Inilah Fakta-fakta Seputar SpongeBob yang Kamu Perlu Tahu

27 Mei 2017
|Monica Petra
0SHARES

Kamu pastinya masih ingat betul dengan film kartun SpongeBob. Yup, film kartun yang disiarkan oleh Nickelodeon dan sempat juga sampai di Indonesia ini memang sangat menarik. Menceritakan tentang kehidupan bawah laut dengan tokoh-tokoh yang unik. Nah, berikut ini ada beberapa fakta yang belum kamu tau tentang SpongeBob. Apa aja itu?

1. Idenya berasal dari kehidupan biologis laut beneran

Stephen Hillenburg memiliki gelar dalam perencanaan sumber daya alam dengan penekanan sumber daya kelautan, dan dia biasa mengajar Biologi Laut di Orange County Marine Institute. Hillenburg juga suka menggambar, dan menciptakan sebuah buku komik berjudul Intertidial Zone for the Institute, yang membintangi versi awal SpongeBob. Saat ia bekerja sebagai creative director untuk serial animasi Nickelodeon Rocko's Modern Life, sesama animator melihat potensi daya tarik SpongeBob.

2. Nama asli SpongeBob adalah Spongeboy

Dan judul acara itu awalnya SpongeBoy Ahoy! Namun, SpongeBoy adalah nama yang dilindungi hak cipta untuk merk pel. Jadi, Hillenburg harus memikirkan nama lain dan dia memastikan untuk tetap ada kata "sponge". Soalnya, dia takut penonton bakal mengira tokoh SpongeBob adalah keju karena bentuk dan warnanya yang kuning.

3. Squidward secara teknis bukan cumi-cumi

Squidward Q. Tentacles telah disebut sebagai cumi-cumi dan gurita sepanjang cerita, tapi dia hanya memiliki enam tentakel. Para animator memutuskan untuk tidak memberikan cephalopoda jumlah tentakel yang tepat karena jika lebih dari enam kaki akan membuatnya terlalu ribet secara visual.

4. Si penulis terpengaruh oleh Ray Bradbury

Membutuhkan cerita segar untuk season dua, editor cerita yang baru, Merriwether Williams ditugaskan untuk membantu staf penulisan mengemukakan gagasan. Dia memberi mereka salinan koleksi esai Ray Bradbury Zen dan the Art of Writing. Latihan menulis tertentu yang menghasilkan banyak plot untuk staf SpongeBob disebut "The Noun Game." Williams menyuruh semua orang menulis tiga sampai enam kata benda di selembar kertas kecil dan meletakkannya di atas sebuah topi. Mereka akan menggambarnya, lalu menghabiskan satu menit untuk menulis sebuah cerita tanpa filter berdasarkan kata benda itu.

5. Karakter SpongeBob dipengaruhi oleh Jerry Lewis, Pee-Wee Herman, dan Stan Laurel

Direktur kreatif SpongeBob, Derek Drymon, ingat Hillenburg ingin menciptakan karakter dengan sikap "muda, kekanak-kanakan", dengan Lewis, Herman, dan Laurel yang ada dalam pikirannya. Tom Kenny, pengisi suara SpongeBob, mengatakan bahwa Hillenburg awalnya menggambarkan spons yang berbicara sebagai "setengah anak setengah dewasa, seperti sejenis kulit munchkin", dan juga menyebutkan tiga nama legendaris komedian itu.

Gimana? Menarik kan beberapa fakta tentang SpongeBob di atas? Kartun yang satu ini emang legendaris. Semoga animasi Indonesia juga bisa berjaya suatu hari kelak di kancah internasional.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES