Selain Film Wonder Woman, Deretan Film Ini Juga Dicekal di Beberapa Negara

06 Juni 2017
|Atik Kencana S.

Industri perfilman dalam negeri maupun internasional memang gak ada matinya. Selalu berkembang dari masa ke masa. Seperti belakangan ini sedang naik daun film yang diadaptasi dari komik yang berjudul Wonder Woman. Semua orang berbondong-bondong nonton film tersebut.

Namun ternyata film Wonder Woman tersebut tidak bisa ditonton di seluruh dunia, ada apa ya? Nah pelarangan film Wonder Woman ini juga pernah dirasakan oleh film-film lain yang dicekal di beberapa negara? Wah kenapa tuh? Penasaran film apa saja? Yuk kita kepoin!

1. Wonder Woman (2017)

Film yang lagi laris manis dan menuai banyak pujian kritikus film ini ternyata dilarang penayangannya di Lebanon. Hal tersebut dikarenakan pemeran Wonder Woman yaitu Gal Gadot merupakan orang asli Israel. Seperti yang diketahui, hubungan antara Lebanon dan Israel memang tidak harmonis. Malah cenderung bermusuhan. Gak hanya soal film, apapun hubungan bisnis yang berhubungan dengan Israel sudah diputus oleh Lebanon. Duh segitunya amat ya!

2. Schindler’s List (1993)

Bagi penggila film sejarah terutama yang berhubungan dengan Nazi pasti familiar banget dengan film ini. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini memenangkan sebanyak 7 piala Oscar. Film yang dibintangi oleh Liam Neeson ini menceritakan tentang kekejaman Perang Dunia II. Film ini dilarang penayangannya di Indonesia karena dinilai sangat kejam dan tidak ada rasa simpati untuk para Yahudi.

3. The Wolf of Wall Street (2013)

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini banyak menggambarkan mengenai kesenangan dunia seperti uang, perempuan, dan narkoba. Film ini dilarang oleh pemerintah Afika karena mempertontonkan konten seksual secara jelas. Gak hanya itu, di film ini juga memperlihatkan adegan telanjang dan penggunaan narkoba. 

4. A Serbian Film (2011)

Film ini dinilai sebagai film paling menjijikkan di dunia. Di film ini mempertontonkan banyak aksi kekerasan seksual termasuk pemerkosaan dan pedofilia. Film ini dilarang penayangannya gak hanya di satu negara, sebut saja Spanyol, Norwegia, Selandia Baru dan Brasil. Negara-negara tersebut menganggap bahwa film ini membenarkan praktik pedofilia.

5. Back To The Future (1985)

Film Back To The Future ini menjadi salah satu film penjelajahan waktu paling ikonik yang pernah ada. Namun sayangnya film yang diperankan oleh Michael J. Fox ini dilarang peredarannya di Tiongkok karena aksi penjelajahan waktu termasuk dalam aksi kriminal di negara tersebut. Pemerintah Tiongkok melarang tiap penduduknya mempelajari ilmu sihir. 

6. 2012 (2009)

Film mengenai kejadian hari akhir ini dilarang di Korea Utara. Film yang dibintangi oleh John Cusack dilarang karena alasannya adalah tahun 2012 merupakan hari ulang tahun yang ke-100 Kim Il Sung. Mungkin untuk menghindari hal-hal negatif, apapun yang berbau negatif dilarang peredarannya di Korea Utara pada tahun 2012.

7. The Simpson Movie (2007)

Film kartun komedi ini dilarang peredarannya di negara Myanmar. Alasannya adalah di kartun ini terdapat dua warna yang paling mendominasi yaitu kuning dan merah. Ternyata ada alasan tersembunyi di balik warna tersebut itu. Kedua warna tersebut melambangkan kelompok pemberontak yang pada saat itu sedang bergejolak. Maka pemerintah Myanmar menganggap bahwa film kartun ini mendukung kelompok pemberontak tersebut. Jangankan untuk mengedarkan film ini, untuk membicarakan The Simpson saja dilarang.

Nah itulah tadi beberapa film yang penayangannya dilarang di beberapa negara. Walaupun beberapa alasan pelarangan tayang tersebut terkesan aneh dan tidak masuk akal, namun hal tersebut merupakan hak otoritas setempat. Biarpun dilarang, ujung-ujungnya juga pada download gratisan tuh buat ngilangin penasaran!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES