Heath Ledger dan Perannya Sebagai Joker yang Harus Dibayar Seharga Nyawa

20 Juli 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Bagi penggemar film Batman pasti familiar banget dengan salah satu tokoh yang kontroversial, apalagi kalau bukan musuh bebuyutannya yaitu Joker. Salah satu aktor yang pernah memerankan karakter Joker ini adalah Heath Ledger. Ia adalah aktor dan sutradara video musik asal Australia yang lahir pada 4 April 1979. Selain memerankan karakter Joker di film The Dark Night pada tahun 2008, sudah ada beberapa film yang dibintanginya di tahun-tahun sebelumnya. Seperti film 10 Things I Hate About You (1999), Brokeback Mountain (2005), dan lainnya.

Perannya sebagai Joker di film The Dark Knight besutan Christopher Nolan memang menjadi karirnya yang terakhir sebelum ia meninggal. Di film tersebut, Ledger memang berhasil mengantongi piala Oscar. Perihal kematiannya memang sering disangkut pautkan tentang obsesinya mengenai karakter Joker tersebut? Apakah benar dugaan tersebut? 

Menurut fakta yang baru diungkap oleh New York Post, Senin 24 Oktober 2016, apartemen yang ditempati oleh Ledger merupakan sebuah “kuil” bagi Joker. Ledger ditemukan telanjang di apartemen tersebut pada tanggal 22 Januari 2008 oleh seorang tukang pijit yang datang karena sudah janjian sebelumnya. Penyidik kepolisian menemukan ruangan yang berisi penuh tumpukan berisi komik Batman, banyaknya literatur mengenai badut dan Joker, boneka badut berbagai ukuran, hingga rekaman suara Ledger saat sedang menjadi Joker. Rupanya memang Ledger melakukan penelitian yang mendalam dengan perannya tersebut. Ia bermaksud untuk memerankan peran Joker dengan sempurna, melebihi beberapa tokoh yang sudah lebih dahulu memerankan karakter tersebut.

Menurut wawancaranya dengan majalah Empire, Ledger menjelaskan bagaimana caranya untuk kembali menghidupkan karakter Joker. Ia mengurung diri di sebuah kamar hotel di London selama sebulan. Saat pengasingannya tersebut ia isi dengan menulis buku harian dan melakukan eksperimen dengan merekam banyak contoh vokal Joker demi mendapat suara dan tawa yang ikonik. Selain itu, penghayatan terhadap karakter Joker memang selalu dilakukan setiap hariya. Pada saat syuting film The Dark Knight, ada beberapa hari di mana Ledger harusnya libur. Ia selalu muncul di lokasi syuting tersebut lengkap dengan atribut Jokernya. Dengan karakter Joker yang misterius, seringkali Ledger diajak bercengkrama dengan para kru supaya tidak terus-terusan menyendiri. Walaupun tetap dengan kelengkapan atribut Jokernya. 

Sedangkan menurut catatan medis, penyebab resmi kematian Ledger adalah keracunan berbagai obat, seperti alprazolam, hydrocodone, temazepam, diazepam, oxydocone, dan oxydocone. Berbagai obat tesebut memang masuk dalam kategori obat penenang, pain killer, dan obat untuk mengatasi insomnia. Hal tersebut memang sejalan dengan persoalan yang dia alami selama ini. Ledger pernah mengatakan pada koran New York Times pada November 2007 bahwa perannya dalam film The Dark Knight dan I’m Not There memang membuatnya selalu kesulitan untuk tidur. Ia pernah menenggak obat tidur namun sejam kemudian ia kembali terjaga dengan kondisi pikiran yang tetap bergejolak. 

Saat kematiannya, film The Dark Knight memang sudah rampung diproduksi. Ledger pun saat itu diketahui sedang terlibat dengan sebuah film lainnya. Namun rupanya peran sebagai Joker memang tetap melekat padanya, malah lebih cenderung menghantui kehidupan Ledger hingga hari hayat.

Kepopuleran Heath Ledger setelah sukses memerankan karakter Joker hingga bisa memboyong piala Oscar memang tidak bisa dinikmati olehnya secara langsung. Penghayatannya terhadap karakter Joker memang nampaknya harus dibayar setara dengan nyawa. Namun perannya sebagai Joker yang membuatnya menjadi legenda tak akan pernah mati. Malah seperti menambah PR baru untuk aktor yang memerankan Joker selanjutnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES