Yuk Pelajari Dampak "Bullying" dari 5 Film Inspiratif Ini !

14 Agustus 2017
|Indana Putri
158SHARES

Di dunia ini, nggak ada satu pun orang yang mau ditindas karena menindas orang adalah termasuk pelanggaran HAM. Sebab semua orang berhak untuk bahagia dan semua orang juga berkewajiban untuk menjaga kebahagiaan bersama. Tapi, apa yang terjadi baru-baru ini bener-bener miris. Sejak adanya demokrasi, rakyat bebas bicara. Sayangnya, yang dibicarakan terlalu bebas hingga kelewat batas. Jempol-jempol usil bertebaran menebarkan komentar-komentar pedas penuh kebencian, membuat perasaan orang yang dikomentari menjadi berkecil hati. Belum lagi kasus video-video yang memperlihatkan sikap seenaknya sendiri anak muda di negeri ini. Seperti kasus cewek cantik asli Medan yang membentak saat ditilang polisi. Aksinya dikecam banyak netizen hingga ia depresi karena menjadi korban cyber bullying.

Selain itu, ada juga video tentang anak berkebutuhan khusus yang dibully teman-temannya. Akhirnya para pembully-lah yang justru mendapatkan sanksi sosial, yakni dibully oleh netizen se-Indonesia. Belum lagi ancaman skorsing. Dampak bullying bisa sepanjang itu, ya? Ya, bullying memang sangat menyeramkan, bahkan dapat membuat korbannya meninggal bunuh diri jika udah nggak kuat lagi.

Tapi, jika ditangani dengan tepat, korban bullying justru bisa bangkit dan bertambah kuat! Melalui lima film ini, kita akan lebih jauh mempelajari apa saja dampak bullying terhadap kehidupan seseorang.

1. Forest Gump (1994)

Forest Gump adalah anak berkebutuhan khusus. Kakinya kuat, namun tulang punggungnya bengkok sehingga ia harus menggunakan alat khusus. Hal itulah yang membuatnya dibully oleh teman-temannya. Ia sering dikejar dengan sepeda dan dilempari batu. Hingga suatu hari ia bisa berlari kencang, mematahkan segala alat khusus yang menempel di tubuhnya, dan menjadi seseorang yang menggoncang dunia!

Kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi nanti. Bisa saja seseorang yang dulu kita bully malah menjadi orang yang lebih sukses daripada kita, seperti halnya Forest.

2. You Again (2010)

Ketika di SMA, Marnie adalah seorang kutu buku yang ditindas oleh Joanna. Akhirnya Marnie memutuskan untuk berubah, pindah rumah, dan menjadi wanita karir. Hingga kabar pernikahan kakaknya mengharuskannya pulang dan ternyata Joannalah calon mempelai kakaknya. Pertarungan zaman SMA pun berkobar lagi!

Tapi di akhir cerita, Marnie sadar bahwa Joanna sudah benar-benar berubah. Semua orang berhak mendapat kesempatan kedua, termasuk dalam memaafkan si pembully.

3. Mean girls 2 - 2011

Abby adalah anak orang kaya yang sering ditindas oleh Mandy, si pemimpin geng cewek. Semua berubah saat Jo, si murid baru, datang dan menawarkan pertemanan dengan Abby. Aksi Jo dalam melawan Mandy menjadikan film ini menarik!

Dari film ini, pesan yang bisa disampaikan adalah untuk membalas dendam ke pembully, kamu nggak harus menjadi seperti mereka. Kita hanya perlu tegas, tanpa balas dendam. Karena suatu saat nanti, si pembully pasti mendapat karma.

4. Carrie - 2103

Carrie adalah gadis aneh yang sering diledek di sekolahnya. Hingga suatu hari pembully-an terhadap Carrie diketahui oleh pihak sekolah dan kepsek menghukum anak yang membully carrie. Dalam perjalanannya, ternyata Carrie punya kekuatan supranatural. Sayangnya, si pembully masih aja gak terima dan ngebully Carrie dengan cara mempermalukannya di pesta dansa. Carrie yang marah mengeluarkan kekuatan supranaturalnya hingga semua orang mati, termasuk dirinya.

Stop bullying! Serem kan kalau malah mati semua!

5. cyberbully - 2015

Ini nih yang paling banyak terjadi di masa kini. Cyberbully bercerita tentang Cassey yang akunnya di-hack oleh anonim yang mengaku "pembela korban bullying". Ternyata, si anonymus ini malah balik ngebully Cassey dengan ancaman akan menyebarkan foto-foto senonoh Cassey lewat media sosial. Hal ini bener-bener bikin Cassey depresi. 

Tapi, film ini mengajarkan kita untuk melihat segala hal dari dua sisi, yakni antara si pembully dan terbully. Pada akhirnya, yang harus dilakukan ketika kamu dibully adalah: Berani melawan!

Bullying merupakan tindakan yang sangat tidak manusiawi, bahkan melanggar pancasila sila kedua yang berbunyi, "Kemanusiaan yang adil dan beradab." Jadi, stop bullying! Jika kamu melihat adanya tindakan bullying di sekitarmu, segera laporkan ke pihak yang berwenang!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
158SHARES