Nggak Cuma Joget, 7 Film Bollywood Ini Juga Punya Pesan yang Dalam!

www.berlinale.de

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata “Bollywood”? Joget-joget atau Shahrukh Khan? Film Bollywood memang identik dengan adegan joget sambil menyanyi. Kedua hal tersebut sudah menjadi ciri khas film Bollywood yang tidak bisa dipisahkan. Tak hanya di film drama romantis saja, adegan joget-joget bisa kita temui bahkan di film Bollywood dengan genre action. Walaupun identik dengan joget dan nyanyi-nyanyi di taman, bukan berarti film India tidak memiliki kualitas yang bagus lho. Bahkan banyak film Bollywood yang memiliki cerita berbobot dan memiliki pesan yang mendalam. Nah, berikut 7 film Bollywood yang nggak cuma joget-joget, namun juga memiliki cerita yang berbobot!

1. PK

www.songsmp3.co

Film yang dibintangi oleh Aamir Khan ini memang mengangkat tema yang sedikit sensitif, yaitu tentang perbedaan keyakinan dan kepercayaan yang ada di India. Walaupun menuai pro dan kontra, film ini benar-benar membuka mata kita akan pentingnya keberagaman agama dan tidak terkotak-kotak akan perbedaan yang dianut.  Bercerita tentang seorang alien yang mendarat ke Bumi untuk melakukan penelitian, namun alat penelitian tersebut dicuri sehingga ia berusaha untuk menemukan alat penelitiannya tersebut. Walaupun memiliki cerita yang unik, namun PK berhasil menyampaikan pesan moral yang penting di dalamnya. 

2. 3 Idiots

businessofcinema.com

Rasanya tidak adil jika 3 Idiots tidak dimasukkan ke dalam kategori film Bollywood terbaik dan memiliki cerita yang berbobot. Film drama komedi ini sukses menjadi salah satu film yang mengangkat nama Aamir Khan menjadi aktor yang terkenal dengan film-film cerdas dan menginspirasi. Walaupun dibumbui dengan unsur komedi, namun 3 Idiots sedikit menyinggung soal sistem pendidikan yang ada di India yang masih perlu untuk diperbaiki. Bisa dikatakan, 3 Idiots merupakan film Bollywood dengan paket komplit. Sedihnya ada, memiliki pesan moral yang dalam, serta menghibur dengan komedi cerdas dan tarian khas indianya. 

3. My Name Is Khan

www.imdb.com

Film-film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol selalu menarik perhatian banyak penggemar film Bollywood. Salah satunya adalah My Name Is Khan. Jika sebelumnya mereka berdua selalu terlibat dalam film drama romantis, kali ini keduanya bermain di film yang mengangkat tema agama dan politik. Peran Shah Rukh Khan yang sangat emosional ini membuat hati para penonton bergetar. Walaupun memiliki cerita yang sedikit sensitif, namun film ini bisa menguras emosi penonton akan cerita yang membuka mata kita umat Muslim yang seringkali diidentikkan dengan teroris. 

4. Taare Zameen Par
www.storypick.com

Selanjutnya ada film Taare Zameen Par yang dibintangi Aamir Khan. Lagi-lagi Aamir Khan membuat film yang ia bintangi mendapat respon yang sangat besar dari para penikmat Bollywood. Di film ini, Aamir Khan tak hanya menjadi pemerannya saja, melainkan ia juga menjadi produser dan sutradara. Film ini sendiri bercerita tentang seorang anak disleksia yang dikucilkan di kelasnya karena dianggap aneh. Namun keadaan berubah ketika seorang guru seni mulai tahu cara untuk mengembangkan bakat anak ‘spesial’ yang satu ini. 

5. Barfi!
www.livemint.com

Film dengan genre drama komedi ini bercerita tentang seorang pria tuna rungu bernama Barfi. Barfi merupakan pria yang sangat ramah dan dicintai oleh para warga di Kota Darjeeling. Kisah sedih bermula saat Ayahnya ditemukan tergeletak di lantai rumahnya karena gagal ginjal. Biaya pengobatan yang sangat mahal, membuat ia terpaksa melakukan tindak kriminal namun dengan cara yang lucu. Banyak pesan yang bisa diambil dari film ini, mulai dari masalah percintaan hingga masalah keluarga. 

6. Dangal

www.bollywoodhungama.com

Aamir Khan menunjukkan jika dirinya merupakan spesialis film dengan cerita yang tak hanya menghibur, namun juga menginspirasi. Salah satunya di film Dangal. Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang seorang pegulat senior yang melatih kedua anak perempuanya agar bisa menjadi seorang pegulat handal. Di film ini Aamir Khan sengaja menaikkan berat badannya 28 kg agar terlihat totalitas. Film ini juga menjadi salah satu film Hollywood yang diproduksi oleh Walt Disney. 

7. Bajrangi Bhaijaan

indianexpress.com

Dibintangi oleh Salman Khan dan Kareena Kapoor, film ini sukses menjadi film Bollywood dengan pendapatan tercepat mencapai 1 milyar rupee. Memiliki cerita yang ringan dan lucu membuat Bajrangi Bhaijaan tidak membosankan walau ditonton berulang-ulang. Film yang disutradarai oleh Kabir Khan ini sukses menjadi film kedua tersukses setelah PK (2014). Film ini mengangkat tema isu sosial yang sampai saat ini memang masih menjadi hal yang seru untuk ditonton.

Film-film di atas membuktikan bahwa tak selamanya sineas Bollywood hanya menonjolkan joget dan nyanyi saja, melainkan juga memberikan pesan-pesan dan nilai kehidupan yang bisa menginspirasi banyak orang. Semoga ke depannya perfilman Indonesia juga bisa mengikuti jejak film Bollywood dan memiliki ciri khas yang bisa mendunia, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Biar Perayaan Halloween Lebih Greget, Coba Deh Nonton 7 Film Ini! Horor Maksimal!

Biar Perayaan Halloween Lebih Greget, Coba Deh Nonton 7 Film Ini! Horor Maksimal!

Akting dengan Totalitas, 5 Adegan di Film Ini Hampir Membuat Jackie Chan Tewas

Akting dengan Totalitas, 5 Adegan di Film Ini Hampir Membuat Jackie Chan Tewas

10 Film Hantu Indonesia yang Judulnya Bikin Kesal. Gagal Horor Ih!

10 Film Hantu Indonesia yang Judulnya Bikin Kesal. Gagal Horor Ih!

7 Kejanggalan di Film Iron Man Ini Tertangkap Kamera Lho. Nggak Teliti, Nih!

7 Kejanggalan di Film Iron Man Ini Tertangkap Kamera Lho. Nggak Teliti, Nih!

Terlupakan di Negeri Sendiri, 7 Film Indonesia Ini Justru Terkenal di Luar Negeri

Terlupakan di Negeri Sendiri, 7 Film Indonesia Ini Justru Terkenal di Luar Negeri

Siap-siap Begadang dan Baper, Inilah 7 Drama Korea Wajib Tonton Tahun Ini!

Siap-siap Begadang dan Baper, Inilah 7 Drama Korea Wajib Tonton Tahun Ini!

loading