Ngerinya Bikin Ogah Tidur Sendirian, Ini 6 Film Horor Jepang Terbaik Tahun 2000-an!

30 Maret 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Jepang terkenal sebagai penghasil film animasi yang sering disebut anime. Film yang diangkat dari manga tersebut telah populer di kalangan masyarakat dunia. Saking populernya, ada beberapa anime yang diadaptasi menjadi film live-action, seperti Rurouni Kenshin dan Attack on Titan. Selain anime, Jepang sebenarnya juga punya film horor yang tak kalah ciamik, lho. Nah, kali ini kita akan membahas film horor Jepang awal tahun 2000-an. Inilah 6 film horor Jepang terbaik di awal tahun 2000-an!

1. Uzumaki (2000)

Uzumaki merupakan film versi live action dari judul yang sama. Film ini dirilis tahun 2000. Uzumaki berkisah tentang seorang anak SMA bernama Kirie. Kirie yang berdiam di Kota Kurouzu dapat melihat fenomena-fenomena aneh yang berhubungan dengan spiral. Rentetan body horror juga ditayangkan di film ini. Namun, Higunchinsky, sang sutradara, meminimalisir tontonan yang mengerikan. Walau digarap dengan dana minim, efek visual yang ditampilkan tetap unik dan menarik.

2. Kairo (2001)

Film Kairo yang tayang di tahun 2001 ini dikenal juga dengan judul Pulse. Film yang disutradarai oleh Kiyoshi Kurosawa ini pernah di-remake oleh perfilman Amerika. Sayangnya, hasil remake tersebut dinilai lebih jelek daripada aslinya. Pulse berkisah tentang hantu yang menyebar kutukan lewat internet. Mereka yang terkena kutukan akan bunuh diri dan jasadnya lenyap digantikan bekas hitam di dinding. Yang paling bikin deg-degan adalah menantikan apakah sebaran kutukan akan mengenai sang tokoh protagonis.

3. Dark Water (2002)

Film yang tayang di tahun 2000 ini merupakan film karya sutradara Hideo Nakata. Hideo Nakata memang terkenal handal mengarahkan film horor. Salah satu film horor fenomenal karyanya berjudul Ringu. Dark Water menceritakan Yoshimi Matsubara yang pindah ke apartemen murah bersama anaknya. Di apartemen tersebut, ia mengalami kejadian yang tak wajar, seperti rambut yang muncul di keran dan penampakan gadis bermantel. Cerita dalam film ini ditulis oleh Koji Suzuki.

4. Ju-On: The Grudge (2003)

Ju-On berkisah tentang hantu wanita dan anaknya yang dibunuh oleh suaminya. Akibat kematiannya yang tak wajar, dendam pun menyelimuti kedua hantu tersebut. Hantu ibu dan anak itu menghantui bahkan membunuh semua orang yang ada di rumahnya. Film yang rilis tahun 2003 ini dianggap terbaik karena efek suara dan riasan yang menakutkan.

5. One Missed Call (2003)

Sama halnya dengan Kairo, One Missed Call juga pernah dibuat ulang di Amerika. One Missed Call mengisahkan sekumpulan orang yang mendapatkan panggilan tak terjawab. Anehnya, panggilan tersebut berasal dari nomor mereka sendiri. Waktu teleponnya dua hari di masa depan. Pesan yang diterima adalah ramalan kematian. Film aslinya di sutradarai oleh Takashi Mike.

6. Noroi: The Curse (2005)

Noroi: The Curse merupakan film yang diambil dengan gaya found footage documentary. Film ini mengisahkan kehidupan penyelidik paranormal, Masafumi Kobayashi. Kobayashi diceritakan sedang menyelidiki suara-suara aneh yang ada di sebuah kota kecil. Narasi dan visual dalam film inilah yang menjadikan Noroi:The Curse masuk daftar film horor Jepang terbaik.

 

Selain film animasinya, sebenarnya film horor Jepang juga terkenal bagus dan sangat mengerikan. Pada tahun 2000-an lalu, film seperti Ringu dan Ju-On menjadi salah satu film favorit para penggemar film horor dunia. Pasalnya, hantu dan karakter seram di film horor Jepang kerap terasa begitu dekat dengan hantu yang dipercaya ada di Indonesia. Nah, kalian udah nonton yang mana? Kalau belum, buruan nonton. Dijamin pasti akan merasakan sensasi ngerinya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES