5 Hantu Khas Tanah Toraja Ini Nggak Kalah Seram dari Hantu Indonesia Lainnya

04 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
85SHARES

Hantu merupakan makhluk gaib yang keberadaannya sangat misterius. Keberadaannya juga sering menjadi pro dan kontra di lingkungan masyarakat. Setiap orang yang percaya keberadaannya ini selalu berkata hantu itu menyeramkan bahkan bisa membuat orang kabur terbirit-birit. Namun, ada juga yang mempercayai hantu itu hanya sebuah legenda dan mitos yang telah diwariskan secara turun-temurun. Nah, selain dikenal karena kopinya, Tanah Toraja ternyata punya beragam jenis hantu yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Nah, apa saja hantu asal Sulawesi Selatan ini? Langsung aja yuk cari tahu sosok mereka.

1. Batitong

Hantu ini dipercaya sebagai hantu wanita yang meninggal saat akan melahirkan. Berdasarkan pernyataan warga sekitar, ciri-ciri Batitong ini bagian dahinya terdapat benda yang menyilaukan, matanya berair, rambut kusut, wajah yang seram dan badannya hampir menyerupai hewan. Batitong biasanya akan muncul didaerah perairan seperti danau, selokan, dan juga sungai. 

2. Silakku

Kalau biasanya hantu anak-anak disebut dengan Tuyul, di Toraja disebut dengan Silakku. Konon, hantu ini berasal dari jiwa anak-anak yang meninggal sebelum bisa berjalan dan giginya pun belum tumbuh. Hantu ini bisa muncul pada siang dan malam hari. Saat siang hantu ini menjelma dengan wujud binatang. Mitosnya juga, kemunculan Silakku dipercaya membawa kabar buruk karena pertanda akan ada anak-anak yang meninggal.

3. Sampurari

Sosok hantu yang dianggap jahat ini merupakan jelmaan binatang yang juga bisa melindungi desa. Konon bila ada orang yang akan berbuat jahat dan mencuri hasil tani warga, maka hantu ini akan mengeluarkan suara seperti suara hentakan para tentara dalam jumlah besar.

4. Panaddara

Hantu bersosok wanita ini bisa disamakan dengan sosok hantu Wewe Gombel karena hantu ini dipercaya memiliki payudara besar dengan bibir tebal. Mitosnya, bagi para pria yang ingin melarikan diri dari hantu ini, kamu cukup berkata ingin menjadi istrinya. Lalu Panaddara akan tertawa bahagia hingga bibirnya makin melebar menutupi matanya. Nah, kamu bisa kabur kalau udah gini.

5. Lalundun

Masyarakat Toraja mempercayai sosok hantu ini berambut panjang dengan tubuh tinggi besar. Bahkan saat ia muncul dari tanah, tingginya bisa melebihi perumahan penduduk. Konon, bagi yang melihat sosok ini akan terjadi dua kemungkinan, yaitu meninggal atau mendapatkan jimat. 

Itulah deretan hantu khas tanah Toraja yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat, yang mungkin terdengar asing di telinga kamu. Benar atau tidaknya, itu kembali kepada kepercayaan setiap orang. Apa daerah kamu juga punya cerita atau pernah melihat hantu khas daerah kamu? Coba ceritakan di kolom komentar ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
85SHARES