Meski banyak adegan Komedi, Soleh Solihun: “Reuni Z” Tetap Menjaga Nama Baik Zombie

11 April 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Film zombie pada umumnya dibuat semenyeramkan mungkin lewat tatanan makeup para pemain serta set film yang dibuat berantakan. Berbeda dengan film-film zombie pada umumnya, ‘Reuni Z’ yang disutradarai oleh Soleh Solihun ini dibuat dengan memadupadankan antara horor dan komedi. Jadi di sela-sela menegangkannya aksi dikejar-kejar zombie, penonton juga akan dibuat tertawa dengan tingkah laku lucu para pemerannya. 

Saat ditemui oleh para awak media di acara press conference yang diadakan di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Soleh Solihun selaku sutradara menjelaskan tentang seluk beluk pembuatan film ‘Reuni Z’.

“Sebenernya saya diminta pak Suryo Sintani untuk membuat konsep film. Yaudah saya sama Monty Tiwa membuat tiga sinopsis film. Nah, salah satunya yang ‘Reuni Z’ ini. Pas Saya ngasih sinopsisnya, pak Suryo langsung tertarik sama sinopsis yang tentang zombie. Jadi dibuatlah film Reuni Z”.

'Reuni Z' sendiri merupakan film horor pertama yang digarap oleh Soleh Solihun. Sebelumnya, Soleh telah sukses menjadi sutradara lewat film ‘Mau jadi Apa?’. Saat ditanya kenapa harus zombie yang dijadikan benang merah pada film keduanya, komika asal Bandung ini pun menjelaskan jika dirinya memang gemar menonton film-film zombie. Bahkan di film horor pertamanya ini, Soleh melibatkan komunitas zombie langsung untuk mengisi sosok zombie di film ‘Reuni Z’.

Mengusung tema ‘horor tapi bodor (lucu dalam bahasa Sunda)’, Soleh menegaskan jika zombie di film garapannya ini nggak akan dibuat lucu dan konyol. 

“Tenang, komedi di sini cuma pada manusianya. Zombienya tetap berperilaku layaknya zombie, tetap terlihat nyeremin. Nggak akan ada zombie joget atau nari-nari nggak jelas. Jadi, kredibilitas zombie tetap bakal terlihat menyeramkan”

Film yang diproduseri oleh Rapi Films ini sendiri melibatkan setidaknya 150 pemain figuran. Kebanyakan para figuran diambil dari para komunitas zombie. Soleh pun menyampaikan kesulitannya dalam mengarahkan para pemeran yang berakting menjadi zombie. 

“Kita di sini melibatkan 150 ekstras. Terus sebagian besar dari mereka harus jadi zombie. Dikasih tau pun, pas akting ada yang kayak orang gila, baris ngaco. Padahal udah dikasih tau bukan begitu. Jadi bukan kesalahan pemain, pemain relatif mudah diarahkan”

Buat kamu yang suka nonton film zombie. Rasakan sensasinya film zombie dengan kearifan lokal yang nggak kalah menegangkan tapi tetap menghibur. ‘Reuni Z’ akan ditayangkan serentak di bioskop Indonesia besok, 12 April 2018. Yuk bersiap ngantri di bioskop!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES