Wow, 9 Film Hollywood Ini Biaya Produksinya Mahal Banget! Dapat Untung Nggak Ya?

18 November 2017
|Robertus Jeje
888SHARES

Demi totalitas, rumah produksi biasanya rela mengeluarkan budget yang tak sedikit demi mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti halnya dengan pusat perfilman dunia yang berada di Hollywood, Amerika Serikat. Perkembangan zaman dan teknologi menjadi salah satu faktor pendorong mengapa industri perfilman semakin lama membutuhkan biaya yang makin mahal.

Di luar biaya pemasaran, ini dia sembilan film hollywood dengan ongkos produksi termahal sepanjang masa yang tercatat hingga akhir tahun 2016.

1. Pirates of the Caribbean at World's End - Budget: US$ 341 juta

Peringkat pertama ditempati oleh film sekuel "Pirates of The Carribbean, The World's End". Film ketiga dari trilogi "Pirates of the Caribbean" ini disutradarai oleh Gore Verbinski yang juga menjadi sutradara di dua film sebelumnya. Film hollywood ini dirilis pada tanggal 25 Mei 2007 dan memakan biaya pembuatan sebesar US$ 341,8 juta.

2. Cleopatra - Budget: US$ 339 juta

"Cleopatra" merupakan film Amerika Serikat tahun 1963 yang disutradarai oleh Joseph L. Mankiewicz. Walau dibuat pada tahun 1963, film hollywood ini menelan biaya yang sangat besar hingga mencapai US$ 339,5 juta. Film ini termasuk ke dalam film yang kurang populer karena hampir membangkrutkan 20th Century Fox sebab film yang awalnya dianggarkan US$ 2 juta ini menghabiskan US$ 44 juta atau setara dengan US$ 339 juta pada masa sekarang.

Biaya untuk kostum Elizabeth Taylor mencapai Rp 2,6 miliar. Ini merupakan harga termahal untuk kostum seorang pemain film. Taylor mengenakan 65 kostum, termasuk sebuah gaun yang terbuat dari emas 24 karat. Hal tersebut menjadi salah satu alasan tingginya biaya produksi dari film "Cleopatra".

3. Titanic - Budget: US$ 294,3 juta

"Titanic" adalah sebuah film epik, roman, dan bencana Amerika Serikat produksi tahun 1997 yang disutradarai oleh James Cameron. Film hollywood ini bercerita tentang kisah cinta antara Jack dan Rose (diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet) yang berasal dari status sosial berbeda di atas kapal RMS Titanic yang tenggelam dalam pelayaran perdananya pada tanggal 15 April 1912.

4. Tangled - Budget: US$ 281 juta

"Tangled" merupakan film animasi musikal tahun 2011 yang disutradarai oleh Nathan Greno dan Byron Howard dan diproduksi oleh Roy Conli, John Lasseter, dan Glen Keane dari Walt Disney Animation Studios. Naskah film hollywood ini ditulis oleh Dan Fogelman berdasarkan pada dongeng dari Negara Jerman yang berjudul Rapunzel karya Brothers Grimm. Pengisi suara pada tokoh di film ini diisi oleh Mandy Moore, Zachary Levi, dan Donna Murphy.

Tangled diproduksi dengan total biaya yang mencapai US$ 286 juta. Ini terjadi karena Disney, selaku rumah produksi, sempat mengulang pembuatan film "Tangled".

5. Spider-Man 3 - Budget: US$ 258 juta

Film hollywood ini merupakan sekuel dari film "Spiderman" yang diperankan oleh Tobey Maguire. Jika di film "Spiderman 2" sang Peter Parker harus menenangkan diri sendiri dari konflik batin dan keinginan melawan kepentingan umum sebagai superhero, maka di Spiderman 3 ini dia benar-benar berhadapan dengan diri sendiri secara nyata dan bahkan secara fisik.

Selama masa produksi, Sony Pictures Imageworks menciptakan 900 efek visual. Inilah salah satu faktor yang membuat biaya pembuatan film hollywood ini cukup fantastis.

6. Avengers: Age of Ultron - Budget: US$ 250 juta

Film "Avengers: Age of Ultron" yang disutradarai oleh Josh Whedon ini mengeluarkan biaya hingga $250 juta atau setara dengan Rp 3.3 triliun. Biaya ini dikeluarkan untuk para bintang besar yang tampil dalam film hollywood ini, proses editing, hingga berbagai efek animasi yang digunakan di dalam film. Selain menggunakan budget yang tinggi, ternyata film ini juga mampu mendulang kesuksesan karena dapat meraih pendapatan domestik yang cukup besar, yakni senilai $459 juta atau Rp 6 triliun.

7. Batman v Superman: Dawn of Justice - Budget: US$ 250 juta

Sudah bukan rahasia lagi jika film hollywood ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Proses pembuatannya yang melibatkan banyak elemen dan memakan waktu yang lama adalah salah satu alasan mengapa budget US$ 250 juta dibutuhkan untuk pembuatan film ini. Seperti judulnya, film garapan Zack Snyder ini bercerita tentang pertempuran antara Batman melawan Superman. Berbeda dengan trilogi Batman arahan Nolan, dalam film ini yang memerankan tokoh Batman adalah Ben Affleck.

8. The Dark Knight Rises - Budget: US$ 250 juta

Film "The Dark Knight Rises" memiliki anggaran biaya paling besar dibandingkan dengan dua film sebelumnya, yakni US$ 250 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun. Film "Batman Begins" memiliki anggaran produksi sebesar US$ 150 juta dan "The Dark Knight" memiliki anggaran produksi sebesar US$ 185 juta. Tak sia-sia para produser mengeluarkan biaya produksi yang sangat besar untuk film hollywood ini karena "The Dark Knight Rises" dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa kala itu.

Kolaborasi yang luar biasa antara sutradara Christopher Nolan serta Christian Bale dan Tom Hardy selaku aktor membuat film "The Dark Knight Rises" mendapat rating yang tinggi dari berbagai media. Tak hanya itu, film ini juga mampu menghasilkan lebih dari satu milliar US dollar dari seluruh penjualan tiket serta DVD.

9. Spectre - Budget: US$ 245 juta

Spectre merupakan film franchise terbaru dari James Bond dan diklaim harus meraih pendapatan minimal USD 650 juta dalam petualangannya di box office. Hal itu disebabkan karena "Spectre" tidak ingin merugi dan harus menutup semua biaya produksi yang telah dikeluarkan oleh Sony Pictures walau mereka juga telah mendapat pemasukan lain dari sponsor.

Film hollywood ini memakan ongkos produksi sekitar USD 250 juta. Tapi, justru biaya di luar itu yang menggelembungkan klaim di atas tadi. Seorang eksekutif di industri film menjelaskan bahwa target pemasukan fenomenal yang harus diraih "Spectre" hanya untuk menyetarakan pengeluaran mereka.

Film "Spectre" telah menghabiskan sekitar 24 juta poundsterling (setara dengan USD 36,1 juta = 11 persen dari biaya pembuatan filmnya) hanya untuk menghancurkan mobil-mobil mewah di antaranya Aston Martin DB10, Jaguar C-X75, Land Rover Defender hingga Range Rover Sport SVR.

 

Nah, itu tadi sembilan film hollywood termahal yang tercatat hingga akhir tahun 2016. Lalu, apakah di sepanjang tahun 2017 ini akan muncul film baru yang mampu memecahkan rekor biaya termahal di atas? Kita tunggu saja kelanjutannya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
888SHARES