Grup Musik Favorit Ini Sayangnya Cuma Ada di Dalam Film!

Sumber Gambar

Salah satu aspek yang penting dalam film adalah kekuatan karakter tokoh yang berpolah dalam plot cerita. Ketika keikonikan suatu tokoh membuat tokoh itu menjadi legenda hidup, artinya tokoh dalam film tersebut telah dianggap berhasil membuat semacam koneksi khusus dengan penonton sehingga dirinya menjadi sulit terlupakan. Dan ternyata, salah satu faktor yang membuat jalinan antara penonton dan tokohnya menjadi lebih mungkin adalah musik lho! Dalam film kita seringkali diperkenalkan oleh drama yang diselipi oleh nuansa musik, yang biasanya disebut sebagai drama musikal. Dalam film yang berbau drama musikal, tentunya kita bakal mengenal sosok-sosok tokoh yang ditampilkan sebagai pemain musik dan terkadang aktor-aktornya sendiri lah yang bener-bener memainkan instrumen musik dan berakting layaknya pemain musik beneran. Entah kenapa nuansa musikal dalam film bisa memperkuat jalinan tokoh dengan penontonnya. Tapi yang jelas, grup-grup musik di bawah ini berhasil menjadi grup yang digemari meskipun mereka hanya grup musik fiksi!

1. Mouse Rat dalam Parks and Recreation (2009-2015)

www.youtube.com

Meskipun memiliki banyak nama, para fans setia dari serial Park and Recreation yang berakhir di tahun lalu lebih menyukai grup ini dengan sebutan “Mouse Rat”. Diperkirakan grup fiksional ini mengadaptasi musik-musik Matchbox Twenty, The Fray, dan Eddie Vedder. Lagu terfavorit: “5000 Candles In The Wind”

2. The Lone Rangers dalam Airheads (1994)

www.youtube.com

Grup metal yang hanya muncul dalam film komedi ini beranggotakan Chaz (Brendan Fraser), Rex (Steve Buscemi), dan Pip (Adam Sandler). Dari aktor-aktornya aja udah ketauan kalo grup musik ini pasti dalam filmnya diceritakan sebagai kumpulan orang-orang nggak beres. Lagu Terfavorit: “Degenerated”

3. Sex Bob-Omb dalam Scott Pilgrim vs The World (2010)

www.youtube.com

Grup musik yang mengkombinasikan semangatnya musik punk dan gaharnya aliran grunge ini merupakan salah satu grup fiksional yang banyak disukai oleh para penontonnya. Dengan suara bass distorsi yang khas, Scott Pilgrim (Michael Cera) dan kedua temannya berhasil menjadi ikon dalam film yang dirilis enam tahun yang lalu ini. Lagu terfavorit: “Threshold”

4. The Weird Sisters dalam Harry Potter and The Goblet of Fire (2005)

www.youtube.com

Meskipun grup ini tidak terlalu banyak diekspos dalam filmnya, yakni hanya sekilas ketika film sedang berada pada bagian saat pesta dansa, The Weird Sisters pernah disebutkan beberapa kali dalam novel serial Harry Potter sebagai grup musik penyihir yang berasal dari Kanada. Dalam filmnya, grup musik ini diisi oleh personil gabungan dari grup musik Pulp dan Radiohead. Lagu terfavorit: “This Is The Night”  

5. Soggy Bottom Boys dalam O Brother, Where Art Thou? (2000)

www.youtube.com

Grup musik yang hanya muncul dalam film garapan Coen bersaudara ini ternyata berhasil menarik simpati dari para penontonnya. Bahkan, grup ini sempet dicanangkan sebagai salah satu fenomena dalam kultur pop yang menghebohkan penggemar film di awal millenium lho! Apalagi Coen bersaudara menyatakan bahwa musik-musik dalam film ini merupakan komponen utama, bukan hanya sebagai latar atau pengiring saja. Lagu terfavorit: “I Am A Man of Constant Sorrow”

6. Steel Dragon dalam Rock Star (2001)

www.youtube.com

Kisah grup musik ini merupakan adaptasi dari kisah grup Judas Priest yang mengalami pergantian personil. Uniknya, orang yang menggantikan Rob Halford sebagai vokalis band heavy metal ini adalah vokalis dari grup musik tribute Judas Priest yang selalu membawakan lagu-lagu dari grup yang dibentuk semenjak tahun 1969 tersebut. Lagu terfavorit: “We All Die Young”

