5 Penyihir Wanita Terpopuler dalam Sejarah Ini Beneran Ada Nggak Ya? Horor Banget!

03 Januari 2018
|Median
0SHARES

Penyihir, satu kata yang serem sekaligus keren. Ya keren kalau yang ada di benak kita itu penyihir-penyihir baik macam di film Harry Potter. Tapi kalau penyihir-penyihir jahat, nah itu baru serem. Ngomongin penyihir, entah kenapa penyihir yang serem itu identik dengan wanita, padahal nggak semua penyihir wanita itu serem dan jahat. Meski memang yang jahat biasanya lebih terkenal sih. Baik yang jahat maupun nggak jahat, dunia ini punya penyihir-penyihir wanita yang sangat populer. Siapa aja tuh? Nih, YuKepo udah kumpulin informasinya buat kamu. Nggak usah kelamaan, yuk samperin satu-satu.

 

1. Calon Arang

Kalau cerita tentang penyihir dari abad ke-12 satu ini, kamu pasti nggak asing lagi. Yes, Calon Arang adalah sosok penyihir dalam cerita rakyat Jawa dan Bali yang sangat melegenda. Calon Arang diceritakan sebagai seorang janda yang hidup pada zaman Kerajaan Daha (Kediri) yang terkenal sebagai penguasa ilmu hitam yang sangat ditakuti. Oleh karena kemampuan yang dimilikinya itu, anaknya, Ratna Manggali, tidak kunjung bersuami juga. Walaupun Ratna Manggali cantik, para pemuda di lingkungan Kerajaan Daha takut meminangnya karena kemampuan ilmu tenung ibunya yang tidak main-main. Suatu ketika, karena kesedihannya  terhadap nasib anaknya, Calon Arang marah lalu membaca mantra dari buku ilmu-ilmu sihirnya yang kemudian menimbulkan banjir besar dan wabah penyakit di desanya. Pada akhirnya, desa kembali aman setelah Calon Arang mati dan buku ilmu-ilmu sihirnya berada di tangan Empu Baradah, orang ditugasi Raja Airlangga untuk menangani kejahatan Calon Arang.

2. Angela de la Barthe

Penyihir satu ini berasal dari Kota Toulouse, Perancis, yang dikisahkan hidup pada abad ke-13. Selain sebagai penganut Katarisme (sebuah sekte yang dinyatakan sesat oleh gereja), Angela juga dikatakan sebagai penyihir yang pernah berhubungan seksual dengan iblis hingga ia memiliki seorang anak berwujud monster berkepala serigala dan berekor naga. Anaknya tersebut konon selama dua tahun memiliki hobi makan bayi-bayi yang dibunuh ibunya atau digali dari kuburan-kuburan yang ada di halaman gereja-gereja terpencil. Angela pun kemudian dinyatakan bersalah dan dibakar hidup-hidup di Katedral Saint Stephen, Toulouse.  Nah, akan tetapi, menurut penelitian kontemporer, keberadaan Angela de la Barthe ternyata cuma mitos. Catatan sidangnya tidak pernah ditemukan di Toulouse dan selain itu, persekutuan dengan iblis pada zamannya belum dianggap sebagai tindak kriminal. Para peneliti juga menemukan bukti bahwa cerita penyihir Angela de la Barthe hanyalah fiksi yang termuat dalam kronik yang berasal dari abad ke-15.

 

3. Mother Shipton

Ursula Southeil atau populer disebut sebagai Mother Shipton merupakan juru tenung dan peramal dari Inggris yang terkenal pada abad ke-16. Sejak kecil, Mother Shipton sudah dikisahkan sebagai orang buangan. Dia konon terlahir dari seorang ibu yang dituduh sebagai penyihir. Fisik Mother Shipton waktu lahir pun beda dari bayi kebanyakan, yakni berkepala besar, berpipi cekung, berkaki cacat, dan bergigi lengkap sejak lahir. Oleh karena hal itu, masyarakat semakin yakin bahwa dirinya merupakan keturunan antara manusia dan iblis, terlebih lagi ayahnya tidak diketahui dengan jelas. Terlepas dari benar tidaknya hal tersebut, Mother Shipton terkenal sebagai penyihir dari Inggris yang memiliki kekuatan magis dan kemampuan meramal yang hebat. Mother Shipton diceritakan meninggal sekitar tahun 1561 dan dimakamkan di York, Inggris.

 

4. Marie Laveau

Marie Catherine Laveau adalah seorang praktisi Voodoo dari New Orleans, Louisiana, AS, yang memiliki bakat dan kemampuan yang menakjubkan. Dia sampai dijuluki sebagai Voodoo Queen of New Orleans. Selain sebagai praktisi Voodoo, Marie ternyata juga dikenal sebagai orang yang sangat dermawan. Dia diketahui meninggal pada tahun 1881 di usia 79 tahun. Bakatnya itu pun menurun pada salah satu putrinya, Marie Laveau II. Putrinya tersebut dikenal dengan ritual ilmu sihir dan spiritualisme asli Amerika-nya, yang sekarang disebut sebagai Voodoo New Orleans. Bahkan, pada tahun 1874, sekitar 12 ribu orang, baik berkulit hitam maupun putih, berkumpul di tepi Danau Pontchartrain untuk sekilas melihat Marie Laveau II melakukan ritual legendarisnya di Saint John’s Eve. Ibu dan anak ternyata sama-sama memiliki pengaruh kuat terhadap para pengikutnya.

5. Silver RavenWolf

Nah, kalau penyihir satu ini adalah penyihir kontemporer. Selain sebagai penyihir, Silver RavenWolf juga sebagai pemimpin sekaligus tokoh senior Wicca, salah satu gerakan agama baru Paganisme modern. Wicca sendiri di dalamnya memiliki ritual sihir. Wanita kelahiran tahun 1956 asal AS ini juga merupakan salah satu penulis terkenal tentang Wicca dan Paganisme secara umum serta menjadi direktur The Black Forest Circle and Seminary, salah satu organisasi yang mencakup kurang lebih 38 klan Wicca di AS dan Kanada. Sebagai penyihir, RavenWolf tidak mempraktikkan ritual sihir yang aneh, jadi ya aman-aman saja.  

 

Kira-kira menurutmu yang mana nih yang ilmu sihirnya keliatan paling greget? Mana pun itu, baik yang beneran ada maupun hanya ada dalam cerita alias mitos, mereka yang jelas sudah bikin serem dunia. Jangan sampai deh ya ilmu-ilmu sihir dan semacamnya itu, apalagi yang jahat, menghantui kita. Udah, cukup ilmu sulap dan ilmu merebut hati pasangan orang aja yang menghantui kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES