Hampir Tanpa Kata-Kata, Inilah 5 Alasan Film A Quiet Place Terasa Istimewa

www.youtube.com

Bagi sebagian film, dialog merupakan sebuah tombak dalam menyampaikan cerita kepada penonton. Tapi di film besutan John Krasinski ini, dialog bukanlah menjadi persoalan utama, melainkan lebih ke rasa penasaran akan makhluk mengerikan apa yang menjadi teror di dalam film. A Quiet Place benar-benar mengandalkan ketidaktahuan penonton untuk membuat kesan menakutkan yang berbeda dari film-film horor vintage besutan James Wan. 

Bukan sosok hantu menyeramkan ataupun adegan kesurupan yang jadi daya tarik di film ini. Justru rasa penasaran itulah yang menjadi ‘bintang utama’ di film pertama John Krasinski. Tak banyak info atau sinopsis pula yang secara terang-terangan membahas A Quiet Place. Namun secara senyap, film ini banyak dibahas di media saat ini. Terlepas dari kesuksesannya, 5 hal ini mungkin yang menjadi alasan kuat kenapa film horor ini begitu terasa istimewa. 

1. Berani keluar dari zona nyaman film horor

www.nytimes.com

A Quiet Place hadir menebas dominasi film-film horor klasik macam The Conjuring, Annabelle, sampai Insidious. John Krasinski membuktikan jika horor tak selalu harus menakut-nakuti penonton dengan gambaran rumah angker dan suasana vintage. Tetapi ia justru menebar teror lewat teknik pengambilan gambar, iringan musik, hingga teknik penyutradaraan yang benar-benar memaksimalkan ancaman dari sosok sekelebat. 

Konsep yang diterapkan di film A Quiet Place memang bukan yang pertama, tetapi sang sutradara bisa memanfaatkan konsep ini begitu matang bahkan nyaris sempurna. Hal ini membuat orang yang sudah bosan dicekoki konsep film horor klasik, merasa A Quiet Place menjadi oasis di tengah-tengah gurun. 

2. Drama keluarga serta teror menakutkan menjadi kombinasi yang tepat

www.hindustantimes.com

Memiliki keluarga yang hidup di tengah-tengah makhluk ganas yang sangat peka akan suara mungkin bukan jadi life goals banyak orang. Bahkan hampir tak ada yang menginginkan posisi tersebut. Pemeran ayah sekaligus sutradara, John Krasinski secara maksimal memperlihatkan perjuangan sosok ayah dalam melindungi anggota keluarganya dari serangan makhluk mengerikan. 

Bukan hanya sekadar mencari makan dan melindungi keluarganya saja, Lee Abbot (John Krasinski) harus membimbing istri dan ketiga anaknya untuk selalu berhati-hati di setiap langkahnya. Karena sedikit saja bersuara, maka nyawa lah taruhannya. Drama pun semakin kentara saat adegan sang istri melahirkan. Di mana persalinan adalah kegiatan manusia yang paling bising dan berisik disusul dengan tangisan pecah seorang bayi. Mampukah Evelyn Abbott (Emily Blunt) melahirkan dengan mode getar? 

3. Rasa penasaran menjadi kunci utama dalam film

www.vulture.com

Rasa penasaran penonton di film ini benar-benar dijaga sampai bagian akhir film. Sebuah teror yang muncul dari ancaman makhluk misterius, menjadi sosok antagonis yang sempurna dan lebih menyeramkan dibanding ibu mertua sosialita. Jeniusnya, John Krasinski tahu persis bagaimana menjaga ketegangan yang dialami penonton tetap stabil walau sosok tersebut jarang dimunculkan. 

4. Tanpa banyak dialog, para pemeran terlihat totalitas dalam berakting
www.star2.com

Awal film memperlihatkan lima anggota keluarga sedang asyik berkeliaran dan menjarah isi sebuah toko yang ditinggalkan. Sangat jelas jika gelagat mereka terlihat begitu hati-hati seperti menghindari suara atau bunyi-bunyian yang bisa memicu bahaya. Hal tersebut semakin kentara saat semuanya saling berkomunikasi, namun hanya bahasa isyarat lah yang mereka gunakan. 

90% adegan dibuat tanpa dialog, semuanya menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi dengan tetap memunculkan subtitle. Saat berbisik dan berkomunikasi dengan sunyi inilah akting para pemain terlihat begitu mendalami. Karena hampir seisi film hanya menggunakan gerak tangan dan ekspresi sebagai sarana penyampaian pesan. 

5. Aura senyap di film menular ke seluruh bioskop
www.businessinsider.sg

Suara renyah keripik, dering ponsel, sampai batuk sekali pun mungkin menjadi hal yang paling meresahkan saat menonton film ini. Tanpa ada aba-aba ‘huuuussst’ dari orang lain, seisi bioskop pun dengan sendirinya menjadi tak bergeming. Suasana film benar-benar menularkan kesunyiannya begitu film baru dimulai. Mungkin sepintas terasa seperti menonton sendirian di dalam bioskop.  Kapan lagi bisa nonton dengan tentram sampai akhir kalo bukan saat nonton film A Quiet Place?

A Quiet Place jadi bukti jika film horor bukan hanya soal tentang hantu berwajah seram, tetapi kesan horor juga bisa muncul dari sebuah ancaman. Jika kamu berharap film ini mampu membuatmu menutup mata karena sosok seram, maka kamu salah sasaran. Boleh dikatakan, film ini mampu menjadi hiburan berkesan dan angin segar di antara film horor klasik yang semakin hari semakin terasa banal.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Lawakannya Masih Terasa Melempem, Kredibilitas Zombie di ‘Reuni Z’ Jadi Penyelamat Film

Lawakannya Masih Terasa Melempem, Kredibilitas Zombie di ‘Reuni Z’ Jadi Penyelamat Film

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek!  - Keepodotme

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek! - Keepodotme

Teman Tapi Menikah: Kisahnya Viral dan Sukses di Pasaran, Tapi Bagaimana dengan Filmnya?

Teman Tapi Menikah: Kisahnya Viral dan Sukses di Pasaran, Tapi Bagaimana dengan Filmnya?

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

12 Perbedaan Wajah Karakter Utama di Serial Anime dan Live-Action, Mirip Nggak?

12 Perbedaan Wajah Karakter Utama di Serial Anime dan Live-Action, Mirip Nggak?

loading