Nggak Nyangka! Inilah Daftar Film Fantasi yang Mendapat Kritikan dari Golongan Tertentu!

Sumber Gambar

Film memang selalu membawa isu dari realitas di luarnya sehingga sering kali memicu adanya perdebatan yang menyinggung adanya propaganda tertentu dalam film. Mungkin hal itu wajar sekali jika terjadi dalam film-film yang bernuansa realis mengingat kokohnya ikatan antara kenyataan sehari-hari dengan film itu sendiri. Di Indonesia, pernah terjadi kontroversi antara Hanung Bramantyo yang memang dikenal sebagai sutradara kontroversial, dengan para pemuka agama ketika dia merilis film bertema pluralitas agama, yaitu ? (tanda tanya) yang dirilis pada tahun 2011. Ternyata, tidak hanya film dengan latar dunia nyata saja loh yang bisa memancing kontroversi antara golongan tertentu dengan filmmaker. Film dengan latar fantasi pun pada kenyataannya masih bisa menghasilkan perdebatan yang terkait dengan isu propaganda dalam film. Kayak 7 film fantasi di bawah ini nih!

1. Thor (2011)

Sumber Gambar

Rumah produksi Marvel ternyata tidak luput dari protes meskipun rumah produksi ini sering menghasilkan film yang daya massa penontonnya cukup tinggi. Kalo yang udah nonton film fantasi ini, pasti udah nggak asing lagi dengan sosok Heimdall yang diperankan oleh Idris Elba, saudara dari Sif yang bertugas menjaga portal antara negeri para dewa-dewa dengan negeri semesta lainnya. Golongan anti pernikahan antar ras pun langsung menuding kepada Marvel bahwa mereka telah mempropagandakan kewajaran hubungan adik-kakak kulit putih dengan kulit hitam melalui sosok Heimdall dengan Sif. Selain itu, ditampilkannya Heimdall yang berkulit hitam dianggap telah merusak mitologi Eropa yang tidak pernah menampilkan kulit hitam sebagai dewa.

2. Noah (2014)

Sumber Gambar

Selain mendapat kritik pedas dari beberapa pemuka agama Yahudi, Kristen, dan Islam, film fantasi yang dibintangi oleh Russell Crowe ini juga dilarang untuk tayang di beberapa negara seperti Arab, Qatar, dan Bahrain. Film ini dianggap tidak mengambil landasan dari kitab-kitab agama sehingga film ini dianggap telah mempropagandakan penyimpangan sejarah.

3. Ghostbusters (2016)

Sumber Gambar

Tampaknya remake dari film yang sempat terkenal di tahun 1980-an ini emang bawa banyak dampak yang cukup buruk. Selain mendapat banyak kritik karena filmnya yang kurang bagus, film ini dituding telah mempropagandakan feminisme mengingat dalam film remake ini semua anggota pembasmi hantu adalah wanita, sedangkan dalam film sebelumnya semua anggota adalah pria.

4. The Golden Compass (2007)

Sumber Gambar

Film fantasi yang tidak diproduksi lagi kelanjutan kisahnya di layar lebar ini menuai banyak protes dari pemuka agama Kristen yang menganggap bahwa dalam film ini banyak sekali premis-premis yang merendahkan agama, khususnya agama Kristen. Grup religius yang dipimpin oleh Liga Katolik pun bahkan sampai menyebarkan buklet yang berjudul The Golden Compass: Agenda Unmasked, yang isinya menguraikan hal-hal yang mengandung gagasan Anti-Christ dalam film ini.

5. Machete (2010)

Sumber Gambar

Film fantasi yang dibintangi oleh Danny Trejo ini mendapat banyak kritik pedas dari golongan yang fanatik dengan warna kulit putihnya. Film ini dianggap telah mendeklarasikan secara tersirat berkenaan dengan ideologi anti-kulit putih, mengingat Danny Trejo dalam film ini berperan sebagai Machete yang kebanyakan musuhnya adalah kulit putih, sedangkan Machete sendiri adalah orang berkebangsaan Meksiko. Selain itu, film ini juga dianggap memberikan provokasi terhadap orang asing untuk menginvasi negara yang didominasi oleh kulit putih, dalam konteks film ini, negara tersebut adalah Amerika Serikat.

6. Star Wars Episode VII: The Force Awakens

Sumber Gambar

Setelah trailer dari film ini dirilis, protes dari berbagai golongan pun sudah banyak yang menghampiri karena dalam trailer-nya ditampilkan sosok pahlawan yang berkulit hitam (lagi-lagi masalah warna kulit), yaitu Finn yang diperankan oleh John Boyega. Bahkan ada pihak yang memberikan pernyataan bahwa film ini telah mengalienasi penonton inti dari Star Wars yang kebanyakannya adalah orang kulit putih. Lah, emang yang suka Star Wars tuh bule doang gitu?

7. Mad Max: Fury Road (2015)

Sumber Gambar

Kalo tadi masalah warna kulit, sekarang kita balik lagi ke masalah gender. Buat yang udah nonton film fantasi ini, pasti udah nggak asing sama komplotan wanita yang dipimpin oleh Furiosa (Charlize Theron).Ternyata, ditonjolkannya komplotan tersebut dalam plot cerita memicu beberapa blogger anti-feminis yang menyatakan bahwa film ini tidak memberikan apa-apa kecuali propaganda feminismenya yang begitu kentara.

Ideologi yang sering menjadi haluan hidup bagi beberapa golongan, kadang-kadang emang jadi faktor yang memicu perdebatan berkenaan dengan isu-isu yang terkandung dalam film. Hal ini menunjukkan kalo kita emang harus hati-hati juga sama ideologi. Soalnya, mengingat cercaan-cercaan yang dituliskan di atas, kita bisa tahu kalo idealisme itu kadang-kadang beda tipis sama pikiran yang kurang terbuka. Selain itu, pembahasan di atas juga nunjukin kalo film fantasi tuh masih memiliki akar di realitas luar film sehingga kita masih bisa menarik isu nyata meskipun film yang kita nikmati tuh latarnya bukan berada di dunia nyata yang kita tinggali.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
100%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Murka Lihat Anak Sekolah Rusak Makam Nasrani, Ancaman Gibran: Tutup Sekolahnya Aja! | Keepo.me

Murka Lihat Anak Sekolah Rusak Makam Nasrani, Ancaman Gibran: Tutup Sekolahnya Aja! | Keepo.me

Aktor-aktor Ini Nyaris Tewas Saat Sedang Pembuatan Film Lho!

Aktor-aktor Ini Nyaris Tewas Saat Sedang Pembuatan Film Lho!

Palestina Diklaim Tak Pernah Ada, Pendeta Asal Amerika Berkata Sebaliknya: Israel Yang Tidak Ada, Adanya Palestina | Keepo.me

Palestina Diklaim Tak Pernah Ada, Pendeta Asal Amerika Berkata Sebaliknya: Israel Yang Tidak Ada, Adanya Palestina | Keepo.me

Tokoh-tokoh Antagonis Film Ini Selalu Dikenang oleh Para Penonton Lho!

Tokoh-tokoh Antagonis Film Ini Selalu Dikenang oleh Para Penonton Lho!

Seperti Eriksen, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mendadak 'Kolaps' hingga Merenggut Nyawa di Lapangan | Keepo.me

Seperti Eriksen, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mendadak 'Kolaps' hingga Merenggut Nyawa di Lapangan | Keepo.me

15 Wanita Cantik dan Seksi Ini Pernah Muncul di Film James Bond!

15 Wanita Cantik dan Seksi Ini Pernah Muncul di Film James Bond!

loading