Yang Ngaku Anak Gunung Harus Nonton Film Dokumenter Pendakian Gunung, "Negeri Dongeng"

09 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Film Indonesia kini terus berkembang. Salah satu film yang menawarkan hal baru adalah "Negeri Dongeng", yang merupakan film dokumenter pendakian gunung di 7 gunung terindah Indonesia, di antaranya adalah Gunung Cartensz di Papua, Gunung Bukit Raya di Kalimantan, Gunung Binaiya di Ambon, Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Semeru di Jawa, dan Gunung Latimojong di Sulawesi. Bukan hanya menawarkan pemandangan yang indah, film ini menawarkan hal yang lebih dalam lagi.

 

Melalui film ini, penonton akan dibawa untuk berkenalan dengan kebudayaan, kondisi masyarakat, dan hal-hal unik yang ditemui para pendaki saat melakukan ekspedisi nyata gunung-gunung tersebut. Ekspedisi ini direkam oleh tujuh sinematografer dan hasilnya dikompilasikan menjadi sebuah film dokumenter. Tujuannya tentu saja ingin menunjukkan betapa Indonesia adalah bangsa yang kaya, indah, dan patut untuk dicintai dan dibanggakan.Film yang berdurasi 105 menit ini akan mempertunjukkan keindahan alam Indonesia yang jarang dipublikasikan. Meskipun merupakan film dokumenter, "Negeri Dongeng"menyajikan kisah drama yang juga memikat hati penonton.

"Negeri Dongeng" bercerita tentang tujuh orang teman yakni Anggi Frisca, Teguh Rahmadi, Rivan Hanggarai, Jogie KM Nadeak, Yohanes Pattiasina, dan Wihana Erlangga yang bertekad menjalani ekspedisi pendakian gunung-gunung tertinggi di Indonesia pada November 2014. Perjalanan diawali dari Gunung Kerinci di Jambi, lalu ke enam gunung lainnya. Pada pendakian Gunung Kerinci, mereka tidak hanya menunjukkan proses pendakiannya tapi bercerita juga tentang komoditas teh di Kerinci. Dari Kerinci, sahabat-sahabat ini mulai mendaki Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur. Bukan hanya sekadar mendaki, mereka diceritakan berbaur dengan masyarakat dan melakukan penyesuaian diri.

 

Dari sana, mereka kemudian menuju Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mereka bertemu dengan sesama pendaki yang berasal dari negara lain. Perayaan Natal yang mengharukan pun terjadi, yakni ketika salah seorang ekspeditor menggunakan ranting yang ia temukan di gunung sebagai pohon natal.

Dari sana, mereka melanjutkan perjalanan ke Bali untuk merayakan acara tahun baru. Lepas dari Bali, mereka menuju Pontianak, tepatnya ke Bukit Raya. Ekspeditor bertambah satu, yakni Medina Kamil. Pemandangan hutan lebat dan medan yang sulit, penuh dengan semak belukar akan menghiasi pemandangan di dalam film.

Melalui film ini, penonton akan diajarkan bagaimana caranya menikmati proses, bukan hanya fokus pada hasil. Rasa lelah, penat, dan keinginan untuk menyerah tentu saja hinggap di hati para ekspeditor. Namun, bagaimana kemudian mereka mendapatkan semangatnya kembali untuk terus berjuang adalah satu poin penting yang diajarkan oleh film ini.

Dibumbui oleh cerita yang manis, dengan pengambilan gambar yang unik dan menawan, "Negeri Dongeng" juga dihiasi dengan lagu tema yang indah. Penonton akan diperdengarkan lagu "Sajak Kecil Tentang Cinta", "Pada Suatu Hari Nanti" serta "Menjadi Indonesia". Lagu-lagu itu dengan melodinya berhasil menciptakan suasana haru dan memicu rasa patriotisme di hati pendengarnya. Seusai melihat film ini, sekali lagi kita akan disadarkan mengenai pentingnya perjuangan di dalam hidup.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES