7 Hal Mistis yang Dipercaya Saat Kita Anak-Anak. Mungkin Dulu Kamu Juga Begitu!

22 Agustus 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Saat kecil, kita sangat mudah mempercayai sesuatu. Begitupun hal-hal mistis yang kita dapat dari lingkungan, dipercaya bahkan dilakukan. Orang tua kerap kali menakut-nakuti anaknya dengan hal mistis agar mereka berhenti melakukan sesuatu yang buruk. Terkadang teman-teman sepermainan kita juga bercerita anah-aneh tentang sesuatu yang menyeramkan. Saat kita dewasa, kita hanya geleng-geleng kepala saat mengingat hal itu. Betapa mudahnya kita ditipu. Untuk mengenang masa itu, simak kembali berbagi hal mistis yang dipercaya saat masa kanak-kanak.

1. Jangan main hingga sore, nanti diculik setan

Mengerikan bila benar-benar terjadi. Dahulu, kata-kata ini cukup manjur membuat anak-anak yang pergi bermain pulang tepat waktu. Saat ini, mungkin jarang diucapkan orang tua karena anak-anak sekarang lebih suka bermain gadget dan mengikuti serial drama TV di rumah.

2. Jika menunjuk makam jari harus dijilat

Memang dasar anak-anak, dulu adu nyali melewati depan makam jadi permainan horor yang asik. Meski siang hari, tetap saja bikin ketakutan setengah mati. Apalagi jika tak sengaja menunjuk makam, harus cepat-cepat dijilat atau digigit. Jika tidak jari kita akan membusuk.

 

3. Jangan main di rumpun bambu

Bagi anak-anak yang tinggal di pedesaan, bermain di rumpun bambu jadi hal yang dihindari. Lagi-lagi karena hal mistis yang mengatakan bahwa tempat itu adalah tempat tinggal makhluk gaib. Kadang ada saja yang masih iseng mendekati rumpun bambu. Ketika berderat karena tiupan angin, mereka langsung lari terbirit-birit dan mengatakan jika setannya marah.  

4. Jangan ambil guling yang jatuh dari kasur

Ini yang paling menyeramkan dan paling bikin nggak berani tidur sendiri. Ini rumor yang tersebar di kalangan anak-anak, kalau kita nggak sengaja bikin guling jatuh, gulingnya bisa berubah jadi pocong. Jadi, jangan diambil kalau kamu nggak mau tidur meluk pocong. Jangankan anak kecil, yang dewasa aja ketakutan dengan hal ini.

5. Jangan tidur di masjid, nanti dipindahin jin

Kalau ini, bukan cuma dipercaya anak kecil, para orang dewasa pun ikut memercayainya. Masjid seharusnya jadi tempat ibadah, jika ada yang tidur di sana, dipercaya akan ada jin yang memindahkannya ke comberan. Tidur di dalam masjid memang nggak baik, kalau memang terdesak, kamu dapat tidur di bagian selasarnya.

6. Kunang-kunang adalah kuku orang mati

Menjadi pemandangan indah melihat kunang-kunang berkerlap-kerlip pada malam hari. Satu mitos yang berkembang, katanya kunang-kunang merupakan jelmaan kuku orang mati. Bener nggak, ya? Mungkin mitos itu sengaja dibuat untuk mencegah anak-anak menangkap hewan yang bisa menyala ini.

7. Makan tidak boleh sambil tiduran

Anak-anak terkadang malas makan, bahkan biasanya minta disuapi sambil tiduran. Orang tua kerap kali menakuti jangan makan sambil tiduran nanti jadi ular. Cukup efektif untuk membuat mereka mau makan. Tapi, apa iya beneran bisa jadi ular?

Hal-hal mistis tersebut memang terdengar seperti omong kosong. Namun, semua itu dibuat agar anak-anak takut untuk melakukan hal buruk, misalnya mencegah anak pulang terlalu sore. Hal mistis apa yang dulu pernah kamu percaya dan membuatmu ketakutan setengah mati?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES