Konsep Cerita Persis, 7 Sinetron Indonesia Ini Diduga Plagiat dari Drama Luar Negeri

korea.iyaa.com

Belakangan para penggemar drama Korea dihebohkan dengan cuplikan sinetron Malaikat Pelindung yang konon akan segera tayang di layar kaca. Bukan heboh karena penasaran, tapi banyak kalangan terutama penggemar drama Korea yang protes terhadap sinetron tersebut karena disinyalir meniru konsep cerita drama Korea berjudul Goblin. Drama Goblin merupakan drama Korea yang sempat happening pada akhir tahun 2016 hingga awal tahun 2017 dan memiliki banyak penggemar. Ini bukan kali pertama sinetron Indonesia diduga plagiat dari drama luar negeri. Berikut Yukepo beritahu bocoran sinetron mana aja yang mengadaptasi cerita drama dari luar negeri.

1. Siapa Takut Jatuh Cinta dan Meteor Garden

www.brilio.net

Kayaknya anak-anak kelahiran tahun 90-an pada pernah nonton sinetron ini deh. Yap, sinetron yang dibintangi oleh Leony, Jonathan Frizzy, Indra L. Brugman, Roger Danuarta, dan Steve Emanuel ini dikabarkan meniru serial Meteor Garden yang populer di awal tahun 2000-an. Bukan hanya jumlah pemain utama yang sama, alur cerita tentang cewek miskin yang diperebutkan oleh empat cowok pun persis. Bahkan ada beberapa adegan dalam sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta yang benar-benar sama dengan Meteor Garden.

2. Ganteng-ganteng Serigala dan Twilight

www.brilio.net

Kalau sinetron yang satu ini sih udah bukan rahasia lagi ya kalau memang Ganteng Ganteng Serigala (GGS) memang menyadur cerita dari film berseri Twilight. Konsep cerita yang menghadirkan vampir dan serigala jadi-jadian membuat sinetron ini sangat tampak meniru konsep cerita Twilight. Ditambah dengan drama khas sinetron Indonesia, membuat banyak orang yang underestimate dengan kreativitas sinetron Indonesia. Tapi, banyak juga lho penggemar sinetron yang menghadirkan Ricky Harun, Kevin Julio, Jessica Mila, Aliando Syarief, dan Prilly Latuconsina ini. Buktinya, sinetron GGS bisa tayang hingga lebih dari 400 episode.

3. Kau yang Berasal dari Bintang dan You Who Came from the Stars

www.brilio.net

Nah, kalau sinetron yang dibintangi Morgan Oey dan Nikita Willy satu ini cukup kontroversial bahkan sejak awal penayangannya. Pihak production house sinetron Kau yang Berasal dari Bintang menyebutkan bahwa telah mendapat izin dari production house Korea yang memproduksi drama You Who Came from the Stars untuk membuat ulang dan mengadopsi konsep ceritanya menjadi sinetron Indonesia. Tapi ternyata pihak production house Korea tersebut nggak mengakui adanya izin untuk remake sinetron. Alhasil, sinetron ini belum sempat booming tapi udah diberhentikan penayangannya.

4. Liontin dan Glass Shoes

www.wawker.com

Ada lagi nih sinetron yang mengadaptasi konsep drama luar negeri. Sinetron Liontin yang hits banget di tahun 2005-2006 menampilkan kakak beradik Nana Mirdad dan Naysilla Mirdad. Banyak hal yang sangat persis dengan drama Korea Glass Shoes (Glass Slippers). Diantaranya adalah cerita Manda (Nana Mirdad) dan Indy (Naysilla Mirdad) merupakan kakak beradik yang ibunya telah meninggal dunia ketika melahirkan Indy. Nggak hanya itu, Ayah mereka pun diceritakan menderita leukemia kemudian meninggal dunia. Keduanya memakai perhiasan sebagai tanda penghubung di antara mereka yaitu liontin. Bahkan adegan terpisahnya Manda dan Indy pun hampir sama yaitu ketika naik bus.

5. Benci Bilang Cinta dan Princess Hours

www.inovasee.com

Bagi penggemar drama Korea mungkin drama Princess Hours adalah drama legendaris ya. Karena ceritanya yang menarik yaitu tentang cewek miskin yang dijodohkan dengan cowok kaya. Sinetron yang dibintangi Marshanda dan Baim Wong ini dinilai sangat mirip dengan drama yang booming pada tahun 2006 lalu. Bedanya hanya latar belakang kekayaan si cowok. Kalau di Princess Hours tokoh si cowok diceritakan berasal dari keluarga kerajaan, sementara versi sinetron Benci Bilang Cinta diceritakan berasal dari keluarga pengusaha kaya.

6. Cinta Cenat Cenut dan Boys Before Flowers

style.tribunnews.com

Kala itu boy band Smash lagi naik daun yang disinyalir meniru konsep boy band asal negeri ginseng, Super Junior. Kesuksesan Smash di tanah air membuat anggotanya berkesempatan untuk melebarkan sayap ke dunia akting, salah satunya adalah bermain sinteron berjudul Cinta Cenat Cenut yang diperankan oleh seluruh anggota Smash plus Natsha Rizky. Tapi sinetron ini kabarnya meniru alur cerita drama Korea yang berjudul Boys Before Flower yang juga lagi happening saat itu.

7. Buku Harian Nayla dan 1 Litre of Tears

www.brilio.net

Pasangan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia sejak dulu emang cocok banget ya beradu akting sebagai pasangan kekasih di sinetron Buku Harian Nayla. Banyak penggemar sinetron ini yang ikut merasakan kesedihan karena konsep cerita yang menyentuh. Tapi ternyata kesuksesan sinetron ini dikacaukan dengan tuduhan plagiat. Adapun drama luar negeri yang ditiru adalah drama Jepang berjudul 1 Litre of Tears. Sinetron ini bisa dibilang mirip banget karena sama-sama mengangkat kisah remaja cewek berusia 16 tahun yang menderita kelumpuhan syaraf.

Sebenarnya, orang Indonesia itu kreatif-kreatif banget ya. Tapi sayangnya karena alasan popularitas, cerita sinetron Indonesia ingin ikutan tenar dengan mengadaptasi konsep cerita yang sama. Remake sih boleh aja, tapi alangkah lebih baiknya kalau anak bangsa punya karya sendiri yang mungkin nantinya bisa setara dengan drama-drama di luar negeri dan berhasil go international. Tapi yang jelas, hal yang harusnya dicontoh oleh sinetron Indonesia dari drama luar negeri adalah jumlah episodenya yang nggak terlalu panjang agar ceritanya nggak ngalor-ngidul. Setuju?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Intip Pemain Sinetron 90-an yang Bikin Kamu Bernostalgia Ke Masa Lalu

Intip Pemain Sinetron 90-an yang Bikin Kamu Bernostalgia Ke Masa Lalu

10 Foto di Balik Pembuatan Film Superhero Jepang yang Pernah Kamu Tonton

10 Foto di Balik Pembuatan Film Superhero Jepang yang Pernah Kamu Tonton

Fakta Menarik di Balik Pembuatan Film Fast and Furious 8 yang Mengesankan

Fakta Menarik di Balik Pembuatan Film Fast and Furious 8 yang Mengesankan

10 Hal Kecil dalam Film Animasi Disney yang Mencengangkan dan Belum Banyak Disadari

10 Hal Kecil dalam Film Animasi Disney yang Mencengangkan dan Belum Banyak Disadari

Inilah 7 Fakta Menarik di Balik Film Guardians Of The Galaxy Vol. 2

Inilah 7 Fakta Menarik di Balik Film Guardians Of The Galaxy Vol. 2

Inilah 10 Pengisi Suara Tokoh Kartun yang Paling Dikangenin Anak 90-an

Inilah 10 Pengisi Suara Tokoh Kartun yang Paling Dikangenin Anak 90-an

loading