Nggak Nyangka, Ternyata Seperti Inilah Desain Awal Karakter Star Wars!

06 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Serial Star Wars dapat dikatakan sebagai franchise yang usia perkembangannya paling tak lekang oleh waktu. Selain kedelapan film—termasuk Rogue One: A Star Wars Story—yang telah rilis hingga sekarang, sudah banyak sekali produk-produk Star Wars dalam berbagai varian seperti video game, novel, komik, mainan, bahkan hingga kostum para karakternya yang masih dicari-cari hingga sekarang. Saat ini saja film Spin-off yang menceritakan tentang Han Solo tengah digarap setelah mengalami pergantian sutradara akibat konflik. Belum lagi dengan sekuel kedelapan berjudul The Last Jedi yang akan rilis tahun ini.

Perkembangan tersebut membuktikan bahwa Star Wars merupakan salah satu ikon dari kultur pop yang bahkan bisa menghasilkan subkultur-subkultur dari para penggemarnya dalam bentuk klub-klub penggila Star Wars yang bahkan memiliki hari perayaan khusus untuk memperingati kebesaran Star Wars dalam konteks kebudayaan. Massanya pun tergolong mulai dari anak-anak sampai orang yang sudah berkeluarga. Hal itu disebabkan oleh usia franchise Star Wars yang sudah mencapai 40 tahun jika dihitung dari film pertamanya, yakni Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977).

Antusiasme orang-orang kepada Star Wars pada awalnya mungkin disebabkan oleh unsur-unsur fiktif yang bervariasi dalam semestanya. Mulai dari pakaian, hewan-hewannya, orang-orangnya, kendaraannya, bahkan hingga senjata-senjatanya. Varian-varian tersebut tentunya dibuat dengan bentuk purwarupa yang mungkin sudah diperbaharui beberapa kali. Contohnya adalah desain pada karakter-karakter di dalamnya. Ternyata, para karakter Star Wars itu pada awalnya tidak memiliki tampilan yang kita kenal sekarang loh, bahkan bisa dibilang desain awal dari para karakter Star Wars itu sangat jauh jika dibandingkan dengan yang sudah dikenal oleh masyarakat. Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa perbandingan antara desain awal karakter Star Wars dengan yang sudah akrab di mata masyarakat populer. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Darth Maul

Yang desain rambut merah keliatan kayak hantu yak? Yang jelas, desain-desain awal Darth Maul itu jauh banget sama yang udah jadi.

2. Chewbacca

Desain awalnya Chewbacca punya muka yang keliatan serem. Berhubung dia adalah tokoh protagonis, mungkin mukanya diupayakan untuk tidak terlalu seram.

3. Yoda

Awalnya Yoda itu mau dibuat sebagai semacam kurcaci. Setelah mengalami transformasi dalam setiap pembaharuan desainnya, jadilah Yoda yang kita kenal dalam filmnya.

4. C-3PO

Kalo C-3PO mungkin nggak terlalu beda jauh sih. Tapi lihat gambar kedua dari kiri, C-3PO pada awalnya hendak dibuat memiliki tubuh seperti wanita!

5. R2-D2

Design awalnya sederhana banget ya?

6. Jabba The Hutt

Nampaknya design yang paling pertama (gambar paling atas) terlihat kurang menjijikkan jika dibandingkan dengan yang ada dalam film.

7. Darth Vader

Topeng Darth Vader ternyata tidak mengalami terlalu banyak perubahan dari desain awalnya.

8. Kylo Ren

Nampaknya, pada awalnya Kylo Ren hendak dibuat benar-benar mirip dengan Darth Vader, tapi mungkin karena pihak produksi enggan mengulang-ngulang karakter yang sudah ikonik, tampilan Kylo Ren pun dibuat lebih sederhana.

9. Han Solo (kiri) dan Luke Skywalker (kanan)

Pada awalnya, karakter Luke mau ditampilkan sebagai perempuan, dan lightsaber bisa dijadikan senjata oleh siapapun, termasuk Han Solo.

Itulah beberapa desain awal untuk karakter Star Wars yang ternyata sangat berbeda dengan yang sudah bisa kita lihat dalam film. Menurut kamu, yang paling beda banget yang mana tuh?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES