Ngaku Pecinta Film? Kamu Harus Nonton 7 Film Bisu Terbaik Sepanjang Masa Ini!

17 November 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Jauh sebelum film dengan visual effect canggih merajalela seperti sekarang, film pada zaman dulu masih kental dengan nuansa hitam putih. Dari tahun ke tahun film-film jadul ini mengalami perubahan, mulai dari segi cerita sampai segi visual effect. Tentu pada zaman dahulu, belum ada yang namanya film dengan penggunaaan efek CGI seperti sekarang. Namun, layar yang masih hitam putih dengan cerita yang jauh lebih simpel, tak membuat film-film ini sepi penonton. 

Tak hanya itu, film-film zaman dulu juga masih belum menggunakan dialog antar pemainnya. Jadi para penonton hanya bisa menebak cerita melalui gestur para pemainnya saja. Nah, buat kamu yang ngaku penggemar film, wajib coba nonton 7 film bisu di bawah ini. Dijamin nuansa jadulnya masih kerasa banget. 

1. Nosferatu (1922)

Mungkin buat kamu penggemar serial kartun Spongebob, kamu sudah tak asing dengan sosok menyeramkan di atas. Sosok menyeramkan tersebut merupakan Dracula pada film Nosferatu. Film yang dirilis pada tahun 1922 ini merupakan film horor bisu dari Jerman yang menjadi pelopor munculnya banyak film horor di era sekarang. 

2. The Gold Rush (1925)

Rasanya tak ada yang tak pernah mendengar nama aktor legendaris dunia, Charlie Chaplin. Dari banyaknya film yang ia bintangi, The Gold Rush menjadi salah satu film terbaiknya. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Tramp (Charlie Chaplin) yang pergi ke Alaska untuk mencari emas. Menurut Chaplin sendiri, film ini merupakan salah satu film favoritnya. 

3. The Passion of Joan of Arc (1928)

The Passion of Joan of Arc merupakan film yang benar-benar dibuat bisu tanpa ada instrumen dan efek suara apapun. Film yang bercerita tentang perjuangan seorang tokoh pahlawan Perancis bernama Joan of Arc ini masuk menjadi salah satu film bisu terbaik. Film ini pun menjadi film pertama yang menggunakan teknik close up shoot. Tak hanya itu, penggunaan make up yang minim pada pemerannya membuat film ini juga terlihat nyata. 

4. City Lights (1931)

Film yang dibintangi sekaligus disutradarai oleh Charlie Chaplin ini menjadi film legendaris pada zamannya. Bercerita tentang seorang gelandangan yang jatuh cinta dengan seorang wanita penjual bunga yang buta. Seorang gelandangan ini pun berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang untuk bisa membantu biaya operasi mata wanita penjual bunga tersebut. Ending filmnya pun menjadi yang terbaik di antara film-film bisu lainnya. 

5. The Phantom of the Opera (1925)

The Phantom of the Opera merupakan film bisu terbaik yang merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Gaston Leroux. Kesuksesan film ini tak terlepas dari totalitasnya akting Lon Chaney yang berperan sebagai Phantom. Pada film ini, Chaney merias wajahnya sendiri dengan cara yang tergolong ekstrem. Yaitu dengan menarik hidungnya dengan jepitan kawat dan ia pun membuat rahang palsu agar bisa terlihat menyeramkan. 

6. Sunrise: A Song of Two Humans (1927)

Bisa dikatakan, film ini menjadi film yang paling romantis pada eranya. Bercerita tentang seorang pria yang sudah bersitri bertemu dengan seorang gadis cantik dari kota yang selalu berusaha untuk menggodanya. Walaupun begitu, pria ini pun sadar betapa ia lebih mencintai istrinya dibanding gadis kota tersebut. Ia dan sang istri pun pergi ke kota dan membuktikan jika keduanya memang saling membutuhkan. Film bisu ini dijamin bisa bikin kamu baper. 

7. Metropolis (1927)

Mertropolis merupakan film bisu dengan genre sains fiksi pertama yang pernah dibuat. Dan film ini juga menjadi film yang menginspirasi film-film dengan genre yang sama seperti Star Wars dan Blade Runner. Tak hanya itu, film ini juga menjadi film bisu sains fiksi dengan biaya produksi termahal pada zamannya.  

Itulah beberapa film bisu yang pernah booming di eranya. Mungkin salah satu aktor film bisu yang paling dikenal oleh dunia adalah Charlie Chaplin. Chaplin memang menjadi salah satu aktor berbakat dengan gaya pantomimnya yang khas. Tak heran banyak orang yang merasa terhibur dengan film-film yang ia mainkan. Dengan menonton film-film bisu di atas kita bisa ikut merasakan nuansa jadul para zaman tersebut. Tertarik untuk menonton?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES