Inilah 10 Film yang Meraih Nominasi Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

Sumber Gambar

Pada bulan kemarin, tepatnya pada tanggal 26 Februari 2017, para pelaku industri film Hollywood baru saja merayakan Academy Awards yang ke-89. Dalam perayaan kali ini, film Moonlight yang digarap oleh Barry Jenkins selaku sutradara, berhasil meraih kemenangan puncak sebagai film terbaik di tahun 2016. Dalam perayaan kemarin itu, film La La Land adalah film yang mendapatkan nominasi dan penghargaan terbanyak loh. Nah, selain La La Land, kamu udah pada tahu belum film apa aja yang berhasil meraih nominasi Oscar terbanyak sepanjang sejarah Academy? Di bawah ini, kamu bisa lihat 10 film yang meraih nominasi Oscar terbanyak sepanjang sejarah perfilman Hollywood. Langsung aja yuk, kepoin di bawah ini!

1. Mary Poppins (1964) – 13 nominasi, 5 piala

www.youtube.com

Film yang mengisahkan tentang seorang pengasuh ajaib bernama Mary Poppins (Julie Andrew) yang mendapatkan amanat untuk mengasuh kedua anak nakal bernama Jane (Karen Dotrice) dan Michael (Matthew Garber) ini mendapat nominasi Oscar untuk aktris pemeran utama terbaik, penyuntingan film terbaik, efek visual terbaik, musik orisinal terbaik, skoring suara orisinal terbaik, film terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip adaptasi terbaik, sinematografi berwarna terbaik, desain produksi terbaik, desain kostum terbaik (berwarna), pembauran suara terbaik, dan skoring suara adaptasi terbaik.

Pada perayaan Academy Awards tahun 1965, film ini meraih kemenangan untuk nominasi aktris pemeran utama terbaik (Julie Andrews), penyuntingan terbaik (Cotton Waburton), efek visual terbaik (Peter Ellenshaw, Hamilton Luske, dan Eustace Lycett), Musik orisinal terbaik (Richard M. Sherman dan Robert B. Sherman), dan skoring suara orisinal terbaik (Richard M. Sherman dan Robert B. Sherman). Oh iya, film ini bakal dibuat lagi dengan menampilkan Emily Blunt sebagai tokoh Mary Poppins loh!

2. Who’s Afraid of Virginia Woolf? (1966) – 13 nominasi, 5 piala

www.youtube.com

Film yang secara garis besar menyoroti perseteruan antara tokoh George (Richard Burton) dan Martha (Elizabeth Taylor) sebagai pasangan suami istri ini mendapat nominasi Oscar untuk kategori aktris pemeran utama terbaik, aktris pemeran pendukung terbaik, sinematografi hitam-putih terbaik, desain produksi terbaik, desain kostum terbaik (hitam putih), film terbaik, aktor pemeran utama terbaik, aktor pemeran pendukung terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip adaptasi terbaik, pembauran suara terbaik, penyuntingan terbaik, dan musik orisinal terbaik.

Pada pengumuman pemenang Academy Awards 1967, film ini dinyatakan memenangkan penghargaan untuk kategori aktris pemeran utama terbaik (Elizabeth Taylor), aktris pemeran pendukung terbaik (Sandy Dennis), sinematografi hitam putih terbaik (Haskell Wexler), desain produksi terbaik (Richard Slybert dan George James Hopkins), dan desain kostum terbaik (Irene Sharaff).

3. Forrest Gump (1994) – 13 nominasi, 6 piala.

www.youtube.com

Film yang mengisahkan perjalanan seorang laki-laki bernama Forrest Gump (Tom Hanks) yang kemampuan IQ-nya berada di bawah rata-rata ini memborong nominasi Oscar untuk kategori film terbaik, aktor pemeran utama terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip adaptasi terbaik, penyuntingan terbaik, efek visual terbaik, aktor pemeran pendukung terbaik, sinematografi terbaik, desain produksi terbaik, pembauran suara terbaik, penyuntingan suara terbaik, penata rias dan rambut terbaik, serta skoring suara orisinal terbaik.

Pada perayaan Academy Awards tahun 1995, film ini memborong penghargaan Oscar untuk kategori film terbaik (Wendy Finerman, Steve Starkey, dan Steve Tisch), aktor pemeran utama terbaik (Tom Hanks), penyutradaraan terbaik (Robert Zemeckis), penulisan skrip adaptasi terbaik (Eric Roth), penyuntingan terbaik (Arthur Schmidt), dan efek visual terbaik (Ken Ralston, George Murphy, Stephen Rosenbaum, dan Allen Hall).

4. Chicago (2002) – 13 nominasi, 6 piala

www.youtube.com

Film yang menyoroti kisah-kisah seputar kasus kriminal pada tahun 1924 di Chicago ini memborong nominasi untuk kategori film terbaik, dua nominasi untuk aktris pemeran pendukung terbaik, desain produksi terbaik, desain kostum terbaik, penyuntingan terbaik, pembauran suara terbaik, aktris pemeran utama terbaik, aktor pemeran pendukung terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip adaptasi terbaik, sinematografi terbaik, dan musik orisinal terbaik. 

Pada pengumuman pemenang nominasi pada saat perayaan Academy Awards tahun 2003, film ini mendapatkan kemenangan untuk kategori film terbaik (Martin Richards), aktris pemeran pendukung terbaik (Catherine Zeta-Jones), desain produksi terbaik (John Myhre dan Gordon Sim), desain kostum terbaik (Colleen Atwood), penyuntingan terbaik (Martin Walsh), dan pembauran suara terbaik (Michael Minkler, Dominick Tavella, dan David Lee).  

5. Shakespeare in Love (1998) – 13 nominasi, 7 piala

www.youtube.com

Film biografi yang menceritakan masa-masa saat William Shakespeare (Joseph Fiennes) tengah mencari inspirasi untuk karya terbarunya ini mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori film terbaik, aktris pemeran utama terbaik, aktris pemeran pendukung terbaik, penulisan skrip terbaik, desain produksi terbaik, desain kostum terbaik, skor orisinal terbaik, aktor pemeran pendukung terbaik, penyutradaraan terbaik, sinematografi terbaik, pembauran suara terbaik, penyuntingan terbaik, dan penata rias dan rambut terbaik.

Di perayaan Academy Awards tahun 1999, film ini memborong penghargaan Oscar untuk kategori film terbaik (David Parfitt, Donna Gigliotti, Harvey Weinstein, Edward Zwick, dan Marc Norman), aktris pemeran utama terbaik (Gwyneth Paltrow), aktris pemeran pendukung terbaik (Judi Dench), penulisan skrip terbaik (Marc Norman dan Tom Stoppard), desain produksi terbaik (Martin Childs dan Jill Quertier), desain kostum terbaik (Sandy Powell), dan skoring orisinal terbaik (Stephen Warbeck).

6. Gone With The Wind (1939) – 13 nominasi, 8 piala

www.youtube.com

Film yang diangkat dari novel karya Margaret Mitchell pada tahun 1936 dengan judul yang sama ini mendapatkan nominasi untuk kategori aktris pemeran utama terbaik, dua nominasi untuk aktris pemeran pendukung terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip terbaik, sinematografi berwarna terbaik, desain produksi terbaik, penyuntingan terbaik, film terbaik, aktor pemeran utama terbaik, penyuntingan suara terbaik, efek visual terbaik, dan musik serta skor orisinal terbaik.

Pada Academy Awards tahun 1940, film ini juga mendapatkan penghargaan khusus di luar nominasi, yakni penghargaan untuk sumbangan atas estetika dalam teknis pembuatan film, yang diserahkan kepada William Cameron Manzies dan R. D Musgrave. Untuk penghargaan di dalam nominasinya sendiri, film ini memborong kemenangan untuk kategori aktris pemeran utama terbaik (Vivien Leigh), aktris pemeran pendukung terbaik (Hattie McDaniel), penyutradaraan terbaik (Victor Fleming), penulisan skrip terbaik (Sydney Howard), sinematografi berwarna terbaik (Ernest Haller dan Ray Rennahan), desain produksi terbaik (Lyle R. Wheeler), penyuntingan terbaik (Hal C. Kern dan James E. Newcom), serta film terbaik.

7. From Here to Eternity (1953) – 13 nominasi, 8 piala

www.youtube.com

Film yang menceritakan seluk-beluk kehidupan prajurit di era Perang Dunia ke-2 ini mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori film terbaik, aktor pemeran pendukung terbaik, aktris pemeran pendukung terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip terbaik, sinematografi hitam putih terbaik, penyuntingan suara terbaik, penyuntingan gambar terbaik, dua nominasi untuk aktor pemeran utama terbaik, aktris pemeran utama terbaik, desain kostum hitam putih terbaik, dan musik orisinal terbaik.

