Inilah 10 Pengisi Suara Tokoh Kartun yang Paling Dikangenin Anak 90-an

27 April 2017
|Olphi Disya

Hari Minggu pagi adalah waktu paling berharga bagi anak 90-an yang hidup di tahun 2000-an awal. Kala itu, hari Minggu pagi merupakan jadwal wajib menonton deretan film kartun seperti Doraemon, Crayon Shinchan, P-Man, hingga Detective Conan. Semakin ke sini, tayangan kartun anak-anak nggak sebanyak dan semenarik dulu. Memang mungkin lebih kaya akan visualisasi, tapi yang pasti kartun-kartun jaman dulu bikin kita betah lama-lama di depan TV sampai diteriakin karena disuruh mandi. Hayo, siapa yang begitu?

Entah gimana jadinya kalau film kartun yang diimpor dari Jepang dan Amerika masuk ke Indonesia tanpa di-dubbing. Mungkin ceritanya bukannya lucu dan menghibur, tapi malah bikin bingung karena kita sibuk membaca subtitle bahasa Indonesia atau mendengar bahasa yang nggak dimengerti. Berterima kasihlah pada kesepuluh dubber hebat Indonesia berikut ini, karena dengan suaranya kita bisa mengerti cerita film kartun favorit kita.

1. Nurhasanah Iskandar

Siapa yang tak kenal dengan karakter robot asal Jepang yang datang dari masa depan ini? Kayaknya tokoh kartun ini telah disiarkan di berbagai negara. Kalau di Indonesia, tokoh Doraemon suaranya diisi oleh Nurhasanah Iskandar. Suara khas Doraemon yang agak parau tersebut ternyata diisi oleh seorang perempuan yang telah menjadi dubber Doraemon sejak tahun 1993 hingga 2006. Sempat terhenti selama setahun, tapi kemudian Nurhasanah kembali “menjadi” Doraemon.

2. Ade Kurniawan

Mungkin bagi anak-anak kelahiran tahun 90-an menonton kartun Spongebob Squarepants adalah ritual pagi sambil sarapan yang nggak boleh dilewatkan. Menjadi dubber sejak 1995 membuat Ade Kurniawan dipercaya untuk mengisi suara tokoh utama Spongebob. Suara Spongebob yang khas hingga tawanya yang renyah sangat melekat pada Ade Kurniawan. Bahkan perawakannya pun sering disamakan dengan tokoh kartun Spongebob. Mirip nggak, guys?

3. Ony Syahrial

Siapa nih yang dulu suka nonton Crayon Shinchan? Meskipun udah nggak pernah ditayangkan di televisi lagi, tapi karakter Nohara Shinosuke kayaknya masih melekat di ingatan kita. Aktor dibalik kocaknya Crayon Shinchan ini adalah Ony Syahrial. Selain menjadi bintang sinteron Tuyul dan Mbak Yul, Ony Syahrial justru lebih lama menjadi dubber, yaitu sejak awal 1990-an. Kangen nggak sih nonton Shinchan lagi?

4. Ahmad Zulkifli Lubis

Kalau kartun Jepang satu ini juga sangat lekat di ingatan anak 90-an, karena anak-anak yang menonton kartun ini biasanya akan terlihat keren di antara anak-anak lain yang nggak nonton. Bukan hanya alur cerita yang menarik, tapi kita juga harus berterima kasih pada Ahmad Zulkifli Lubis atau yang akrab dipanggil Iphie Lubis nih. Berkat kemahirannya dalam menjadi dubber yang mengisi suara karakter Detective Conan atau Shinichi Kudo, kita bisa hanyut dalam misteri kasus-kasus Conan.

5. Hana Bahagiana

Nah, sosok dubber perempuan satu ini mungkin bisa dinobatkan sebagai dubber profesional paling top di Indonesia. Pasalnya, Hana Bahagiana menjadi dubber untuk beberapa tokoh kartun fenomenal yang anak-anak 90-an kenal semua. Tokoh kartun yang pernah diisi suaranya adalah Naruto, Luffy One Piece, Captain Tsubasa, hingga Boots dalam Dora the Explorer dan beberapa tokoh kartun lainnya. Kalau diingat-ingat, karakter suara tokoh-tokoh kartun tersebut emang mirip-mirip sih ya? Pantas aja, wong pengisi suaranya orang yang sama.

6. Darmawan Susanto

Ini dia sahabat terbaik Spongebob di Bikini Bottom, Patrick Star. Bintang laut yang gendut berwarna pink ini memang menggemaskan. Tingkah lakunya yang konyol sering membuat kita tertawa terbahak-bahak. Ia adalah Darmawan Susanto, yang berhasil membawakan karakter Patrick Star melalui suaranya yang berat dan khas. Perawakannya yang sering dimiripkan dengan tokoh Patrick mungkin membuatnya lebih mendalami peran sebagai Patrick kali ya?

7. Jessy Milianty

Karakter cewek yang pintar, cute, dan baik, pujaan hati Nobita ini menjadi karakter pemanis dalam kartun Doraemon. Ditambah dengan suaranya yang lembut khas anak perempuan, Shizuka pun menjadi sosok idola anak-anak cewek 90-an. Siapa sangka, pengisi suaranya adalah seorang perempuan yang telah berkiprah sebagai dubber sejak lama. Ia adalah Jessy Milianty, yang mulai menjadi dubber tokoh Shizuka sejak tahun 2008. Sebelum itu tokoh Shizuka diisi oleh suara Prabawati Sukarta dan Nurul Ulfah.

8. Jumali Prawirorejo

Bagi kamu yang penasaran siapa sih yang ada di balik tokoh kartun Squidward dan Shaggy dalam Scooby Doo, kini rasa penasaranmu terbayarkan. Ia adalah Jumali Prawirorejo, seorang dubber yang telah berkarir sejak tahun 1991. Ternyata nggak hanya tokoh Squidward dan Shaggy aja nih, ia juga pernah mengisi suara dalam film Ice Age sebagai Diego. Sekarang udah ngerti kan kenapa suara Squidward dan Shaggy mirip?

9. Wiwiek Supadmi

Pecinta kartun Dragon Ball pasti udah nggak asing lagi dong sama tokoh Son Goku, Son Gohan, dan Son Goten? Tahukah kamu, ketiga tokoh tersebut ternyata diisi suara oleh seorang perempuan bernama Wiwiek Supadmi. Keren ya, seorang ibu-ibu bisa memiliki karakter suara yang pas dengan tokoh anak cowok Jepang. Son Goku dan Son Gohan memang diisi suara olehnya, tapi untuk Son Goten, ia hanya mengisi suara Goten ketika kecil. Cool!

10. Ian Syaibani

Satu lagi tokoh kartun Jepang yang pasti ditonton oleh anak-anak 90-an di hari Minggu. Apalagi kalau bukan superhero cilik bernama P-Man. Pengisi suara Mitsuo, tokoh utama dalam P-Man, adalah Ian Syaibani. Ia adalah seorang penyiar radio yang juga menjadi dubber untuk beberapa tokoh kartun lainnya. Salah satu tokoh kartun lain adalah Ben 10 dan beberapa tokoh di film kartun Naruto. Jadi kangen kartun-kartun jadul deh.

Itulah kesepuluh dubber yang suaranya kita rindukan untuk kembali mengisi suara tokoh-tokoh kartun zaman kita kecil dulu. Dengan mendengar suara tokoh-tokoh kartun kesukaan aja rasanya kita langsung semangat bangun tidur pagi-pagi untuk menonton acara TV kesayangan kia tersebut ya. Jadi, kamu paling kangen yang mana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES