bear menjadi tontonan yang populer di Indonesia. Serial animasi Masha and The Bear merupakan film animasi Rusia yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2009. Karakternya yang lucu dan ngeselin, membuat Masha banyak digemari anak-anak.

Di balik karakter Masha yang lucu dan gemesin, ternyata terselip sebuah kisah yang mengerikan tentang seorang anak perempuan. Serial animasi Masha and The Bear diambil dari kisah nyata 22 tahun silam. Kelakuan konyolnya bersama sang beruang mampu menarik perhatian anak-anak dan anak remaja. Animasi Masha and The Bear merupakan serial yang sengaja dibuat untuk  mengenang seorang anak perempuan yang tewas diserang seekor berung sirkus. 

Diceritakan bahwa seorang anak perempuan yang sangat menyukai sirkus, mengajak orang tuanya untuk menonton sirkus. Saat menonton sirkus, anak perempuan itu lepas dari pengawasan orang tuanya yang sedang asik menonton pertunjukan. Anak perempuan itu pergi dengan sembunyi-sembunyi ke suatu tempat di belakang panggung yang ternyata adalah kandang dari seekor beruang berukuran besar. Malangnya, anak perempuan itu tewas dimakan oleh beruang sirkus yang sedang kelaparan.

Mengetahui anaknya tewas dimakan beruang, kedua orang tuanya mengalami depresi berat dan akhirnya bunuh diri. Dalam serial Masha and The Bear, orang tua Masha tidak diperlihatkan. Ia hanya berpetualangan sendiri dan ditemani oleh seekor beruang. Karakter beruang diciptakan untuk menghormati anak perempuan yang sangat menyukai beruang sirkus. 

2. Hello Kitty

Sepertinya hampir semua orang tau dengan karakter kartun terkenal yaitu seekor kucing menggemaskan yang satu ini. Hello Kitty merupakan karakter kartun kucing betina yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974. Karakter kucing lucu ini diciptakan oleh perancang asal Jepang bernama Simizu Ikuko. 

Namun, siapa sangka karakter kucing berwarna putih yang memiliki ciri khas pita di bagian salah satu telinganya ini ternyata memiliki kisah yang mengerikan. Menurut legenda, karakter Hello Kitty pertama kali dibuat oleh seorang ibu di Cina pada tahun 1970. Dikatakan bahwa ibu ini memiliki seorang anak perempuan yang mengidap kanker mulut yang pada saat itu belum ada obatnya. Sang ibu mencari berbagai cara untuk menyembuhkan penyakit kanker anak kesayangannya itu. 

Sekian lama usaha sang ibu untuk menyembuhkan penyakit anaknya, sang ibu pun merasa putus asa dengan kondisi anaknya yang tak kunjung sembuh. Menurut cerita sang ibu, menemui iblis untuk meminta pertolongan agar anaknya disembuhkan. Iblis pun meminta syarat agar dibuatkan karakter iblis yang bisa diterima semua orang. Karena rasa sayangnya terhadap anak, sang ibu pun menyetujui perjanjian tersebut. 

Ketika anaknya sembuh, sang ibu menciptakan perusahaan yang memproduksi karakter lucu bernama Hello Kitty. Kata ‘Kitty’ di Cina memiliki arti devil atau iblis. Jadi, nama Hello Kitty berarti Hello Devil. Karakter Hello Kitty yang tidak memiliki mulut menggambarkan kondisi anaknya dulu yang terkena kanker mulut. Telinganya yang runcing diibaratkan sebagai tanduk iblis, dan banyak orang yang menganggap kalau Hello Kitty adalah putri iblis.    

3. Hey Arnold!

Serial kartun terkenal yang ditayangkan oleh Nickelodeon ini salah satu tayangan yang menjadi hiburan anak 90-an. Hey Arnold! mulai disiarkan di Amerika Serikat pada tahun 1996 sampai tahun 2004. Hey Arnold! menceritakan kehidupan anak sekolah bernama Arnold dan teman-teman bermainnya.

Arnold yang memiliki kepala seperti bola rugby ini hidup dengan kedua pasangan yang ia anggap kakek dan neneknya, meskipun kejadian yang sesungguhnya adalah kedua pasangan yang sudah tua itu merupakan orang tua kandungnya. Arnold hanya mengetahui cerita kalau orang tuanya meninggal karena kecelakaan pesawat, dan menganggap dirinya kini dirawat oleh kakek dan neneknya. Kisah Hey Arnold! sebenarnya merupakan cerita animasi yang diangkat dari dunia nyata yang terkenal di seluruh dunia. 

4. Rugrats

Serial animasi anak-anak 90-an ini pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 2000-an awal di Lativi. Rugrats merupakan serial TV animasi Amerika Serikat yang diproduksi oleh Nickelodeon pada tahun 1991 sampai 2004. Kartun yang menceritakan sekumpulan bayi dan anak-anak ini ternyata memiliki kisah kelam di balik ceritanya yang lucu. 

Menurut cerita, kehidupan di serial animasi Rugrats merupakan imajinasi dari Angelica seorang anak perempuan yang nakal dan manja. Bayi khayalan Angelica yang pertama adalah Chuckie, yang ternyata sudah meninggal bersama dengan ibunya. Inilah yang menyebabkan ayah Chuckie terlihat gugup terus menerus. Bayi khayalan kedua adalah Tommy yang ternyata juga sudah meninggal, itulah penyebab ayah Tommy selalu ada di ruang bawah tanah yang selalu membuat mainan khusus untuk anak-anak yang tidak memiliki kesempatan hidup. 

Selanjutnya, bayi khayalan yang ketiga adalah si kembar Phil dan Lil yang sebenarnya mereka juga sudah meninggal karena aborsi. Angelica tidak mengetahui dengan pasti apa jenis kelamin kedua anak kembar tersebut. Saat Angelica dewasa, ia menjadi pecandu narkoba dengan skizofrenia-nya yang bertambah buruk dan membuat imajinasi semasa kecilnya muncul kembali dengan membawa bayi-bayi khayalannya yang ia buat menjadi dewasa juga.    

5. Pocahontas

Buat kamu penggemar kartun Disney pasti pernah menonton film animasi berjudul Pocahontas. Pocahontas diproduksi oleh Disney pada tahun 1995. Film animasi ini menceritakan tentang kehidupan cinta putri dari kepala Suku Indian dengan seorang kapten kapal bernama John Smith.

Pocahontas memang sepintas terlihat seperti film animasi percintaan pada umumnya. Namun, yang sesungguhnya terjadi tidak seindah yang ada di film. Pocahontas diculik, diperkosa, lalu dibunuh oleh pihak Inggris. Pocahontas merupakan seorang wanita dari Suku Indian yang dijadikan tahanan oleh pihak penjajah Inggris. Suaminya dibunuh, dan ia diperkosa secara bergiliran oleh para penjajah Inggris hingga hamil. 

Kemudian Pocahontas dinikahkan dengan petani tembakau, agar kehamilannya terlihat sah. Pocahontas kemudian dijadikan simbol sebagai warga pribumi buas yang berhasil dijinakkan. Pocahontas yang sudah mengetahui rencana bangsa Inggris yang ingin menguasai daerah Indian, akhirnya dibunuh dengan cara diracun agar rencana pihak Inggris tidak tersebar luas.  

6. Ariel Mermaid

Masih dari animasi produksi Disney berjudul The Little Mermaid. The Little Mermaid diproduksi oleh Disney pada tahun 1989. Karakter utama dalam animasi ini adalah putri duyung bernama Ariel. Dan menjadi salah satu karakter princess yang digandrungi anak-anak. 

Ternyata putri duyung cantik berambut merah ini menyimpan kisah yang mengerikan di dalamnya. Dikisahkan Ariel sang putri duyung cantik selama menjadi manusia dibekali sebilah pisau yang tersembunyi di balik rambut panjangnya. Pisau itu digunakan untuk membunuh siapa saja yang mengetahui identitas Ariel sesungguhnya. Ia harus melakukan itu untuk melindungi jati dirinya serta untuk keselamatan spesiesnya di bawah laut agar tidak menjadi buruan manusia. 

Dalam kisah cintanya Ariel ternyata bertepuk sebelah tangan. Sang pangeran meninggalkan Ariel dan lebih memilih untuk menikahi gadis lain. Karena patah hati Ariel bunuh diri dengan pisau yang sering ia bawa.  

7. Crayon Shin-Chan

Shin Chan merupakan karakter ciptaan Yoshito Usui yang menggambarkan seorang bocah laki-laki berusia 5 tahun. Shin Chan pertama kali ditayangkan di TV Jepang pada tahun 1990. Serial manga dari Jepang ini memang menjadi tontonan yang sangat menghibur buat anak-anak maupun remaja. Di Indonesia sendiri, karakter Shin Chan sudah sangat terkenal dan ditayangkan setiap minggu paginya di salah satu stasiun TV.

Namun siapa sangka di balik karakternya yang lucu dan jahil ini ternyata mengandung cerita memilukan. Menurut cerita yang beredar di Jepang, sang pencipta karakter Shin Chan, Yoshito Usui sebenarnya terinspirasi dari seorang ibu bernama Misae yang merindukan anak laki-lakinya yang sudah tiada bernama Shinosuke. Diceritakan, ketika Shinosuke berusia 5 tahun, ia ditabrak sebuah mobil karena menyelamatkan adiknya yang nyaris tertabrak mobil. Namun nasib malang menimpa keduanya, Shinosuke dan adiknya tewas tertabrak mobil. 

Kedua orang tuanya pun merasa sangat terpukul dengan kejadian yang menimpa kedua anaknya. Misae menemukan crayon milik Shinosuke di dalam mobilnya, hal itulah yang menginspirasi Yoshito Usui membuat judul manga dengan nama “Crayon Shin Chan”. Misae yang merasa depresi berat, menceritakan kebiasaan Shinosuke ketika berada di rumah. Dikatakan jika karakter Shin Chan yang jahil, nakal, lucu dan konyol merupakan imajinasi dari Misae yang sangat merindukan anaknya.

Itulah 7 kisah mengerikan dan memilukan di balik karakter-karakter kartun terkenal. Memang beberapa di antaranya masih belum diketahui kebenarannya tapi menurut kabar dan cerita yang beredar, seperti itulah yang dipercayai. Semuanya kembali lagi pada diri masing-masing, mau percaya atau tidak dengan kisah-kisah karakter kartun terkenal di atas. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
143SHARES