Inilah Rahasia di Balik 7 Logo Studio Film Hollywood yang Belum Kamu Tahu

03 Desember 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Setiap kali kita menonton film Hollywood, pasti sebelumnya akan ada opening singkat dengan memperlihatkan logo studio film yang memproduksi film tersebut. Buat kamu pencinta film, tentunya sudah tak asing dengan beberapa logo studio film terkenal seperti Warner Bros, Paramount Pictures, Universal Studio, Walt Disney, dan masih banyak lagi. Beberapa film besar lahir dari beberapa studio film terkenal. Setiap studio film juga tentunya memiliki ciri khas masing-masing dalam membuat sebuah film. Salah satu contohnya adalah studio film Walt Disney yang sudah kental dengan nuansa dongeng dan animasinya.

Namun, tahukah kamu jika di balik setiap logo studio film terkenal, memiliki kisah dan sejarah yang menarik untuk ditelisik. Nah, berikut kisah di balik tujuh studio film Hollywood yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Warner Bros

Tentu kamu sudah tak asing dengan logo “WB” di atas. Logo WB yang merupakan singkatan dari Warner Bros merupakan salah satu studio film terkenal yang mungkin sering kamu lihat saat menonton film Looney Tunes zaman kids dulu. Warner Bros merupakan studio film yang didirkan pada tahun 1918 oleh empat Warner barsaudara, Harry Warner, Albert Warner, Jack Warner, dan Sam Warner. Warner Bros juga menjadi salah satu studio film tertua di Hollywood. Beberapa film terkenal yang diproduksi Warner Bros antara lain: Batman: The Dark Knight, Batman v Superman: Dawn of Justice, Inception, Harry Potter, dan masih banyak lagi.

2. Disney

Buat kamu penggemar film animasi tentu sudah tak asing dengan logo kastil yang satu ini. Yap, Walt Disney merupakan studio film yang didirikan oleh kakak beradik, yaitu Roy Oliver Disney dan Walt Disney pada tahun 1932. Namun, sesuai kesepakatan bersama, nama Walt Disney lah yang digunakan sebagai nama studio film. Pada awalnya, Disney merupakan studio film yang hanya berfokus pada film animasi dan kartun saja. Namun, semakin berkembangnya zaman, Disney merambah ke beberapa film action maupun drama musikal. Logo kastil yang digunakan Disney ternyata merupakan kastil yang ada pada film Cinderella produksi Disney sendiri. Beberapa film hasil produksi Disney antara lain, Beauty and The Beast, Cinderella, Star Wars: The Force Awakens, Toy Story, Pirates of The Caribbean.

3. Paramount Pictures

Didirikan pada tahun 1912, studio film dengan logo gunung bersalju ini menjadi studio film tertua di Amerika Serikat. Pada awalnya, studio film ini bernama Famous Players Film, sampai akhirnya Adolph Zukor yang merupakan sang pendiri mengganti namanya menjadi Paramount Pictures. Pasti kamu penasaran kan dengan gunung yang menjadi logo Paramount Pictures? Gunung tersebut merupakan gunung Ben Lomond yang terletak di Utah.

Bintang yang mengelilingi gunung tersebut pada awalnya berjumlah 24. Angka tersebut merupakan jumlah aktor dan aktris Hollywood yang memiliki kontrak dengan Paramount Pictures. Namun, saat ini jumlah bintang tersebut berkurang menjadi 22. Hal ini pun masih belum diketahui alasannya. Beberapa film besar yang merupakan produksi Paramount Pictures antara lain: Interstellar, Transformers, The Avengers, dan masih banyak lagi.

4. 20th Century Fox

Apa yang paling kamu ingat saat melihat logo studio film 20th Century Fox? Pasti suaranya yang khas selalu terngiang-ngiang di kepala kita saat kita menonton film. Pada awalnya, studio film berlogo angka “20” ini bernama Twentieth Century Pictures. Lalu pada tahun 1935, nama tersebut berganti menjadi Twentieth Century Fox. Hal ini dikarenakan Twentieth Century Pictures bergabung bersama studio film bernama Fox Film Corporation. Tak hanya logonya saja yang tenar, namun instrumen musik pada saat opening 20th Century Fox tak kalah tenar. Instrumen khas ini diciptakan oleh seorang komposer bernama Alfred Newman. Beberapa film terkenal hasil produksi 20th Century Fox antara lain: X-Men, Avatar, Taken, Logan, dan masih banyak lagi.

5. Colombia Pictures

Studio film yang memiliki logo wanita sedang memegang obor ini didirikan pada tahun 1924 oleh Harry Chon. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya siapakah wanita yang memegang obor tersebut? Dia adalah salah satu aktris Hollywood era 80-an bernama Jennifer Joseph. Aktris cantik dipilih oleh pihak SONY yang resmi membeli studoi Colombia Pictures pada tahun 1989. Obor yang digunakan sengaja dibuat tidak terlalu terang agar penonton bisa lebih fokus pada wajah Jennifer Joseph. Beberapa film terkenal yang merupakan produksi Colombia Pictures adalah The Adventure of Tintin, The Karate Kid, 21 Jumpstreet, dan masih banyak lagi.

6. MGM

Buat kamu penggemar serial kartun Tom and Jerry, pasti gak asing lagi dengan studio film yang berlogo singa ini. Logo singa yang sedang mengaung ini merupaka logo khas dari MGM (Metro Goldwyn Mayer). MGM sendiri didirikan tahun 1924 oleh Marcus Loew. Perlu kamu ketahui, dalam membuat logo ini, pihak MGM telah mengganti singa sebanyak 7 kali. Beberapa singa diaudisi untuk menentukan singa mana yang cocok menjadi logo MGM. Singa tersebut harus dalam keadaan mengaung saat pengambilan gambar.

Di antara beberapa singa yang diaudisi, singa bernama Leo lah yang digunakan untuk menjadi logo MGM hingga saat ini. Banyak kabar yang beredar jika MGM menyiksa singa agar bisa mengaung, namun kabar tersebut ternyata hoax. Beberapa film terkenal yang merupakan produksi MGM antara lain: Robocop, The Hobbit, The Pink Panther, dan masih banyak lagi.

7. DreamWorks Pictures

Jika dibandingkan dengan studio film besar Hollywood di atas, DreamWorks Pictures menjadi studio film termuda di Amerika Serikat. Studio film ini didirikan oleh tiga pakar media senior, Jeffrey Katzenberg, David Gaffen, dan Steven Spielberg. Tulisan SKG yang berada di bawah logo DreamWorks Pictures merupakan singkatan dari para pendirinya, Spielberg, Katzenberg, Gaffen. Kamu pasti gak asing kan dengan logo DreamWorks yang memperlihatkan seorang anak lelaki sedang mancing di atas bulan. Nah, ternyata gambar bocah lelaki ini merupakan anak dari pembuat logo DreamWorks Pictures, Robert Hunt. Film-film besar hasil produksi DreamWorks antara lain: Kung Fu Panda, Shrek, Madagascar, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah kisah beberapa logo studio film Hollywood. Gimana, jadi sekarang sudah tau kan rahasia di balik pembuatan logo-logo tersebut. Untuk sampai ke titik sekarang, studio film juga mengalami beberapa perubahan desain logo. Manakah menurutmu di antara tujuh studio film di atas yang sering melahirkan film-film bagus?


Marah
Marah
8 %
Gokil
Gokil
8 %
Lucu
Lucu
8 %
Kaget
Kaget
54 %
Suka
Suka
15 %
Aneh
Aneh
8 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES