Pertanyaan-pertanyaan Seputar Star Wars 'Rogue One' Kini Sudah Terjawab!

Sumber Gambar

Film memang seringkali menyisakan beberapa pertanyaan yang tak terjawab bagi para penonton. Apalagi dalam film-film model zaman sekarang yang seringkali menggunakan konsep universe seperti halnya Marvel Cinematic Universe, DC Expanded Universe, Harry Potter Universe, dan The Lord of The Rings Universe, pertanyaan-pertanyaan dapat bermunculan dalam rangka usaha penonton untuk menyusun setiap unsur-unsur yang terpisah dalam film-film menjadi satu struktur utama yang membentuk universe itu sendiri. Salah satu semesta film yang saat ini tengah digandrungi di dunia perfilman adalah Star Wars Universe yang kebangkitan kembalinya diawali oleh kemunculan Star Wars Episode VII: The Force Awakens yang dirilis pada tahun kemarin. Dan di bulan ini, para penggemar serial cult classic ini sudah bisa menikmati salah satu film spin-off dari Star Wars yang latar waktunya berada di tengah-tengah antara Star Wars Episode III: Revenge of The Sith, dan Star Wars Episode IV: A New Hope. Film yang dibintangi oleh Felicity Jones ini menceritakan bagaimana cetak biru dari Death Star (stasiun luar angkasa dalam Star Wars yang dapat menghancurkan sebuah planet dalam sekali tembak) dapat dicuri oleh pihak pemberontak dari tangan Kekaisaran Galaksi sehingga memungkinkan Luke Skywalker dan timnya untuk menghancurkan stasiun tersebut dalam Star Wars Episode IV: A New Hope. Beberapa pertanyaan di bawah ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh beberapa penggemar Star Wars di sejumlah forum diskusi penggemar dalam rangka euforia perilisan Rogue One beserta semesta film yang melingkupinya. Kira-kira kamu bisa jawab?

1. Mengapa Leia tiba-tiba muncul di tengah pertarungan?

Sumber Gambar

Saat pertarungan klimaks di luar angkasa pada bagian menuju akhir film, penonton bisa menyaksikan munculnya Princess Leia yang menjadi salah satu tokoh protagonis utama dalam Star Wars Universe. Mengingat bahwa dirinya adalah putri dari Darth Vader yang diadopsi oleh keluarga kerajaan Alderaan, cukup aneh kalau ayah angkatnya sendiri (Bail Organa) membiarkan anaknya yang bergelar “princess” untuk menempuh mara bahaya yang dapat menyebabkan kematian pada dirinya. Lantas, kenapa dia bisa tiba-tiba muncul? Jawaban: kemunculan Princess Leia dalam Rogue One bisa jadi disebabkan oleh adanya kebutuhan untuk menyesuaikan dengan plot awal Star Wars Episode IV: A New Hope di mana Princess Leia tampil sebagai pemegang kunci kehancuran Death Star yang nyaris diambil oleh Darth Vader. Untuk hubungan ayah-anak antara Leia dan Bail Organa sendiri, kemungkinan besar dirinya memang lebih dididik oleh ayah angkatnya sebagai prajurit dibandingkan tuan putri mengingat kondisi galaksi yang tengah dikuasai oleh pemerintahan diktator yang dipimpin oleh Darth Sidious bersama muridnya, yakni Darth Vader.

2. Apa hubungan masa lalu antara Galen Erso dan Orson Krennick?

Sumber Gambar

Dalam filmnya, hubungan antara Galen Erso (Mads Mikkelsen)—ayah dari tokoh utama Jyn Erso (Felicity Jones)—dengan Orson Krennic (Ben Mendelsohn), pimpinan dari proyek pembangunan Death Star, hanya ditampilkan secara sekilas melalui adegan flashback. Beberapa penggemar Star Wars pun bertanya-tanya mengenai hubungan keduanya di masa lalu sehingga Galen mau-mau saja menyelesaikan Death Star sebagai seorang peneliti sekaligus ilmuwan yang cukup ternama di galaksi. Jawaban: Dalam novel Catalyst: A Rogue One Novel yang ditulis oleh James Luceno yang plot ceritanya berada pada lini waktu sebelum Star Wars Episode III: Revenge of The Sith, diceritakan bahwa Galen dan Krennic memang memiliki hubungan personal mengingat keduanya belajar di universitas yang sama di masa muda. Selanjutnya, Krennic menyelamatkan Galen, Lyra, dan putrinya Jyn dari cengkeraman komplotan separatis yang telah mendominasi Planet Vallt di mana mereka bertiga tinggal. Sebagai kompensasinya, Krennic meminta Galen untuk melakukan penelitian terhadap Kristal Kyber yang berfungsi sebagai sumber energi dari Death Star.

3. Mengapa R2-D2 dan C-3PO bisa berada di Tantive IV dalam Star Wars Episode IV: A New Hope?

Sumber Gambar

Hal ini mungkin menjadi salah satu yang mengundang banyak kebingungan bagi para penggemar Star Wars yang mengikuti kisah peperangan galaksi fiksional tersebut dari film pertamanya yang dirilis, yakni Star Wars Episode IV: A New Hope. Mengingat dalam Rogue One C-3PO menyatakan komplain ketika pasukan pemberontak pergi ke Planet Scarif tanpa mereka berdua, lantas bagaimana caranya mereka berdua bisa berada satu kapal dengan Princess Leia? Ditambah lagi dengan adanya frame yang menunjukkan ketika C-3PO melihat kepergian pesawat X-Wing terakhir yang sedang lepas landas? Jawaban: Pertanyaan ini terjawab dalam novel yang diadaptasi dari film Rogue One itu sendiri yang ditulis oleh Alexander Freed dan dipublikasi pada tanggal 16 Desember 2016. Dalam novelnya diceritakan bahwa pesawat yang meninggalkan mereka bukanlah pesawat terakhir karena Admiral Raddus masih mengumpulkan pasukan lainnya yang berada di Planet Yavin. Ternyata mereka berdua memang sempat memasuki kapal yang menuju Scarif meskipun C-3PO tidak menyangka hal itu dan membuatnya panik.

4. Mengapa mata-mata pemberontak tidak mengetahui proyek Death Star lebih awal?

Sumber Gambar

Proyek pembangunan Death Star dalam ceritanya membutuhkan waktu selama kira-kira 20 tahun, mengingat pada masa Galen Erso masih muda pun pembangunan senjata raksasa itu memang sudah dimulai. Akan tetapi, mengapa tim pemberontak tidak sedari awal menghancurkan Death Star sebelum dilakukannya pengetesan senjata? Jawaban: Bisa dibilang hal ini memang menjadi salah satu kemelesetan plot cerita karena jika dipikir-pikir, nyaris mustahil stasiun Death Star tidak diketahui keberadaannya oleh para pemberontak mengingat diameternya yang berjarak 160 km tidak dapat disembunyikan dengan mudah oleh kekaisaran.

5. Mengapa dialog antara Darth Vader dan Princess Leia dalam A New Hope tidak berkesinambungan dengan akhir cerita dari Rogue One?

Sumber Gambar

Kalau kamu udah nonton Star Wars Episode IV: A New Hope, temen-temen mungkin masih ingat bahwa pada awal filmnya, di mana Darth Vader dapat mengejar kapal Tantive IV yang membawa Princess Leia beserta cetak biru dari Death Star dan akhirnya bertatap mata dengan Leia sendiri, Leia mengatakan bahwa mereka sedang berada dalam misi diplomatik, dan Darth Vader menanggapinya seakan-akan sebelumnya mereka berdua tidak berada dalam situasi pertarungan di angkasa lepas dan Vader nggak ngeh kalau Leia udah nyuri kunci rahasia untuk kehancuran Death Star? Padahal di akhir Rogue One kita dapat melihat bahwa Vader mengetahui tindak pencurian tersebut dan berusaha mengejar Tantive IV dengan motif itu. Jawaban: Ada dua kemungkinan untuk pertanyaan ini. Pertama, sama seperti halnya dengan kasus sebelumnya, yaitu ada kesalahan dalam menyatukan plot antara Rogue One dengan Star Wars Episode IV: A New Hope. Kedua, bisa saja Leia merasa lebih baik jika berbohong daripada langsung blak-blakan dan Darth Vader sendiri hanya mempermainkan Leia mengingat dirinya akan tetap menangkap Leia apa pun alasannya karena Leia tergabung dalam komplotan pemberontak yang berencana untuk menggulingkan kekaisaran.

