Selain Film Kartini dan AADC, Inilah Beberapa Film yang Diperankan oleh Dian Sastrowardoyo

10 Agustus 2017
|Atik Kencana S.
281SHARES

Dunia perfilman Indonesia memang kian berangsur membaik. Mulai dari kemunculan film beradegan panas yang ngetren dalam beberapa dekade ke belakang, hingga kini kemunculan berbagai film berkualitas Indonesia yang berasal dari beberapa genre besar. Bukan hal yang mudah untuk mencapai itu semua, tentunya membutuhkan perjalanan dan proses yang panjang hingga mampu mencapai level seperti sekarang.

Walaupun sempat beberapa lama lesu, perfilman Indonesia mulai bangkit kembali. Film Indonesia mulai bergairah lagi. Hal tersebut memang rupanya hasil kerja keras dari para insan perfilman yang semakin gencar menelurkan ide-ide segarnya. Tak hanya sutradara dan awak film lainnya, para pemain film juga menjadi salah satu indikator penting bagi kebangkitan film Indonesia.

Kebangkitan film Indonesia memang tidak lepas dari para pemainnya. Salah satu pemain film yang turut meramaikan kebangkitan film nasional adalah Dian Sastrowardoyo. Wanita dengan nama lengkap Dian Paramita Sastrowardoyo ini meraih kepopuleran awalnya dalam dunia film sejak membintangi film “Pasir Berbisik” di tahun 2001 lalu. Namanya semakin meroket sejak perannya sebagai Cinta di film “Ada Apa Dengan Cinta” bersama Nicholas Saputra di tahun 2002. Selain kedua film tersebut, masih banyak lagi, lho, film yang sudah diperankan oleh ibu dua orang anak ini. Penasaran? Yuk, langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Bintang Jatuh (2000)

Film “Bintang Jatuh” merupakan film debut Dian Sastrowardoyo. Dalam film ini, ia bersanding dengan beberapa aktor lain, seperti Garry Iskak, Marcella Zalianty, dan Indra Birowo. Film ini memang kurang banyak diketahui oleh masyarakat umum karena memang film ini ditayangkan secara indie dari kampus ke kampus alias tidak melalui bioskop.

2. Pasir Berbisik (2001)

Dalam film ini, Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Daya, seorang gadis yang hidup di sebuah perkampungan miskin bersama ibunya yang bernama Berlian. Melalui film ini, Dian memenangkan nominasi Artis Wanita Terbaik dalam ajang Festival Film Asiatique Deauville 2002 dan di Festival Film Antarbangsa Singapura ke-15.

3. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Film “Ada Apa Dengan Cinta” (AADC) menjadi sebuah pendobrak film kisah cinta remaja pada saat itu. Dian yang berperan sebagai Cinta harus mengadu peran dengan Nicholas Saputra yang memerankan karakter Rangga. Film yang disutradarai oleh Mira Lesmana dan Riri Riza ini memang menceritakan kisah cinta remaja SMA sehingga ceritanya lumayan ringan, namun mengena di hati. Keberhasilan film ini memang gak nanggung-nanggung. AADC berhasil meraih penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia tahun 2004. Selain itu, Dian Sastrowardoyo juga meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam ajang yang sama.

4. Arisan! (2003)

Dalam film ini, Dian Sastrowardoyo memang tidak menjadi salah satu pemeran utama. Dian hanya menjadi pemeran figuran yang muncul di sebuah galeri. Film ini merupakan sebuah film drama satir yang menggambarkan kehidupan kosmopolitan di Jakarta. Film yang rilis pada tahun 2003 ini berhasil meraih beberapa penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 2004. Di antaranya penghargaan Film Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

5. Belahan Jiwa (2005)

Dalam film yang disutradarai oleh Sekar Ayu Asmara ini, Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Cempaka, gadis dengan perilaku yang susah ditebak akibat trauma yang terjadi di masa lalu. Film ini lumayan berhasil di beberapa kompetisi film internasional, antara lain Cairo International Film Festival 2006, Shanghai International Film Festival 2006, dan New York Independent Film Festival 2007. Selain itu, film ini menjadi film Indonesia pertama yang berhasil mendobrak bioskop-bioskop di India.

6. Banyu Biru (2005)

Dalam film ini, Dian beradu peran dengan aktor papan atas, Tora Sudiro. Bisa dibilang peran Dian di film ini memang tidak begitu besar. Pasalnya, film ini memang lebih terfokus pada pemeran utama, yaitu Banyu yang diperankan oleh Tora Sudiro. Film ini bercerita tentang Banyu yang tenggelam dalam kegiatan sehari-harinya hingga ia berhasil mencari jalan keluar dari masa lalunya.

7. 3 Doa 3 Cinta (2008)

Dalam film ini, Dian kembali dipasangkan dengan Nicholas Saputra. Film ini berlatar belakang kehidupan di sebuah pesantren dan bercerita tentang seorang pemuda yang mencari ibunya di Jakarta melalui bantuan seorang penyanyi dangdut. Film yang diterjemahkan menjadi “3 Wishes 3 Loves” ini berhasil meraih penghargaan pada Grand Prize of the International Jury dalam ajang International Festival of Asian Cinema Vesoul di Perancis. 

8. 7 Hari/ 24 Jam (2014)

Film yang digarap oleh Fajar Nugros ini mempertemukan Dian Sastrowardoyo dengan Lukman Sardi. Dalam film ini, mereka berperan sebagai pasangan suami-istri yang sangat sibuk dengan pekerjaannya hingga tak sempat memiliki quality time berdua. Film ini dianggap sebagai film "come back"-nya Dian Sastrowardoyo setelah beberapa lama vakum dari dunia perfilman Indonesia.

9. Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016)

Melanjutkan kesuksesan film "AADC" yang rilis di tahun 2002 lalu, kembali Dian Sastrowardoyo cs melanjutkan kisah percintaan dan persahabatan mereka melalui film ini. Film yang sudah dinanti sekian lama ini berhasil meraih sebanyak 3,6 juta penonton sekaligus menjadi film Indonesia paling laris sepanjang tahun 2016. Film ini juga berhasil melampaui keberhasilan film pertamanya. Pasti gemes-gemes lucu pas nonton film ini.

Nah, itulah tadi beberapa film yang sudah diperankan oleh salah satu aktris wanita paling laris di Indonesia, yakni Dian Sastrowardoyo. Kepiawaian akting dari wanita yang kini berusia 35 tahun ini memang sudah ga ada duanya lagi. Ditunggu film selanjutnya, ya, Mba Dian.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
281SHARES