Nggak Nyangka! Sound Effect Keren Film Ternyata Dibuat dengan 7 Barang Mengejutkan Ini!

11 Desember 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Dalam proses editing sebuah film, ada banyak hal yang mungkin tidak pernah kia ketahui sebelumnya tentang proses pembuatan film itu sendiri. Salah satunya adalah tahap membuat sound effect pada beberapa adegan di sebuah film. Lantas, apa yang salah dengan sound effect pada sebuah film? Perlu kamu ketahui, beberapa adegan di film ternyata tidak semuanya menggunakan sound effect dari kejadian yang sama dengan di film.

Salah satu contohnya, adegan saat hujan. Suara hujan di sebuah film, ternyata tak semuanya menggunakan suara hujan sungguhan. Untuk menghasilkan sebuah suara hujan, ternyata kamu hanya butuh merekam bacon atau irisan daging babi saat sedang digoreng. Percaya nggak percaya, suara bacon atau irisan daging ternyata bisa terdengar layaknya suara hujan turun. Masih banyak lagi beberapa sound effect yang ternyata diciptakan dari hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya. Benda apa saja itu? Yuk langsung aja kita kepo!

 

1. Seledri = Suara tulang patah

Ambil seikat batang seledri, lalu remas secara bersamaan hingga mengeluarkan suara "kreek". Dengan begitu kamu telah berhasil meniru suara tulang patah seperti di film-film. Nggak percaya? Coba saja sendiri.

2. Kelapa = Kuda berjalan

Suara kuda berjalan yang biasa kamu dengar di film, ternyata bisa diciptakan dengan memukul kelapa secara bersamaan. Pukul sesuai dengan ritme kuda saat berlari. 

3. Bacon = Hujan

Suara hujan yang berada di film-film juga ternyata bisa diciptakan dengan cara menggoreng bacon di wajan yang berisi minyak panas. Sepintas suara keduanya terdengar sama. Hanya saja, suara bacon digoreng bisa membuat kita lapar

4. Kayu = Panah

Gibaskan kayu sampai mengeluarkan suara angin, dengan begitu kamu sudah berhasil membuat suara tiruan suara anak panah yang dilepaskan.

5. Plastik+kertas = Kobaran api

Simpan kertas dalam sebuah kantung plastik, lalu remas secara perlahan. Hasil suaranya biasa digunakan untuk menggantikan suara kobaran api, lho!

6. Cangkang kenari = Tulang hancur

Suara tulang hancur di film-film tidak semuanya menggunakan tulang sungguhan. Ternyata dengan memecahkan cangkang kenari pun suaranya sudah mirip seperti tulang hancur.

7. Koran = Berjalan di rumput

Saat sedang mengendap-ngendap di rumput biasanya akan menimbulkan suara khas. Nah, suara ini ternyata oleh para seniman suara, bisa dihasilkan dari remasan koran. 

8. Nah, buat lebih detailnya kamu bisa lihat video pendek di bawah ini yang memperlihatkan berbagai macam pembuatan sound effect dari cara-cara yang nggak terduga

Nah, baru tau kan kalau ternyata tak hanya visual effect saja yang dimanipulasi agar terlihat memukau, sound effect pun ternyata dibuat dari benda-benda yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Rasanya nggak mungkin jika suara tulang patah saat adegan berkelahi benar-benar dari suara tulang sungguhan. Hal ini membuktikan jika ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang proses pembuatan sebuah film yang semuanya dikerjakan dengan totalitas.

Setidaknya kita bisa sedikit tahu jika beberapa suara pada adegan-adegan film diciptakan tanpa mengorbankan orang maupun hewan, karena terbuat dari benda-benda yang tak terduga sebelumnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES