7 Boneka Mistis Asal Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Merinding, Berani Mainin?

07 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Boneka menjadi salah satu permainan yang cocok untuk anak-anak. Terkadang boneka tidak hanya dijadikan teman bermain, tetapi juga dijadikan teman tidur. Tapi, kalau bonekanya bernuansa mistis, kalian mau menjadikannya teman bermain atau teman tidur? Kisah boneka bernuansa mistis sudah banyak diangkat ke layar lebar, sebut saja Chucky dan Anabelle. Kedua boneka itu mampu membuat penontonnya merasa ketakutan.

Nah kali ini, kita akan membahas boneka mistis yang akan membuat bulu roma kalian bergidik. Boneka-boneka mistis ini asli dari Indonesia lho. Yuk kita simak bersama!

1. Wayang Golek

Siapa yang tidak tahu wayang golek? Wayang golek adalah kesenian yang berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Wayang golek terbuat dari kayu yang dibuat sedemikian rupa hingga membentuk tubuh layaknya manusia. Pada saat ini, pertunjukan wayang golek digunakan untuk sarana edukasi dan media dakwah. Akan tetapi, dulu pertunjukan digunakan untuk upacara ruwatan. Upacara ruwatan dilakukan untuk membebaskan seseorang dari nasib buruk. Selain itu, dulu juga berkembang kisah mistis tentang pertunjukan wayang golek. Jika seseorang yang menonton wayang golek tidak sampai selesai akan diikuti oleh salah satu dari wayang golek tersebut.

2. Ondel-Ondel

Boneka dari kebudayaan Betawi, Ondel-ondel, juga memiliki cerita mistis di baliknya. Cerita mistis terdapat pada cara pembuatannya. Pembuatan Ondel-ondel tidak boleh sembarangan, harus disediakan sesaji berupa bubur sumsum, kembang tujuh rupa, dan kemenyan. Sesaji tersebut dimaksudkan agar pembuatan berjalan dengan lancar dan agar Ondel-ondel yang dibuat dihuni oleh sosok roh yang baik. Hingga saat ini, Ondel-ondel tetap dipercaya ada sosok roh yang menghuninya.

3. Badawang

Badawang memiliki kemiripan dengan ondel-ondel. Badawang dikenal juga dengan nama Memeniran yang berasal dari kata bahasa Belanda meneer yang berarti ‘tuan’. Boneka mistis ini berasal dari kebudayaan Sunda, Jawa Barat. Boneka Badawang diduga berkaitan dengan tradisi totemisme, yaitu suatu ajaran yang memercayai bahwa warga kelompok dengan satu garis keturunan, adalah keturunan dewa-dewa.

4. Si Gale-Gale

Si gale-gale adalah boneka mistis yang berwujud manusia laki-laki. Terdapat berbagai versi berkaitan dengan asal-usul boneka ini. Salah satunya adalah boneka yang dibuatkan untuk sang raja yang merindukan anaknya, Mungale, yang mati karena peperangan. Konon dalam pembuatannya, para pembuat harus menyerahkan seluruh jiwanya agar boneka tersebut dapat bergerak layaknya manusia. Boneka ini digunakan dalam upacara adat pemakaman di Samosir, Sumatra Utara. Si gale-gale yang menari-nari di acara pemakaman dipercaya dapat menolak bala. Setelah upacara pemakaman selesai, boneka harus langsung dihancurkan.

5. Jelangkung

Kalau boneka yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan, boneka ini sudah menginspirasi beberapa cerita film di Indonesia. Boneka ini terbuat dari batok kelapa sebagai kepala dan bambu sebagai tubuhnya. Jelangkung diduga berasal dari kebudayaan Tiongkok, Can Lan Gong ‘dewa keranjang’ atau Can Lan Tse ‘dewa pelindung anak’. Permainan Jelangkung digunakan untuk memanggil makhluk gaib. Permainan ini dilakukan oleh tiga orang, dua orang memegangi boneka dan satu orang yang membaca mantra. Tahu kan mantranya? 'Jelangkung, jelangset di sini ada pesta. Jelangkung, jelangset, datang tak diundang, pulang tak diantar.'

6. Nini Thowong

Kalau yang satu ini mungkin bisa disebut jelangkung versi cewek. Nini Thowong berasal dari kebudayaan Jawa. Nini Thowong terbuat dari siwur atau tempurung kelapa dan wuwu atau alat untuk menangkap ikan. Nini berarti ‘perempuan’ dan thowong berarti ‘menyerupai manusia’. Boneka ini ditarikan untuk keselamatan desa, menolak bala, dan menyembuhkan penyakit. Boneka Nini Thowong dipercaya disemayami oleh roh sehingga dapat bergerak luwes ketika ditarik.

7. Jenglot

Yang terakhir ini, mungkin yang paling mistis dan menyeramkan, jenglot. Jenglot diyakini terbentuk dari jasad manusia yang tidak diterima oleh bumi. Menurut cerita, pada saat hidup, jenglot adalah orang sakti yang mengamalkan ilmu hitam yang membuatnya susah dibunuh. Orang tersebut harus melakukan perjanjian dengan setan. Isi perjanjiannya adalah apabila mati, tubuhnya akan menjadi batu karang. Bahkan, ia tidak bisa mati dengan sempurna. Banyak orang mengoleksi jenglot karena dipercaya dapat mengabulkan permintaan.

Nah, itu tadi deretan boneka mistis asli Indonesia. Menurutmu yang paling seram yang mana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES