Wow! Film-film Sci fi Ini Telah Menginspirasi Perkembangan Teknologi Loh!

Sumber Gambar

Film-film yang menyajikan unsur science fiction memang memiliki daya tarik bagi orang-orang yang berkecimpung atau memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan teknologi di peradaban manusia. Imajinasi yang dilontarkan oleh penulis naskah film pun dapat menjadi sumber inspirasi bagi para ilmuwan untuk membuat penemuan-penemuan teknologi baru yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Kaya film-film di bawah ini nih.

1. Iron Man (2008-2013)

Sumber Gambar

Temen-temen yang udah pernah nonton Iron Man pasti tau dong dengan teknologi-teknologi canggih yang digunakan Tony Stark di dalam laboratoriumnya yang dikepalai oleh komputer canggih bernama J.A.R.V.I.S. Selain adanya upaya untuk membuat komputer dengan intelegensi layaknya manusia seperti J.A.R.V.I.S, Elon Musk sebagai CEO dari SpaceX, berencana untuk menciptakan teknologi ruang kerja yang dikendalikan secara virtual. Persis kayak cara kerja Tony Stark yang merancang kostum Iron Man cuma dengan gestur tangannya saja. Sejauh ini Elon Musk sudah membuktikan perancangan desain roket yang cuma memerlukan gerakan tangan saja!

2. The Matrix Trilogy (1999-2003)

Sumber Gambar

Dalam The Matrix Trilogy, kenyataan itu ditempatkan sebagai semacam simulasi yang yang dihidupi oleh manusia yang melihat realitas melalui sistem komputer yang dikendalikan oleh mesin atau dalam film disebut Sentinel. Sejauh ini penemuan para ilmuwan emang belum sampai bisa bikin virtual reality yang bisa dikendalikan oleh pikiran manusia sih. Tapi sekarang ini kita udah bisa lihat kok prototype dari alat serupa itu, yakni kacamata VR (virtual reality). Penemuan ini bagus atau malah bikin ngeri yak?

3. Her (2013)

Sumber Gambar

Dalam film drama-romance ini kita dikenalkan dengan Samantha, komputer interaktif yang saking miripnya sama manusia, bisa sampai menjalin hubungan emosional dengan manusia. Dalam film ini kita bisa liat kalo komputer tuh nantinya nggak perlu lagi keyboard atau mouse sehingga pengoperasiannya cukup dengan dialog saja. Gara-gara film ini, sekarang ini udah ada loh robot komputer yang bisa menjalin hubungan emosional dengan manusia untuk membantu menyelesaikan permasalahan psikologis layaknya dalam film Her.

4. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Sumber Gambar

Dalam film ini, tokoh Joel Barish yang diperankan oleh Jim Carrey menggunakan jasa pelayanan yang memungkinkan kenangan sakit hati setelah ditinggalkan kekasihnya itu dihapus. Emang sih, penemuan yang diinspirasi dari film ini belum sampai tahap menghapus memori manusia, tapi beberapa ilmuwan sudah menemukan cara untuk menghapus memori traumatik pada seekor tikus loh. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan, bakal ditemuin teknologi yang bisa menghapus ingatan tertentu pada manusia.

5. Pacific Rim (2013)

Sumber Gambar

Jaegers, robot humanoid yang dapat dikendalikan oleh manusia melalui mental ini telah menginspirasi penemuan Kurata, robot humanoid seperti halnya Jaeger dalam Pacific Rim Robot ini diproduksi oleh industri alat-alat berat di Jepang yang bernama Suidobashi. Kabarnya, robot Kurata ini bisa dibeli dengan harga 1,3 juta dolar!

6. Elysium (2013)

Sumber Gambar

Sebelum melakukan perjalanan ke Elysium, tubuh Max Da Costa (Matt Damon) dilengkapi dengan teknologi bernama exoskeleton yang dapat meningkatkan kekuatan si pemakainya. Teknologi dalam film ini ternyata telah menginspirasi para ilmuwan neurologi di Brazil untuk membuat teknologi yang serupa. Bahkan, katanya sih teknologi ini mau dicoba untuk dipasang di pemain sepak bola loh!

7. Enders Game (2013)

Sumber Gambar

Dalam film yang diadaptasi dari novel ini, kita dapat melihat teknologi sistem senjata yang dapat dikendalikan layaknya video games. Ternyata, teknologi dalam film ini telah menginspirasi negara Amerika untuk membuat teknologi yang sama. Dengan begitu, nantinya tentara bakal diganti dengan robot dan drones yang dikendalikan dari jarak jauh. Ngeri sih kalo yang ini.

8. Wall-E (2008)

Sumber Gambar

Dalam film Wall-E, kita bisa melihat adanya teknologi kursi yang bisa terbang dan membawa ke mana pun sesuai kehendak orang yang mendudukinya. Di Universitas Kobe Gakuin Jepang, telah diciptakan prototype dari teknologi serupa yang bisa mengangkut beban hingga 150 kilogram! Wah, kayanya kalo teknologi udah dipake sama semua orang, kita bakal gendut semua nih!

9. Star Wars Episode VI: Return of The Jedi (1983)

Sumber Gambar

Motor terbang yang digunakan oleh Luke Skywalker saat mengejar pasukan Kekaisaran di hutan tuh telah menginspirasi terciptanya teknologi yang serupa. Malahan, isunya sih motor terbang ini bakal muncul di pasaran tahun depan loh! Nama motornya Aero-X Hoverbike yang dikeluarkan oleh perusahaan Aerofex. Katanya motor ini terbang setinggi 3 meter dari tanah dan memiliki batas kecepatan 72 kilometer perjam.  

Sebenernya masih banyak sih penemuan yang diinspirasi dari teknologi dalam film. Kaya misalnya peralatan agen James Bond yang banyak diadaptasi di dunia nyata. Penemuan-penemuan di atas mungkin ada beberapa di antaranya yang belum sampai tahap final, tapi mungkin dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, teknologi itu sudah bisa digunakan oleh manusia. Sekarang tinggal kita pilah-pilah nih, mana teknologi yang emang baik buat manusia, mana yang malah berdampak buruk. Seperti kata Albert Einstein; apa gunanya ilmu pengetahuan jika membawa kutukan bagi kemanusiaan?Anjaaayyy.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sering Dicibir Mandul Sama Warganet, Dewi Perssik: Suami Maunya Bulan Madu Terus | Keepo.me

Sering Dicibir Mandul Sama Warganet, Dewi Perssik: Suami Maunya Bulan Madu Terus | Keepo.me

11 Meme Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Sama Film Kartun Dragon Ball!

11 Meme Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Sama Film Kartun Dragon Ball!

Ashanty Ikhlas Anang Hermansyah Nikah Lagi, Tapi Harus Dengan Perempuan Ini | Keepo.me

Ashanty Ikhlas Anang Hermansyah Nikah Lagi, Tapi Harus Dengan Perempuan Ini | Keepo.me

Ini Dia Film-Film yang Wajib Ditonton Pada Hari Pahlawan 10 November Besok!

Ini Dia Film-Film yang Wajib Ditonton Pada Hari Pahlawan 10 November Besok!

Daftar 5 Smartphone Paling Laris Manis di Dunia, Punyamu Ada Nggak? | Keepo.me

Daftar 5 Smartphone Paling Laris Manis di Dunia, Punyamu Ada Nggak? | Keepo.me

Jangan Ngaku Penggemar Film HBO Kalo Belum Nonton Halfworlds, Karya Anak Bangsa!

Jangan Ngaku Penggemar Film HBO Kalo Belum Nonton Halfworlds, Karya Anak Bangsa!

loading