Inilah 7 Film Berdasarkan Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa

29 Maret 2018
|Reza Pratama

Sebuah film memang bisa terinspirasi dari mana saja. Dari novel, kisah hidup seseorang, hingga peristiwa sejarah. Film yang diambil dari kisah nyata memang selalu menjadi salah satu tontonan yang menarik perhatian banyak orang. Biasanya, film yang diambil berdasarkan kisah nyata terdapat inspirasi yang bisa dipetik oleh para penonton. Nah, dari sekian banyaknya film yang diambil dari kisah nyata, berikut 7 film based on true story terbaik sepanjang masa.

1. The Pianist (2002)

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang kisah hidup seorang pianis bernama Wladyslaw Szpilman yang merupakan keturunan Yahudi di zaman Perang Dunia II. Dari film ini kita bisa melihat bagaimana Wladyslaw Szpilman bertahan hidup dari kekejaman tentara Nazi yang tak segan-segan membunuh kaum Yahudi tanpa belas kasihan. Di film ini emosi penonton akan dibuat naik turun dengan perlakuan tentara Nazi yang kejam terhadap kaum Yahudi.

2. 127 Hours (2010)

Film yang dibintangi oleh James Franco ini menceritakan tentang seorang pecinta alam bernama Aron Ralston yang terjepit kurang lebih selama 127 jam di bebatuan di Grand Canyon. Dari film ini ada banyak sekali pesan moral yang bisa diambil serta perjuangan Aron saat harus mengeluarkan dirinya dari batu besar yang menjepit tangannya. Untuk bertahan hidup, di film ini Aron terpaksa meminum urinnya sendiri, dan memutuskan untuk memotong tangannya dengan pisau kecil yang tidak terlalu tajam. 

3. 12 Years A Slave (2013)

Film 12 Years A Slave mungkin menjadi salah satu film yang bisa membuat para penontonnya berlinang air mata. Menceritakan tentang warga kulit hitam yang diperlakukan semena-mena oleh warga kulit putih di Amerika Serikat. Salah satu warga kulit hitam bernama Solomon Northup menjadi tokoh utama dalam film ini. Pada mulanya, kehidupan Solomon terbilang enak dan beruntung. Ia salah satu orang kulit hitam yang sempat menyicipi dunia pendidikan dan menjadi seorang pemain biola yang cukup terkenal. Namun, di tengah cerita ia ditipu dan diperjualbelikan sebagai budak. Di sini penonton dibuat terharu dengan perjuangan Solomon untuk kembali bertemu dengan keluarga tercintanya.

4. The Pursuit of Happyness (2006)

Film drama keluarga yang diperankan oleh Will Smith dan anaknya, Jaden Smith, ini menjadi salah satu film kisah nyata yang sangat mengharukan. Will Smith yang berperan sebagai Chris Gardner adalah seorang salesman yang memiliki kisah hidup menyedihkan. Ia dan sang anak, hidup dengan amat sederhana dan mereka sering mengalami kepahitan sampai akhirnya Chris Gardner berhasil menjadi seorang pialang saham. 

5. Schindler’s List (1993)

Banyak tragedi pada zaman Nazi yang selalu menarik untuk dijadikan sebuah film. Salah satu film bertemakan Nazi terbaik adalah film besutan Steven Spielberg, Schindler’s List. Film hitam putih ini menceritakan tentang seorang pengusaha sukses asal Jerman yang menjadi penyelamat ribuan nyawa kaum Yahudi. Oskar Schindler yang diperankan oleh Liam Neeson membebaskan para tahanan Nazi dengan menebusnya menggunakan uang pribadi hasil usahanya. Buat kamu pencinta film Nazi, wajib nonton film yang satu ini, dijamin gak akan nyesel. 

6. City of God (2002)

City of God menceritakan tentang kelamnya masa lalu di salah satu kota di Brasil. Alurnya yang maju mundur membuat film ini begitu detail menjelaskan asal muasal terbentuknya geng dari generasi ke generasi di kota tersebut. Perampokan dan pembunuhan menjadi pemandangan yang bisa ditemuka di “Kota Tuhan” tersebut. Film kisah nyata ini menjadi gambaran betapa keras dan brutalnya kehidupan lampau orang-orang di Brasil.

7. Saving Private Ryan (1998)

Bisa dikatakan, Saving Private Ryan merupakan salah satu film perang terbaik yang diambil dari kisah nyata. Film garapan sutradara ternama, Steven Spielberg ini  menceritakan tentang sekelompok tentara Amerika Serikat yang berupaya untuk menyelamatkan salah satu anggota mereka bernama Private Ryan yang keadaannya tidak diketahui. Selain adegan peperangan yang apik, unsur drama pada film ini juga berhasil membuat emosi para penonton pecah. 

Itulah deretan 7 film terbaik yang diambil berdasarkan kisah nyata. Menjadi salah satu genre yang paling banyak diminati penonton, membuat para produser film berlomba-lomba menggarap film berdasarkan kisah nyata. Nah, di antara 7 film based on true story di atas, manakah film menurutmu yang paling berkesan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
SHARES