Masih Kecil Jadi Aktor, Inilah Film Rano Karno "Si Doel" yang Melambungkan Namanya!

style.tribunnews.com

Siapa sih yang gak kenal sosok Rano Karno atau pemeran Si Doel yang legendaris itu? Pria yang memiliki tahi lalat di bawah pipi kanan ini merupakan seorang aktor dan sekarang sedang menjalani karirnya dalam dunia pemerintahan. Pria yang kemarin ikut mencalonkan menjadi Gubernur Banten ini lahir di Jakarta, 8 Oktober pada tahun 1960.

Sebelum menjajaki dunia politik, Rano Karno terlebih dahulu terjun dalam dunia perfilman Indonesia dan di sinilah namanya besar. Rano Karno sejak usia belasan sudah ikutan main film dengan aktor dan aktris papan atas pada saat itu. Pada era 70 dan 80-an merupakan masa kejayaan Rano dalam dunia perfilman. Gak heran dulu Rano laris banget main di film jadul Indonesia.

Mungkin kita udah tau kiprah Rano Karno dalam latar sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang beradu peran dengan Alm. Benyamin Suaeb dan Mandra. Ternyata sebelum sinetron itu dimulai, Rano sudah lebih dulu main di film-film bergengsi. Penasaran film apa aja? Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Lingkaran Setan (1972)

djadoelantik.blogspot.co.id

Lingkaran setan adalah film pertama yang diperankan oleh Rano Karno. Hitung aja, waktu itu usia Rano baru menginjak 12 tahun tapi udah jadi aktor. Di film yang disutradarai oleh Misbach Jusa Noor ini Rano Karno beradu peran dengan sang ayah yaitu Sukarno M. Noor. Film yang bercerita tentang tindakan kriminal yang berlatar belakang kemiskinan ini menjadi pintu bagi Rano untuk memasuki dunia film.

2. Si Doel Anak Betawi (1973)

www.pinterest.com

Film ini merupakan salah satu film bertemakan keluarga paling sukses pada zamannya. Film yang disutradarai oleh Sjuman Djaja ini diangkat dari novel karya Aman Datuk Madjoindo dengan judul yang sama. Film yang mengangkat tema kehidupan masyarakat Betawi ini menceritakan tentang kehidupan Si Doel sebagai anak Betawi yang harus membantu ibunya paska meninggalnya sang ayah. 

3. Yatim (1973)

id.wikipedia.org

Di tahun yang sama, Rano Karno kembali berkarya dengan sebuah film yang lebih emosional. Film yang disutradarai oleh Arto Hady ini menceritakan tentang kakak beradik yang kabur dari rumah tantenya karena perlakuan tantenya yang kejam. Mereka berdua kemudian menjadi gelandangan. Hingga pada suatu hari nasib kakak beradik ini berubah setelah bertemu dengan seorang pencari bakat. Karena tertarik dengan bakat yang dimiliki Rano, akhirnya Rano dipelihara dan dididik menjadi penyanyi terkenal.

4. Rio Anakku (1973)

boxsinopsis.blogspot.co.id

Di film ini, Rano kembali memerankan tokoh protagonis yang sangat emosional. Film yang disutradarai oleh Arifin C. Noor ini menceritakan tentang persahabatan Rano dengan seorang gadis buta yang bernama Nunung. Persahabatan itu kemudian berubah menjadi kakak adik sejak Nunung diangkat anak oleh orang tua Rano. Kebaikan Nunung membuahkan hasil ibu Rano mau berusaha menyembuhkan mata Nunung. Sebelum sembuh malah Rano menderita penyakit keras yang tidak bisa disembuhkan. Rano berpesan untuk mendonorkan matanya untuk Nunung setelah dia meninggal.

5. Di Mana Kau Ibu (1973)

andromedajunior.wordpress.com

Tahun 1973 mungkin menjadi tahun yang paling padat bagi Rano Karno. Beberapa film langsung dibintanginya. Salah satunya ya ini, film Di Mana Kau Ibu yang merupakan film yang mengundang air mata. Film yang disutradarai oleh Hasmanan ini menceritakan tentang berpisahnya seorang ibu dan anaknya yang merupakan hasil hubungan gelap. Sang ibu dan anak sama-sama pergi mencari keberadaannya. Akhirnya mereka bertemu di rumah sakit saat sang anak sedang dirawat karena kecelakaan.

6. Si Rano (1973)

film-benyamin.blogspot.co.id

Satu lagi film Rano Karno di tahun yang sama dengan nuansa emosional yang tinggi. Film yang disutradarai oleh Motinggo Boesje ini kembali menemukan Rano dengan Benyamin Suaeb. Film ini menceritakan tentang berpisahnya ayah dengan anak di stasiun kereta api. Rano kemudian bertemu dengan tukang gorengan yang baik hati dan mau merawat hingga menyekolahkannya. Hingga pada suatu saat Rano kembali dipertemukan dengan ayahnya dengan kondisi yang mengenaskan.

7. Gita Cinta dari SMA (1979)

hot.detik.com

Film ini diperankan oleh Rano Karno pada usianya yang sudah masuk ke usia remaja. Film yang disutradarai oleh Arizal ini merupakan film kisah cinta remaja yang paling terkenal di masanya. Film yang menceritakan tentang Galih dan Ratna ini mungkin bisa dikatakan sebagai pionir film cinta remaja. Saking bagusnya, film ini kemudian dibuat ulang yang diperankan oleh Sheryl Sheinafia dan Refal Hady yang belum lama ini rilis.

Nah, itu tadi film Rano Karno yang sudah melambungkan namanya sebelum ia memerankan tokoh Si Doel yang dulu sering kita tonton di televisi. Aktingnya yang piawai gak heran bisa menjadikan Rano Karno sebagai aktor yang bisa disandingkan dengan aktor ternama lainnya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Para Cosplayer Superhero Marvel dan DC Ini Mirip Sama di Komik Loh!

Para Cosplayer Superhero Marvel dan DC Ini Mirip Sama di Komik Loh!

Buat Kamu Pencinta Film Mind Blowing, Wajib Tonton 7 Film Nuansa Psikologis Ini

Buat Kamu Pencinta Film Mind Blowing, Wajib Tonton 7 Film Nuansa Psikologis Ini

Ternyata 10 Film Terkenal Ini Dibuat dengan Teknik Miniatur Lho!

Ternyata 10 Film Terkenal Ini Dibuat dengan Teknik Miniatur Lho!

Beginilah Jadinya Kalau Tokoh Toy Story Ada di Dunia Nyata

Beginilah Jadinya Kalau Tokoh Toy Story Ada di Dunia Nyata

Beginilah Jadinya Kalau 10 Karakter Film Animasi Ini Ada di Dunia Nyata

Beginilah Jadinya Kalau 10 Karakter Film Animasi Ini Ada di Dunia Nyata

Inilah Wajah Asli 10 Artis yang Memerankan Tokoh Film Marvel Terbaik

Inilah Wajah Asli 10 Artis yang Memerankan Tokoh Film Marvel Terbaik

loading