5 Mitos yang Melekat pada Pohon Beringin Ini Bikin Kamu Merinding Saat Melewatinya

04 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Kamu sering berpikir nggak kalau pohon beringin itu adalah sarangnya hantu? Pohon ini memang sangat kental dengan aura mistis. Sebagian orang juga percaya kalau pohon besar yang rindang ini dianggap sebagai pohon keramat. Oleh karena itu banyak rumor yang beredar bahwa pohon ini terkesan horor. Nah, beberapa mitos yang melekat pada pohon beringin ini juga pasti pernah kamu dengar salah satunya. Berikut ini rangkumannya, YuKepo!

1. Pantangan buang air kecil

Larangan tentang hal ini dipercaya karena konon pohon yang dihuni oleh hantu ini nantinya akan murka karena tempat tinggalnya dikotori. Sebagian masyarakat juga percaya jika ada orang yang buang air kecil di pohon ini biasanya akan terkena penyakit yang disebabkan oleh makhluk halus atau orang Jawa menyebutnya dengan sawan. Kejadian ini disebabkan karena hantu tersebut ingin balas dendam.

2. Tempat tinggalnya genderuwo

Pohon besar dengan akar yang menjuntai dan rindang ini akan berubah menjadi menyeramkan saat malam hari. Kisah tentang angkernya pohon besar ini juga sudah menjadi sebuah legenda yang diceritakan secara turun-temurun oleh orang zaman dulu, bahwa pohon ini dihuni oleh makhluk halus yang juga tinggi besar seperti genderuwo. Bahkan mitos ini sering membuat orang-orang takut untuk melintasi kawasan yang ditumbuhi oleh pohon beringin.

3. Akar pohon yang menjulur

Salah satu yang paling identik selain terkesan angker, pohon beringin ini juga memiliki akar-akar yang menjulur panjang. Akar ini juga bisa untuk kamu bergelantungan seperti atraksi di film Tarzan. Namun, atraksi tersebut tak boleh kamu praktikkan karena mitosnya itu akan menjadikan kamu orang yang suka berpangku tangan alias nggak bisa mandiri.

4. Menebang pohon beringin mendatangkan bahaya

Pohon beringin yang terkesan mistis ini justru menjadi salah satu lambang negara, yaitu dalam isi kandungan Pancasila. Pohon ini melambangkan persatuan Indonesia pada Sila ke-3. Kemudian muncul kepercayaan bahwa pohon ini simbol kehormatan sehingga dilarang menebang pohon ini. Bahkan ada mitos yang mengatakan bila ada orang yang berani menebang pohon ini tanpa melakukan ritual, maka akan terkena musibah. Nah, hal ini juga membuat banyaknya pohon beringin yang menghiasi jalanan dan taman kota sebagai pohon raksasa karena usianya bisa mencapai ratusan tahun.

5. Mitos bernasib baik di pohon beringin Yogyakarta

Mitos tentang pohon beringin nggak selalu tentang hal-hal menyeramkan dan berbau mistis. Salah satunya yaitu pohon beringin kembar yang ada di kota gudeg, Jogja. Konon, pohon beringin yang sudah ada sejak dulu ini dipercaya bisa mengabulkan harapan kamu, salah satunya adalah jodoh, tapi kalau kamu berhasil melewati tradisi “masangin”. Siapa pun bisa melakukan tardisi ini dengan cara menutup kedua matanya kemudian mengucapkan harapan lalu melewati pohon beringin kembar ini. 

Mitos tentang pohon ini memang terlihat sedikit nggak logis, namun beberapa di antaranya menganggap mitos tersebut adalah nyata. Kembali lagi kepada pribadi setiap orang dalam menanggapi mitos tersebut, yang jelas mitos ini membuktikan bahwa setiap yang diciptakan oleh Tuhan memiliki keunikannya masing-masing.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES