Tenar Karena Kerap Jadi Tempat Bunuh Diri, Berikut 7 Film Berlatarkan Hutan Aokigahara!

05 April 2018
|Pandu Rijal Pasa

Di Jepang, ada suatu tempat yang terkenal sebagai spot favorit untuk melakukan bunuh diri. Tempat itu merupakan sebuah hutan yang dikenal sebagai Hutan Aokigahara. Tidak heran jika masyarakat lokal menjauhi tempat tersebut karena memang dikenal angker dengan segudang cerita mistis di dalamnya. Meskipun begitu, kepopuleran tempat ini memang tidak bisa disangkal sehingga seringkali tempat ini dijadikan sebagai referensi budaya populer seperti untuk film, game, manga hingga karya literatur. Nah, berikut adalah beberapa contoh film yang mengambil latar hutan Aokigahara. Yuk, kepo!

1. The Forest (2016)

Di dalam film The Forest ini, kamu bisa benar-benar mengetahui gambaran tentang hutan tersebut yang memang menjadi titik favorit untuk bunuh diri. Film yang dibintangi oleh Natalie Dormer ini bercerita tentang Sara (Dormer) yang pergi ke negeri sakura setelah mendengar berita bahwa kembarannya hilang dan diduga tewas.

Hal itulah yang mendorong Sara untuk pergi ke Hutan Aokigahara untuk mencari kembarannya yang memang memiliki masalah mental dan dalam perjalanannya tersebut, Sara dihadapkan dengan ketakutan terhadap mitos Hutan Aokigahara tersebut. Penggunaan latar hutan ini ternyata menjadi blunder besar bagi The Forest karena banyak kalangan menganggap bahwa film ini menyepelekan kesehatan mental. Meski begitu, film ini ternyata tetap mampu menghasilkan keuntungan tiga kali lipat daripada biaya produksinya.

2. The People Garden (2016)

Di film The People Garden, Hutan Aokigahara digambarkan sangat menyeramkan. Kengerian itu dilukiskan dengan unsur misteri yang sangat dominan. Film itu sendiri menceritakan tentang seorang gadis yang pergi ke hutan tersebut hanya untuk menyusul kekasihnya dan minta putus. Ketika tiba di sana, sang gadis malah kehilangan kekasihnya secara tiba-tiba sehinga niatnya untuk meminta putus menjadi gagal. Jalan cerita film ini bisa dibilang cukup pelik dan tidak logis, yang membuat banyak kritikus film menilai film ini tidak terlalu bagus.

3. Grave Halloween (2013)

Film horor yang dirilis di SyFy secara eksklusif ini mengisahkan tentang seorang mahasiswi Amerika keturunan Jepang yang sedang pulang kampung setelah mendapati kabar bahwa ibunya bunuh diri. Ia pergi ke Hutan Aokigahara untuk mencari jasad ibunya. Di dalam perjalanannya, ia ditemani oleh teman-teman sekelasnya yang ikut hanya untuk membuat film dokumenter untuk tugas sekolah.

Ternyata, itu adalah perjalanan terakhir mereka karena mendapat kutukan jahat dari hutan tersebut. Film ini pun mendapat kritikan yang cukup telak karena menjual isu sensitif tentang bunuh diri. Bagian menarik dari film ini adalah meskipun latarnya menggunakan Hutan Aokigahara di Jepang, namun pengambilan gambarnya ternyata dilakukan di Kanada lho.

4. The Sea of Trees (2015)

Film ini membawa kisah dramatis tentang dua orang yang punya rencana untuk bunuh diri meski mereka tidak saling kenal sebelumnya. Ya, mereka bertemu di Hutan Aokigahara dan setelah bertemu, mereka saling akrab serta saling bercerita masalah masing-masing. Interaksi ini kemudian membuat mereka membatalkan niat untuk bunuh diri dan berniat keluar dari hutan tersebut. Sayangnya karena tidak ada jejak yang tertinggal dan persediaan makanan yang menipis, perjalanan mereka untuk keluar dari hutan itu pun terhambat. Meski terdengar dramatis, ternyata film ini gagal di Box Office. Kabarnya adalah karena banyak twist yang tidak penting. Mereka hanya bisa mengumpulkan sekitar sepertiga dari biaya produksinya saja.

5. Forest of The Living Dead (2010)

Film Forest of The Living Dead ini merupakan film ke sekian yang mengambil latar Hutan Aokigahara dan menjadi bukti kepopuleran hutan ini di kalangan pecinta budaya populer disana. Cerita dari film ini sendiri adalah tentang arwah penasaran yang lahir dari insiden bunuh diri di hutan tersebut. Arwah itupun berusaha membalas dendam kepada sang mantan kekasih serta teman-temannya yang dianggap menjadi penyebab perpisahan keduanya.

6. 47 Ronin (2013)

Film ini termasuk salah satu blunder besar bagi Hollywood dalam hal adopsi kisah atau budaya dari Timur. Masyarakat Jepang cukup sensitif dengan isu whitewashing. Hal inilah sepertinya yang membuat 47 Ronin bisa dibilang gagal total di Box Office meskipun dibintangi oleh salah satu aktor papan atas Hollywood, Keanu Reeves. Film 47 Ronin ini sendiri menceritakan Hutan Aokigahara sebagai tempat bersemayamnya iblis jahat. Kemudian, Kai (Keanu Reeves) diceritakan dibuang oleh ibunya supaya ia mati di hutan ini. Namun tidak disangka, malah Kai sendiri justru dipungut oleh iblis yang kemudian melatihnya agar menjadi lebih kuat.

Itu dia beberapa film yang mengambil Hutan Aokigahara sebagai latar utama dari filmnya. Memang kebanyakan yang ada di dalam daftar di atas adalah film horor, karena seperti disebutkan di awal, memang hutan tersebut merupakan hutan yang terkenal sebagai tempat yang sering digunakan untuk bunuh diri. Mungkin kamu pernah menemukan film lain yang mengambil latar hutan tersebut?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
SHARES