Selain “The Godfather” dan “Goodfellas”, 7 Film Gangster Ini Patut Kamu Tonton

15 September 2017
|Robertus Ari
2SHARES

Dulu kita mengenal film gangster populer seperti The Godfather dan Goodfellas yang sampai sekarang masih banyak penggemarnya. Sebab, dua film ini bisa dikatakan sebagai film gangster atau mafia terbaik sepanjang masa. Setelah dua film mafia tersebut sukses, para pelaku industri perfilman Hollywood terus berlomba-lomba untuk membuat film gangster yang berbeda, hingga muncul film-film baru yang berlatar belakang serupa.

Zaman terus berkembang, dan film gangster pun banyak bermunculan dengan berbagai cerita. Sejak tahun 2013 hingga 2016, ada beberapa film gangster yang rasanya tak boleh kamu lewatkan. Apa saja? Cekidot!

1. The Family (2013)

Cast: Robert De Niro, Michelle Pfeiffer, Dianna Agron, John D'Leo, Tommy Lee Jones.

Film ini aslinya berjudul “Malavita”. Film ini bercerita tentang bos mafia Fred Manzoni (Robert De Niro), berpindah-pindah tempat tinggal bersama keluarga. Hal ini dilakukan sebagai perlindungan saksi, setelah ia mengadukan organisasi mafianya kepada CIA. Selama berpindah-pindah ke tempat persembunyian, Fred Manzoni dilindungi oleh agen CIA terbaik. Namun mereka terbunuh setelah musuh mengetahui negara persembunyian Fred Manzoni dan keluarganya.

2. Gangster Squad (2013)

Cast: Sean Penn, Holt McCallany, Ryan Gosling, James Landry Hébert, Wade Williams, Emma Stone.

Film ini memang dangkal, tapi sangat menghibur para penontonnya. Gangster Squad berkisah tenta pasukan khusus yang diciptakan untuk melawan mafia, sebagai cara untuk mengontrol tindak kriminal. Pasukan khusus ini secara perlahan menghancurkan kelompok mafia dan menyerang beberapa kasino ilegal. Mulai dari situ, peperangan terjadi antara dua kudu yang berlangsung sengit.

3. Black Mass (2015)

Cast: Johnny Depp, Dakota Johnson, Benedict Cumberbatch, Joel Edgerton, Kevin Bacon.

“Black Mass” diangkat dari kisah nyata yang menceritakan bagaimana bos mafia James “Whitey” Bulger (Johnny Depp) mengendalikan FBI untuk melancarkan bisnis ilegalnya. Di Boston Selatan, nama James “Whitey” Bulger sangat dikenal oleh orang-orang di sana sampai sekarang.

Dalam kisah nyata, gangster Boston ini akhirnya tertangkap setelah 16 tahun menjadi buronan, ia tertangkap di usia tua yakni 83 tahun. Dan di tahun 2011, dia mulai diadili atas kasus 19 pembunuhan yang dilakukan pada tahun 1970-an sampai 1990-an.

4. Legend (2015)

Cast: Tom Hardy, Emily Browning, Christopher Eccleston, Taron Egerton.

“Legend” juga diangkat dari kisah nyata. Film ini bercerita tentang gangster kembar yang bernama Ronald Kray & Reggie Kray Kray yang diperankan oleh Tom Hardy. Gangster kembar identik ini sempat menjadi orang paling ditakuti di Inggris pada tahun 1950 sampai 1960-an. Mereka dikenal sangat kejam dan pada akhirnya ditangkap pada tahun 1968 atas tuduhan pembunuhan. Di tahun 1995 Ronnie menderita sakit parah hingga meninggal saat masih menjalani masa hukuman. Sementara Reggie bebas pada tahun 2000, namun delapan minggu setelah kebebasannya ia meninggal karena kanker.

5. The Infiltrator (2016)

Cast: Bryan Cranston, Diane Kruger, John Leguizamo, Amy Ryan.

The Infiltrator diangkat dari buku otobiografi karya Robert Mazur – yang menceritakan tentang agen bea cukai bernama Robert Mazur atau juga dikenal Robert Musella. Di film ini, Robert melakukan penyamaran sebagai bos narkoba untuk merencanakan misi pencucian uang. Saat menjalankan transaksinya, Robert sempat mendapat kepercayaan sebagai ‘underground world’ oleh para bankir, karena kesuksesannya dalam jaringan narkoba terbesar. Namun setelah penahanan Robert, mengakibatkan runtuhnya ekonomi perdagangan internasional dan bank perkreditan.

6. Live by Night (2016)

Cast: Ben Affleck, Sienna Miller, Elle Fanning, Chris Messina, Brendan Gleeson, Chris Sullivan,  Zoe Saldana.

“Live By Night” menceritakan seorang anak kapten polisi Joe Coughlin (Ben Affleck) yang melakukan perlawanan kepada kepolisian, termasuk ayahnya sendiri. Sejak itu, Joe Coughlin bergabung dalam organisasi mafia untuk menjalankan bisnis-bisnis milik organisasi tersebut. Hingga akhirnya dia menjadi gangster paling dihormati oleh kelompok lain. Namun, pada akhirnya Joe Coughlin berhadapan dengan bosnya sendiri dan menuntut balas dendam.

7. Shot Caller (2017)

Cast: Nikolaj Coster-Waldau, Jon Bernthal, Lake Bell, Benjamin Bratt.

Film “Shot Caller” bergenre kriminal-thriller yang ditulis oleh Ric Roman Waugh. Film ini menceritakan seorang gangster yang baru saja tobat dan bebas dari penjara. Namun ia dipaksa oleh bosnya terdahulu untuk melakukan tindak kriminal dan memastikan bisnis milik bosnya berjalan dengan baik. Hingga pada akhirnya ia kembali masuk penjara dan membunuh bosnya. Setelah itu, ia menggantikan posisi bosnya yang selama ini mengendalikan kepolisian untuk mensukseskan bisnis miliknya.

 

 

Penasaran dengan tujuh film gangster tadi? Atau kamu punya film gangster favorit lain yang belum disebutkan di atas? Tambahkan ke kolom di bawah ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
2SHARES