Pada pengumuman pemenang Academy Awards tahun 1954, film ini dinyatakan memenangkan penghargaan untuk nominasi film terbaik (Buddy Adler), aktor pemeran pendukung terbaik (Frank Sinatra), aktris pemeran pendukung terbaik (Donna Reed), penyutradaraan terbaik (Fred Zinnemann), penulisan skrip terbaik (Daniel Taradash), sinematografi hitam putih terbaik (Burnett Guffey), penyuntingan suara terbaik (John P. Livadary), dan penyuntingan gambar terbaik (William A. Lyon).  

8. All About Eve (1950) – 14 nominasi, 6 piala

www.youtube.com

Film yang menceritakan seluk-beluk kehidupan aktris yang mulai mengkhawatirkan penuaannya ini mendapat nominasi Oscar untuk kategori aktor pemeran pendukung terbaik, penyutradaraan terbaik, penulisan skrip terbaik, desain kostum hitam-putih terbaik, penyuntingan suara terbaik, film terbaik, dua nominasi untuk aktris pemeran utama terbaik, dua nominasi lagi untuk aktris pemeran pendukung terbaik, sinematografi hitam-putih terbaik, desain produksi hitam-putih terbaik, penyuntingan gambar terbaik, dan skoring suara terbaik.

Dalam acara Academy Awards tahun 1951, film ini dinyatakan memenangkan penghargaan untuk aktor pemeran pendukung terbaik (George Sanders), penyutradaraan terbaik (Joseph L. Mankiewickz), penulisan skrip terbaik (Joseph L. Mankiewickz), desain kostum hitam-putih terbaik (Edith Head dan Charles Le Maire), penyuntingan suara terbaik (Thomas T. Moulton), serta film terbaik (Darryl F. Zanuck).

9. La La Land (2016) – 14 nominasi, 6 piala

www.youtube.com

Film yang mengisahkan pertemuan dua orang yang bermimpi untuk menjadi seniman besar ini mendapatkan nominasi untuk kategori aktris pemeran utama terbaik, penyutradaraan terbaik, sinematografi terbaik, skor suara orisinal terbaik, dua nominasi musik orisinal terbaik, desain produksi terbaik, film terbaik, aktor pemeran utama terbaik, penulisan skrip orisinal terbaik, penyuntingan gambar terbaik, desain kostum terbaik, pembauran suara terbaik, dan penyuntingan suara terbaik.

Pada perayaan Academy Awards 2017, film ini mendapatkan penghargaan untuk nominasi aktris pemeran utama terbaik (Emma Stone), penyutradaraan terbaik (Damien Chazelle), sinematografi terbaik (Linus Sandgren), skor suara orisinal terbaik (Justin Hurwitz), musik orisinal terbaik (Justin Hurwitz, Benj Pasek, dan Justin Paul), serta desain produksi terbaik (David Wasco dan Sandy-Reynolds Wasco).

10. Titanic (1997) – 14 nominasi, 11 piala

www.youtube.com

Film yang mengisahkan tenggelamnya kapal Titanic yang terjadi pada tahun 1912 ini adalah film yang meraih penghargaan Oscar terbanyak sepanjang masa. Film ini mendapat nominasi untuk kategori film terbaik, penyutradaraan terbaik, sinematografi terbaik, desain produksi terbaik, desain kostum terbaik, pembauran suara terbaik, penyuntingan gambar terbaik, penyuntingan gambar terbaik, efek visual terbaik, lagu orisinal terbaik, skor suara orisinal terbaik, aktris pemeran utama terbaik, aktris pemeran pendukung terbaik, serta penata rias dan rambut terbaik.

Pada pengumuman pemenang di Academy Awards tahun 1998, film ini memborong penghargaan untuk kategori film terbaik (James Cameron dan Jon Landau), penyutradaraan terbaik (James Cameron), sinematografi terbaik (Russell Carpenter), desain produksi terbaik (Peter Lamont dan Michael Ford), desain kostum terbaik (Deborah Lynn Scott), pembauran suara terbaik (Gary Rydstrom, Tom Johnson, Gary Summers, dan Mark Ulano), penyuntingan gambar terbaik (Conrad Buff IV, James Cameron, dan Richard A. Harris), penyuntingan suara terbaik (Tom Bellfort dan Christopher Boyes), efek visual terbaik (Robert Legato, Mark A. Lasoff, Thomas L. Fisher, dan Michael Kanfer), lagu orisinal terbaik (James Horner dan Will Jennings), serta skor suara orisinal terbaik (James Horner).

Itu dia 10 film yang berhasil meraih nominasi terbanyak selama sejarah Academy Awards. Ternyata, hingga saat ini, film Titanic masih menduduki peringkat pertama sebagai peraih penghargaan terbanyak loh! Kira-kira di Academy Awards tahun berapa yah, kedudukannya bakal tergantikan oleh film lain?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

loading