Udah Nonton Deepwater Horizon? Coba Intip Dulu Sinopsis dan Fakta-fakta di Balik Film Ini!

02 Oktober 2016
|Idham Nur Indrajaya

Film bergenre action yang dibumbui oleh nuansa drama dan thriller ini, diceritakan melalui sudut pandang Mike Williams (Mark Wahlberg), yang bekerja sebagai pimpinan dari tim pengebor minyak di fasilitas pengeboran minyak bernama Deepwater Horizon, anjungan lepas pantai yang sudah berdiri selama 9 tahun di Teluk Meksiko. Profit dari pengeboran minyak ini mengalir begitu lancarnya selama jangka waktu itu. Tapi, semua itu berubah saat negara api menyerang…Ups. Nah, semua itu berubah saat tiba-tiba tekanan gas metana dari bumi menjadi tidak stabil dan menyebabkan kebocoran yang memicu ledakan yang dashyat di fasilitas pengeboran minyak tersebut. Terusss……udah aja ya? Nanti malah jadi nggak penasaran lagi sama filmnya. Intinya film ini bakal menceritakan bagaimana kisah heroik dari pekerja yang berada di sana saat kejadian tersebut berlangsung. Daripada penasaran sama bocorannya, mendingan kita penasaran aja sama fakta-fakta di balik film ini. Siapa tau bisa menambah daya magis film ini ketika gambarnya menghampiri matamu. Yuks. 

1. Film ini diangkat dari kisah nyata!

Kejadian yang menewaskan banyak pekerja di fasilitas Deepwater Horizon itu berlangsung pada tanggal 20 April 2010. Dua hari setelah kejadian, dilaporkan bahwa minyak bumi mulai keluar dari lubang yang diakibatkan oleh ledakan dan mengotori lautan Amerika. Minyak yang yang bocor pada kejadian tersebut merupakan tumpahan minyak terbesar dalam sejarah di perairan Amerika Serikat loh. Pantesan sampe diangkat film yak. Pemerintah AS menyalahkan perusahaan minyak BP sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini, sedangkan BP pun menyalahkan Transocean sebagai perusahaan yang memiliki anjungan. Tampaknya salah-menyalahkan udah kaya piala bergilir ya? Salahin aja terusss, nanti juga berujung ke nyalahin nasib. Hahahaha.

2. Serba dua.

Film ini merupakan hasil dari kolaborasi yang kedua antara Mark Wahlberg dan Peter Berg. Ada yang tau ngga, di film apa? Yaps, kamu yang langsung inget ke film Lone Survivor (2013), pengetahuan kamu kebetulan benar! Dan ternyata, film ini pun merupakan film kedua Peter Berg dengan basis kisah nyata loh. Pas banget yah. Dua-duanya sama-sama film yang mengusung tema survival action, mereka juga sama-sama kedua kalinya kerja sama bareng, terus ini film kisah nyata yang kedua buat Peter Berg. Tapi janganlah sampai ada hati yang mendua. Lebih baik makan saja sar*imi isi dua.

3. Sempat ditolak sama pekerja penambangan minyak bumi setempat.

Penolakan pekerja setempat terhadap pembuatan film yang berdasarkan kisah nyata yang terjadi di lingkungan mereka itu disebabkan oleh anggapan bahwa kisah kematian para pekerja yang diekspos pada film akan menjadi pelecehan bagi pengorbanan mereka. Tapi, ternyata Mike Williams yang menjadi narasumber dalam pembuatan cerita film ini mendukung pembuatan film karena dia menganggap bahwa pengalaman yang dialami oleh pekerja pada waktu itu perlu untuk diketahui oleh orang banyak agar mereka dapat turut menghayati besarnya pengorbanan pekerja lapangan dalam suatu perusahaan. Dan film merupakan media yang bagus untuk mengomunikasikan hal itu. Mantappp. Setuju deh sama Om.

4. Kolaborasi ayah dan anak tiri.

Kate Hudson adalah putri dari pasangan Bill Hudson dan Goldie Hawn, tapi keduanya bercerai pada tahun 1982, dan Goldie Hawn mulai menjalin hubungan dengan Kurt Russell pada 1983. Sejak itulah Kate dan kedua saudaranya dirawat oleh Russell. Dan film ini adalah film perdana mereka berdua berkolaborasi sebagai ayah dan anak tiri loh temen-temen. Setelah pengambilan gambar pertama keduanya yang beradu akting, Peter Berg bahkan sampai berkomentar bahwa arus emosi yang terjalin di antara keduanya sangat kuat sekali. So sweet lah pokoknya.

5. Kejutan untuk yang tua

Saat Wahlberg pertama kali ditawarkan bermain dalam film ini—waktu  itu Wahlberg belum mengetahui bahwa dirinya akan diberi peran Mike Williams, dia dikabarkan bahwa tim membutuhkan satu aktor yang sudah senior untuk memerankan tokoh yang lebih tua (Mike Williams), dan satu aktor junior untuk memerankan tokoh yang lebih muda (Caleb Holloway). Jadi kaya kolaborasi tua-muda gitu deh. Kurang lebih kaya Jin dan Jun lah. Nah, setelah nerima kabar itu, Wahlberg langsung menghubungi aktor yang lebih senior dari dirinya, salah satunya adalah Jack Nicholson yang pernah meranin Joker versi Tim Burton itu loh. Eh, taunya tim produksi ngasih kabar lagi bahwa Wahlberg lah nantinya yang bakal meranin tokoh yang lebih tua, dan akhirnya Dylan O’ Brien yang dapet peran lebih muda. Ya iyalah Mas Wahlberg, masa Jack Nicholson kondisinya udah umur segitu mau dikasih peran tokoh utama di film action survival? Udah saatnya Wahlberg menerima penuaan dirinya nih. Hahaha.

6. Kristen Stewart dan Emma Stone sempat ditawarkan untuk ikut bermain dalam film.

Kristen Stewart sempat ditawarkan sebagai pemeran utama wanita dalam film, tapi doi nolak tawaran itu karena jadwalnya yang padat. Sibuk nih yeee. Emma Stone bahkan menolak tawaran ketika skrip filmnya belum jadi. Bagus sih, berarti dia bukan cewe php. Lebih baik menolak di awal daripada harus sakit di akhir. Ehem.

7. Setelah ditayangkan perdana, film ini mendapat standing applause dari para penonton di Festival Film Toronto.

Wiihhh. Makin penasaran ya sama kehebohan filmnya. Apalagi kalo nontonnya sama gebetan, soalnya kamu pasti penasaran juga apa aja yang bakal terjadi di dalem teater bioskop. Hihihi.

Hmmm. Kayanya filmnya bakal heboh nih. Apalagi para pemerannya termasuk aktor/aktris yang udah beberapa kali menyukseskan film yang dilibatinya loh, seperti misalnya selain Kurt Russell dan Kate Hudson, John Malcovich bakal nampang juga dengan akting nyentriknya. Kuy ah, langsung tancap ke bioskop. Tapi di dalemnya jangan sambil ngerekam ya. Hahaha.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES