Mau Nanya Tapi Malu, Inilah Beberapa Istilah dalam Film yang Jarang Dimengerti

08 Agustus 2017
|Atik Kencana S.

Setelah sekian lama berseliweran di dunia film, mondar-mandir bioskop, sampe gaya nulis tentang review film, ternyata masih banyak juga, lho, yang suka kurang memahami beberapa istilah dalam film. Mau cari di google, bahasanya ribet. Nanya ke temen takut dianggap gak gaul. Akhirnya bertanya-tanya sendiri deh dalam hati.

Untuk membantu kalian yang kadang suka bingung dengan beberapa istilah film, kali ini YuKepo mau bahas mengenai istilah dalam film yang kadang suka gak dimengerti. Apa aja sih istilahnya? Yuk, langsung aja kita kepoin bareng YuKepo!

1. Blockbuster

Seing banget nih kita denger istilah blockbuster ini. Tapi, gak banyak juga orang yang mengerti apa maksudnya. Blockbuster merupakan istilah untuk film yang meraih kesuksesan besar. Hal itu berdasarkan, baik pada penjualan tiket, pendapatan global, maupun kepopuleran film tersebut di masyarakat umum. Contohnya sih kalian udah pasti tau deh, seperti "Harry Potter", "Titanic", "Star Wars", ataupun "The Lord of the Rings".

2. Box Office

Berada selevel di bawah tingkat blockbuster, ada juga istilah box office. Kadang memang masyarakat suka gak memahami istilah ini alias cuma asal sebut aja. Film yang dikategorikan sebagai film box office merupakan film yang nilai penghasilan pemutarannya melebihi biaya produksinya. Intinya untung besarlah dan biasanya penghasilan film yang fantastis tersebut diperoleh dalam jangka waktu beberapa hari saja. Contoh film box office antara lain film "Avatar", "Jurassic World", dan "Beauty and the Beast".

3. Prekuel

Film prekuel merupakan kategori film yang menceritakan sebuah atau beberapa kejadian di film sebelumnya. Contohnya adalah trilogi film "The Hobbit" yang bercerita tentang keadaan atau kondisi sebelum adanya film "The Lord of the Ring". Makanya, film "The Hobbit" bisa dibilang sebagai prekuel film "The Lord of the Ring". Sama saja seperti film "Fantastic Beasts" yang merupakan prekuel dari film "Harry Potter". 

4. Sekuel

Nah, kebalikan dari prekuel ada yang disebut sebagai sekuel. Sekuel ini bisa diartikan sebagai kelanjutan dari film sebelumnya yang sudah tayang. Contohnya adalah film "Toy Story 2" dan "Toy Story 3", lalu ada juga film "Kung Fu Panda 2" dan "Kung Fu Panda 3".

5. Cross-over

Istilah Cross-over merujuk pada sebuah film yang mempertemukan dua atau lebih karakter yang sudah terkenal dan muncul di film lain. Contohnya seperti film "The Avengers", "Alien vs Predator", dan "Freddy vs Jason".

6. Remake

Remake juga termasuk istilah dalam film yang jarang dipahami oleh masyarakat. Remake merujuk pada sebuah film yang dibuat ulang tanpa merubah alur dan karakter. Namun, film remake tidak harus melulu menggunakan judul yang sama. Secara garis besar, film remake digarap dengan masih tetap menghormati sumber asli, terutama alur cerita dan karakternya. Tujuannya adalah demi mengulang kesuksesan yang dahulu pernah diraih. Salah satu contoh film remake adalah film "Scarface" rilisan tahun 1983 yang merupakan hasil remake dari film dengan judul yang sama yang dirilis pada tahun 1932. 

7. Spin-Off

Film spin-off merupakan istilah untuk film yang dibuat khusus demi menceritakan sebuah kejadian atau sebuah karakter yang memiliki penggemarnya tersendiri. Umumnya karakter yang dibuatkan spin-off-nya sudah memiliki karakter yang kuat dan kerap mencuri perhatian dari para pecinta film. Contoh film spin-off ini adalah film "The Wolverine". 

Nah, itulah tadi beberapa istilah dalam film yang kadang suka gak dipahami oleh masyarakat umum. Bukan hanya gak ngerti, banyak juga kok yang sok-sokan nulis istilah di atas, tapi ternyata artinya menjadi bergeser. Semoga aja gak ada lagi yang salah, ya, mengenai istilah dalam film. Terima kasih YuKepo!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES