Inilah Cara Para Aktor Hollywood Untuk Mendalami Karakter Pecandu Narkoba

04 Juni 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Ketika aktor mendapatkan peran dalam sebuah film, tentunya aktor itu membutuhkan persiapan yang matang agar dirinya dapat lebih mendalami karakter yang akan diperankannya. Persiapan yang biasanya dilakukan jauh-jauh hari sebelum proses syuting dimulai ini dilakukan dengan metode-metode yang bervariasi, tentunya bergantung baik kepada aktor itu sendiri maupun instruksi sutradara yang harus terlebih dahulu memahami karakter yang akan dikenakannya kepada aktor yang akan digarap olehnya.

Persiapan baik secara fisik maupun mental ini terkadang tidak mudah. Banyak aktor-aktor yang akhirnya harus bela-belaan merusak dirinya, baik secara fisik maupun mental. Sebelumnya juga sempat dibahas mengenai pendalaman karakter yang pada kasus tertentu, dapat menyebabkan aktor menjadi merasakan dampak buruk kepada kondisinya. Meskipun begitu, toh beberapa aktor profesional tetap menikmati tuntutan peran tersebut sebagai pemenuhan akan hasrat mereka di dunia seni peran.

Di bawah ini, teman-teman bisa membaca bagaimana beberapa aktor Hollywood melakukan persiapan untuk peran sebagai pecandu narkoba dalam film yang dibintanginya. Ternyata, untuk mendalami dan merasuk ke dalam karakter pecandu, mereka tidak selalu harus menjadi pecandu dengan mengonsumsi obat-obatan berbahaya itu. Penasaran? Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. John Travolta dalam Pulp Fiction (1994)

Quentin Tarantino, sutradara Pulp Fiction, memiliki teman yang merupakan mantan pecandu heroin. Dia diberitahu oleh temannya bahwa perasaan ketika menggunakan heroin itu mirip dengan perasaan saat orang menenggak tequila bersamaan dengan berendam air panas di bathtub. Lantas John Travolta, yang memerankan Vincent Vega yang kebetulan adalah pecandu heroin, pun melakukan hal itu bersama istrinya untuk mendalami karakter yang akan diperankannya dalam film.

2. Heath Ledger dalam Candy (2006)

Heath Ledger memang dikenal sebagai aktor yang sangat piawai dalam melakukan pendalaman karakter. Hal itu pula lah yang akhirnya membuat dirinya tidak bisa melepaskan sosok The Joker dalam The Dark Knight (2008) sehingga membuat dirinya stres dan overdosis karena penggunaan obat-obatan. Dalam film Candy yang dirilis dua tahun sebelum The Dark Knight, Ledger memerankan seorang penyair bernama Dan. Dan adalah seorang tokoh yang jatuh cinta kepada mahasiswi seni bernama Candy (Abbie Cornish), dan kebetulan Dan adalah seorang pecandu heroin.

Untuk mendapatkan pendalaman karakter terhadap tokoh Dan, Ledger membiasakan diri untuk menghindari cahaya matahari dan selalu berdiam di kegelapan. Hal itu dilakukannya untuk mendapatkan kulit pucat seperti halnya yang dapat kita temui pada pecandu narkoba. Selain itu, Ledger pun mencoba “nongkrong” bersama para pecandu di wilayah Sydney meskipun isu yang beredar mengatakan bahwa Ledger hanya melakukan itu untuk membaca perilaku para pecandu, tanpa harus mengonsumsi benda berbahaya itu.

3. Jared Leto dalam Requiem for A Dream (2000)

Film yang mengkultus pada tahun 2000-an ini turut menampilkan Jared Leto, yang selain dikenal sebagai aktor yang piawai, dikenal juga sebagai vokalis dari band 30 Second To Mars. Dalam film ini, Leto berperan sebagai Harry Goldfarb, yang seperti teman-teman lainnya dalam film, merupakan pecandu narkoba. Untuk mendalami peran tersebut, Leto tinggal bersama dengan para pecandu narkoba selama berminggu-minggu untuk meriset keseharian mereka. Selain itu, dia juga menurunkan berat badannya sebanyak 25 pon. Hal itu menyebabkan dirinya seringkali nyaris pingsan saat di lokasi syuting.

4. Leonardo DiCaprio dalam The Wolf of Wall Street (2013)

Dalam film yang diangkat dari kisah nyata seorang penipu kelas kakap bernama Jordan Belfort ini, DiCaprio berhasil memukau penonton dengan adegan saat Belfort tengah mabuk akibat obat bernama Quaaludes yang dikonsumsinya bersama Donnie Azoff (Jonah Hill). Ternyata, untuk mendalami adegan itu, DiCaprio meminta Jordan Belfort yang asli untuk berguling-guling dan merangkak di lantai, persis saat dirinya tengah mabuk berat di kejadian nyatanya. Saat Belfort yang asli memperagakan hal itu, DiCaprio merekam gambar peristiwa tersebut sebagai referensi.

5. Gary Oldman dalam Sid and Nancy (1986)

Dalam film biopik yang mengisahkan cerita asmara antara Sid Vicious (vokalis Sex Pistols) dan Nancy Spungen (Chloe Webb), Gary Oldman terpilih sebagai aktor yang memerankan sosok Sid yang terkenal dengan kelakuannya yang nyeleneh, dan tentunya terkenal dengan kecanduannya terhadap heroin. Untuk mendalami karakter Sid, Oldman melakukan diet ketat dengan hanya mengonsumsi ikan kukus dan melon selama beberapa waktu. Hal itu sempat membuat dirinya harus masuk rumah sakit karena kekurangan nutrisi.

6. Ewan McGregor dalam Trainspotting (1996)

Dalam film Trainspotting, yang kebetulan sekuelnya baru saja dirilis dua bulan lalu, McGregor memerankan pecandu bernama Mark Renton. Bersama teman-temannya, Renton selalu menghabiskan waktunya dengan mengonsumsi heroin, yang pada akhirnya menyebabkan teror pada hidupnya dan teman-temannya. Bersama rekan aktor lainnya, Renton sempat diajak untuk menggunakan heroin agar bisa lebih mendalami karakter Renton. Hanya saja, McGregor berpendapat bahwa pendalaman dengan cara seperti itu seakan-akan menjadi alasan untuk mengonsumsi heroin. Dia pun lebih memilih untuk melakukan diet dengan hanya mengonsumsi ikan bakar selama berhari-hari, dan mengganti bir dengan gin atau anggur.

7. Leonardo DiCaprio dalam The Basketball Diaries (1995)

Jauh sebelum perannya dalam The Wolf of Wall Street, DiCaprio sempat memerankan sosok pecandu bernama Jim Caroll dalam The Basketball Diaries yang dimainkannya semasa dia masih menginjak usia belia. Dalam perannya ini, DiCaprio sempat dirumorkan telah menggunakan narkoba untuk mendalami karakter Caroll. Namun DiCaprio membantah hal itu. Ternyata produser film tersebut memang menyewa jasa dari mantan pecandu untuk mencontohkan bagaimana perilaku, gestur, bahkan sampai nada bicara dari seorang pecandu narkoba. Ternyata DiCaprio dapat mengikuti “mentoring” itu dengan baik sehingga penampilannya pun meyakinkan penonton bahwa dia benar-benar menggunakan narkoba dalam film tersebut.

Itu dia beberapa contoh pendalaman karakter yang dilakukan oleh para aktor ketika mereka mendapatkan peran sebagai seorang pecandu narkoba. Meskipun memang ada beberapa aktor yang benar-benar mabuk saat memerankan tokoh pemabuk, contoh-contoh di atas membuktikan bahwa mendalami karakter itu bisa dengan segala cara dan tidak harus menjadi alasan untuk mabuk-mabukan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES