5 Sungai Angker di Indonesia yang Dipercaya Sering Meminta Tumbal Ini Wajib Kamu Waspadai

21 Juni 2017
|Ani Nur Cholifah
68SHARES

Kamu tahu nggak sungai terpanjang di Indonesia? Ya! Jawabannya adalah Sungai Kapuas dengan panjang mencapai 1.143 km yang membentang di Provinsi Kalimantan. Sungai yang sangat panjang ini tentunya dimanfaatkan oleh warga setempat untuk kebutuhan sehari-hari. Namun selain membantu, ternyata sungai ini memiliki mitos yang menyeramkan, yaitu meminta tumbal. Nah, ternyata masyarakat Indonesia masih banyak yang percaya akan hal-hal gaib seperti itu. Selain Sungai Kapuas, Indonesia juga memiliki beberapa sungai angker lainnya yang dipercaya sering meminta tumbal. Penasaran sungai mana saja itu? Yuk langsung kita kepoin!

1. Sungai Bengawan Solo

Sungai ini bisa disebut sebagai sungai purba yang berada di Pulau Jawa karena sungai ini sudah ada hampir 4 juta tahun lalu. Selain itu, sungai ini juga terkenal sering meluap dan membanjiri pemukimam masyarakat setempat. Sungai ini juga tercatat dalam setahun bisa memakan korban sampai tiga puluh orang berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hal ini kemudian dikaitkan dengan kondisi sungai yang angker dan mampu menghanyutkan korban dari hulu menuju hilir. Meskipun terkenal sangat angker, sungai ini juga membantu perekonomian masyarakat sekitar dan digunakan sebagai pembangkit listrik. Oleh karena itu, masyarakat setempat juga sering melakukan ritual tertentu untuk menjaga keselamatan mereka.

2. Sungai Brantas, Jawa Timur

Setelah Bengawan Solo, Sungai Brantas tergolong menjadi sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Sungai ini mengalir melewati Kota Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung dan juga Mojokerto. Sungai ini dikenal memiliki aliran sungai yang tenang, tapi menghanyutkan. Banyak orang yang akan tertipu dengan aliran sungai ini. Mitosnya, sungai ini dijaga oleh hantu sehingga banyak orang yang sedang asik bermain atau menikmati sore hari di pinggir sungai ini dengan memancing tiba-tiba terbawa arus yang deras dalam sekejap dan nyawanya pun tak tertolong.

3. Sungai Musi, Palembang

Sungai ini berada di Sumatera Barat tepatnya di Palembang. Di atas sungai ini juga dibangung Jembatan Ampera yang ternyata banyak korban yang tergelincir dan terjun bebas ke Sungai Ampera. Setiap tahunnya, sungai ini diketahui meminta tumbal. Konon, sungai ini dijaga oleh hantu bertubuh besar yang disebut dengan Antu Banyu. Tangan korban biasanya seperti berlendir sehingga sewaktu melintasi jembatan Ampera dan mereka yang memegang sisi jembatan secara otomatis akan tergelincir dan hanyut terbawa aliran Sungai Musi. Korban biasanya akan hilang selama 1-2 hari sebelum akhirnya ditemukan. Anehnya, setiap korban yang ditemukan, bagian belakang pada kepalanya berlubang dan bagian oraknya sudah dimakan oleh hantu banyu.

4. Sungai Kapuas, Kalimantan

Sungai yang membentang sepanjang 1.143 km ini menjadikan Sungai Kapuas menjadi sungai terpanjang di Kalimantan dan juga Indonesia. Biasanya, akan ada banyak festival besar yang diselenggarakan di dekat sungai ini sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencari pendapatan lain saat festival ini berlangsung sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, sungai ini jufa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, seperti perairan untuk lahan pertanian dan menjadi sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain manfaatnya yang sangat banyak, ternyata sungai ini mitosnya sering memakan korban dan juga sering meminta tumbal. Pada hari-hari tertentu, di pingiran sungai ini sering diletakan sesajen oleh warga setempat untuk menghindari terjadinya permintaan tumbal yang banyak. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi warga akan terjadinya hal yang tak diinginkan karena sungai ini sudah terlalu sering memakan korban hanyut dan tenggelam.

5. Sungai Siak, Riau

Sungai yang berada di Kabupaten Siak ini juga merupakan jalur transportasi untuk kapal barang dengan ukuran yang sangat besar. Namun, jalur transportasi ini juga ternyata termasuk ke dalam salah satu sungai angker yang seringkali meminta korban dengan jumlah yang tak sedikit. Bahkan, banyak warga yang sering melihat penampakan makhluk gaib yang aneh, seperti buaya putih dan ikan duyung yang suka mengganggu manusia. Masyarakat setempat justru memercayai mitos bahwa Sungai Siak ini adalah pusat dari Kerajaan Siluman sehingga seringkali banyak kejadian aneh yang tak jarang menelan korban jiwa yang sangat banyak.

Percaya atau tidak tentunya sungai-sungai yang terkenal angker ini memiliki manfaat tersendiri untuk warga setempat. Hal ini juga mengingatkan kita untuk tetap berhati-hati dan waspada, terutama saat berada di lingkungan bebas. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
68SHARES