7 Jembatan Angker di Indonesia dengan Cerita Mistis yang Menyelimutinya, Mencekam Banget Deh!

17 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Jembatan menjadi salah satu sarana penunjang yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya jembatan, masyarakat dapat menyebrang dari satu daerah ke daerah lainnya. Bagi masyarakat di pedesaan sendiri, kehadiran jembatan pun dapat mempermudah berbagai akses pelayanan, baik pelayanan pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Namun, di bagian daerah yang lain, kehadiran jembatan dapat juga memberikan nuansa mistis yang sangat menyeramkan. Terlebih jika jembatan tersebut telah berdiri selama puluhan dan bahkan ratusan tahun. Di Indonesia sendiri cukup banyak jembatan angker dengan berbagai cerita mistis yang menyelimutinya. Di mana sajakah itu? Berikut tujuh jembatan angker yang ada di Indonesia.

1. Jembatan Merah, Surabaya

Jembatan angker ini menjadi salah satu spot berhantu yang ada di Surabaya. Ketika kamu melintas di sini, entah dari mana, bau anyir selalu saja tercium. Banyak dari para pengendara yang melintasi jembatan tersebut mendengar suara minta tolong plus penampakan sosok gaib dengan sebagian tubuhnya yang hilang. Hiii serem! Nah, ternyata dulunya jembatan ini menjadi salah satu medan pertempuran antara pribumi melawan Belanda, guys. Pantesan serem, ya!

2. Jembatan Jiwan, Magetan

Konon katanya, jika kamu melintasi jembatan angker ini, kamu akan didekati oleh sosok perempuan cantik bernama Sadikem. Meskipun cantik, kamu jangan sampai tergoda olehnya karena jika kamu sampai tergoda, kamu bisa-bisa celaka. Menurut keterangan warga sekitar, sosok Sadikem merupakan seorang gadis yang tewas tenggelam di Sungai Bakung. Arwah penasarannya terkadang muncul di ujung jembatan sambil menunggu kedatangan sang suami. Bahkan, kecelakaan beruntun yang terjadi pada tahun 2012 silam dikait-kaitkan dengan sosok penunggu yang satu ini.

3. Jembatan Eretan, Indramayu

Kamu wajib waspada jika ada sesosok hantu yang menyamar menjadi orang meminta tumpangan untuk diantarkan pulang ketika melintasi jembatan angker ini, terutama pada malam hari. Soalnya, banyak kejadian ketika para pengendara memberikan tumpangan, mereka secara tiba-tiba berada di tengah kuburan, sedangkan penumpang yang dibonceng menghilang entah ke mana. Waduh, meski niatnya baik, kamu harus tetap berdoa dulu ya sebelum memberikan pertolongan.

4. Jembatan Comal, Pemalang

Banyak cerita mistis yang menyelimuti jembatan angker ini. Mulai dari penampakan siluman ular putih berkepala manusia hingga mitos soal makam dan kerajaan gaib yang tinggal di sini. Dan jika kamu mendengar ada suara tangisan anak kecil ketika melintasi jembatan ini, kamu wajib banget waspada dan berdoa. Soalnya, masyarakat sekitar percaya bahwa tak lama setelah terdengar suara tangisan tersebut, pasti akan ada kecelakaan beruntun yang akan memakan korban jiwa.

5. Jembatan Suramadu, Madura

Meski terhitung baru, namun nuansa mistis yang menyelimuti jembatan angker ini cukup terasa. Salah satunya adalah cerita tentang permintaan tumbal nyawa ketika pembangunan jembatan tengah dilangsungkan. Selain itu, sosok sundel bolong pun kerap kali muncul sebelum terjadi kecelakaan di jembatan ini.

6. Jembatan Sewo, Pantura

Pastinya kamu akan merasa terheran-heran ketika melintasi jembatan angker ini. Pasalnya, di pinggir jembatan kamu dapat melihat jejeran orang-orang yang membawa sapu ijuk. Apa yang dilakukan orang-orang tersebut? Mereka akan mengambil koin-koin yang dilemparkan oleh para pengendara yang melintas, guys. Sapu ijuk pun menjadi salah satu alat jika koin yang dilemparkan pengendara berada di tengah jalan.

Nah, usut punya usut, kegiatan dari warga sekitar ini berkaitan erat dengan mitos yang menyelimuti jembatan ini. Konon katanya, sungai yang berada di bawah Jembatan Sewo dihuni oleh banyak sekali makhluk halus. Mulai dari kuntilanak, siluman buaya putih, hingga nyai ronggeng yang kerap menampakkan wujudnya di jembatan ini. Lambat laun, para pengendara pun melakukan aktivitas melempar koin yang diyakini sebagai salah satu cara meminta ijin atau permisi kepada para penghuni gaib di tempat tersebut. 

7. Jembatan Musi II, Palembang

Jembatan yang membelah Sungai Musi ini terletak di wilayah Tanggobuntung, Palembang. Konon, ada sesosok wanita cantik yang dipercaya sebagai penunggu jembatan ini. Wanita itu diyakini merupakan seorang noni. Menurut urban legend yang beredar, noni tersebut dulunya menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan di jembatan ini. Kemudian, para pelaku membuang mayat sang noni ke Sungai Musi untuk meninggalkan jejak.

Uniknya, sosok penunggu jembatan ini hanya akan memperlihatkan wujudnya kepada para pria hidung belang. Pokoknya, kalau kamu kamu melihat ada seorang wanita berbaju merah, kamu jangan sampai tergoda, ya. Soalnya, kamu bisa langsung diseret dan diceburkan ke Sungai Musi oleh sang noni hingga tewas tenggelam.

Serem-serem ya cerita mistis yang menyelimuti berbagai jembatan angker yang ada di Indonesia ini. Percaya atau tidaknya itu semua kembali pada keyakinan masing-masing. Namun, satu hal yang pasti adalah kamu gak boleh tuh yang namanya bertingkah serampangan atau sombong ketika melintasi sebuah jembatan. Apalagi jembatan angker. Positif thinking-nya, kita harus menjadi pengguna jalan yang baik lah ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES