Kini Melahirkan Banyak Film Keren, Inilah Film Pertama Produksi Hollywood! Seperti Apa Ya?

21 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata
629SHARES

Industri film Hollywood telah menyentuh semua kalangan di berbagai penjuru dunia. Bahkan, bisa dikatakan bahwa film-film Hollywood merajai sektor perfilman dunia. Kualitas yang mumpuni dari berbagai segi membuat film-film Hollywood difavoritkan oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu judul film pertama yang diproduksi di Hollywood?

Sebelum ke pembahasan film pertama yang diproduksi di Hollywood, kita simak dulu yuk sejarah awal mula film di Hollywood.

Hollywood merupakan kawasan yang berada di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Hollywood telah dianggap sebagai tempat penghasil film-film terbaik dunia. Tak hanya itu, Hollywood pun dijadikan sebagai pusat dari industri dunia hiburan. Hal ini membuat orang berbondong-bondong untuk unjuk gigi di Hollywood.

Film Hollywood mulai terbentuk sejak Perang Dunia I. Sejarah perfilman Hollywood biasanya dibagi menjadi empat periode. Yaitu era film bisu, sinema klasik, new Hollywood, dan era kontemporer. Namun, jauh sebelum itu, pada tahun 1894 telah diselenggarakan pameran film komersial pertama di dunia di New York dengan menggunakan Kinetoskop buatan Thomas Edison.

Tahun 1895, tepatnya tanggal 28 Desember, film komersial pertama diputar di Grand Cafe, Paris. Film tersebut merupakan buah karya dari Lumiere bersaudara asal Perancis. Peristiwa tersebut menjadikan banyak orang mengatakan bahwa Lumiere bersaudara telah melahirkan sinema modern. Meski demikian, sinema Amerika menjadi penyumbang yang dominan di industri perfilman.

Sejak tahun 1920-an, keuntungan yang diraih Amerika di industri film melebihi negara lain. Mulai dari tahun 1920-an hingga 1930-an, produksi film di Hollywood rata-rata mencapai 800 film per tahunnya. Film yang diproduksi berasal dari berbagai genre. Genre romantis, komedi, drama, dan petualangan menjadi andalan pada saat itu.

Di tahun 1950-an, industri perfilman di Hollywood semakin berkembang. Hal ini disebabkan munculnya teknologi film berwarna. Selain itu, berbagai teknologi baru pun mulai bermunculan. Mulai dari teknologi grafis, suara, visual, hingga animasi. Bisa dikatakan, teknologi perfilman di Hollywood selangkah lebih maju dibandingkan industri film di negara lain.

Film yang dibuat pertama kali di Hollywood adalah "In Old California". Film tersebut adalah film tanpa suara yang disutradarai oleh D.W. Griffith. Film Hollywood yang berdurasi 17 menit ini dirilis pada 10 Maret 1910. Studio film pertama dibuka di Amerika pada tahun 1911. Tiga tahun berselang, film Charlie Chaplin memulai debut pertamanya.

Menarik bukan sejarahnya? Sekarang udah tahu kan film pertama yang diproduksi di Hollywood? Di Hollywood produksi film sudah dimulai sejak tahun 1910, padahal di masa yang sama Indonesia masih perang melawan penjajah nih. Meski terlambat, tapi industri film Indonesia juga nggak kalah keren kok. Buktinya, film-film Indonesia juga makin banyak yang bisa masuk ke berbagai festival film internasional. Semoga industri film tanah air bisa sehebat Hollywood ya suatu saat nanti.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
629SHARES