6. Mengapa Dr. Evazan dan Ponda Baba bisa ada di Jedha?

Sumber Gambar

Ketika Jyn dan Cassian (Diego Luna) sedang berada di Planet Jedha, mereka sempat berpapasan dengan Dr. Evazan dan Ponda Baba yang muncul pertama kali dalam Star Wars Episode IV: A New Hope. Dalam kemunculan perdananya, mereka berdua sedang berada di Planet Tatooine, dan yang jadi pertanyaan, mengapa mereka berdua berada di Jedha ketika seharusnya mereka berada di Tatooine, tempat kelahiran Anakin dan Luke Skywalker? Jawaban: Belum ada jawaban yang cukup jelas untuk pertanyaan ini, tapi para penggemar memberikan hipotesis termungkin berkaitan dengan kenyataan dalam kisah Evazan yang dituturkannya sendiri bahwa dia menjadi buronan di dua belas sistem yang berbeda, dan wajar saja kalau misalnya dia dan Ponda Baba sering berpindah-pindah tempat tinggal untuk melindungi diri.

7. Mengapa Admiral Raddus memiliki warna kulit yang berbeda dibandingkan Admiral Ackbar?

Sumber Gambar

Mengingat keduanya berasal dari ras yang sama, memang wajar saja kalau Admiral Raddus dan Admiral Ackbar memiliki kemiripan. Masalahnya, mengapa Raddus memiliki kulit berwarna abu-abu, sedangkan Ackbar sendiri memiliki warna kulit merah? Jawaban: Hal ini memang tidak pernah dijelaskan dalam film, tapi pihak Lucas Film sendiri memberi klarifikasi bahwa hal ini disebabkan oleh perbedaan iklim tempat mereka berdua tinggal. Iklim dari tempat yang ditinggali oleh Raddus cenderung dingin, dan Ackbar tinggal di wilayah yang panas.

Sebenernya masih banyak pertanyaan yang muncul dari para penonton Rogue One ini, tapi kebanyakannya memang timbul karena kurang waspadanya si penanya saat menonton film sehingga ada konten-konten penting yang terlewat untuk ditafsirkan kesinambungannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Zodiak Yang Tetap Setia Pacaran LDRan Meski Menyiksa. So Sweet! - Keepodotme

7 Zodiak Yang Tetap Setia Pacaran LDRan Meski Menyiksa. So Sweet! - Keepodotme

Dalam Rangka Hari Ibu, Ini Film-film Yang Bisa Kamu Tonton!

Dalam Rangka Hari Ibu, Ini Film-film Yang Bisa Kamu Tonton!

6 Artis Ini Tega Tak Mengakui Anak Kandungnya, Kenapa Nih? - Keepodotme

6 Artis Ini Tega Tak Mengakui Anak Kandungnya, Kenapa Nih? - Keepodotme

Ini Dia Film-film Horor Paling Keren yang Sayang Kamu Lewatkan Tahun 2016!

Ini Dia Film-film Horor Paling Keren yang Sayang Kamu Lewatkan Tahun 2016!

10 Power Bank Terbaik 2018, Buat Baterai Smartphonemu  On Terus - Keepodotme

10 Power Bank Terbaik 2018, Buat Baterai Smartphonemu  On Terus - Keepodotme

Totalitas Tanpa Batas! Demi Peran, 7 Aktor Film Ini Permak Tubuhnya Secara Ekstrem!

Totalitas Tanpa Batas! Demi Peran, 7 Aktor Film Ini Permak Tubuhnya Secara Ekstrem!

loading