7. Spinal Tap dalam This Is Spinal Tap (1984)

www.youtube.com

Grup musik parodi ini dibentuk dengan mengkiblatkan aliran musiknya dari musisi rock terkenal seperti AC/DC, David Bowie, dan The Byrds. Uniknya, para aktor yang menjadi personil grup ini sempat manggung beberapa kali juga loh! Lagu terfavorit: “Tonight I’m Gonna Rock You Tonight”

8. Hedwig and The Angry Inch dalam Hedwig and The Angry Inch (2001)

www.youtube.com

Grup musik dalam film ini menjadi epik karena vokalisnya adalah seorang yang melakukan operasi pergantian kelamin sehingga dirinya menjadi seorang wanita. Gaya musiknya sendiri dipengaruhi oleh nuansa musik David Bowie, Lou Reed, Freddie Mercury, dan Nirvana. Lagu terfavorit: “Midnight Radio”

9. Stillwaters dalam Almost Famous (2000)

www.youtube.com

Almost Famous merupakan film garapan Cameron Crowe yang diadaptasi dari kisah hidup doi saat bekerja sebagai wartawan di majalah Rolling Stone. Dalam filmnya, Crowe menampilkan band Stillwaters sebagai grup musik yang tengah berusaha untuk membuat namanya gemilang seperti grup-grup yang terkenal pada masa di dalam film, seperti David Bowie, Led Zeppelin, Black Sabbath, dan lain-lain. Lagu terfavorit: “Love Thing”

10. Sadie and The Po Boys/Strawberry Jams dalam Across The Universe (2007)

www.youtube.com

Across The Universe merupakan film drama musikal yang digarap sebagai bentuk persembahan kepada salah satu grup musik yang sangat gemilang namanya dalam kultur pop dunia, yakni The Beatles. Dalam film ini, kita dapat melihat penampilan grup musik yang dipimpin oleh Sadie (Dana Fuchs) dan Jo-jo (Martin Luther) yang tentunya membawakan lagu-lagu yang digarap oleh John Lennon, dkk. Lagu terfavorit: “All You Need Is Love”

11. Barden Bellas dalam Pitch Perfect (2012) dan Pitch Perfect 2 (2015)

www.youtube.com

Dalam kedua film Pitch Perfect yang gosipnya bakal meluncurkan sekuelnya di Natal tahun depan ini, penonton akan dimanjakan oleh musik-musik acapella yang merupakan aransemen dari lagu-lagu populer di dunia nyata. Dan tentunya, grup yang paling menjadi favorit dalam film ini adalah grup tokoh utama yang dipimpin oleh Becca (Anna Kendrick). Lagu terfavorit: “Price Tag-Don’t You (Forget About Me)-Just The Way You Are-Give Me Everything-Party In The U.S.A-Turn The Beat Around” (mashup)

12. Deloris and The Sisters dalam Sister Act (1992)

www.youtube.com

Whoopi Goldberg, aktris komedi yang berperan dalam film ini sebagai Deloris adalah seorang penyanyi yang menjadi saksi atas kasus pembunuhan yang dilakukan oleh suaminya. Dalam rangka program perlindungan saksi, Dolores terpaksa harus tinggal di gereja St. Katharine di mana dia mulai mencoba untuk melatih grup paduan suara gereja yang dinilainya terlalu konservatif. Lagu terfavorit: “My Guy (My God)”  

13. Sing Street dalam Sing Street (2016)

www.youtube.com

Berhubung latar waktu dalam film ini sendiri merupakan era 80-an, grup musik fiksi yang satu ini memiliki aliran musik yang diinspirasi oleh musisi yang booming pada zaman tersebut, seperti The Cure, Duran Duran, The Clash, Hall & Oates, dll. Kocaknya, grup musik ini dibentuk oleh tokoh utamanya Cosmo (Ferdia Walsh-Peelo) untuk menarik perhatian gadis yang disukainya. Lagu terfavorit: “Drive It Like You Stole It”

Pada umumnya, musik biasanya menjadi unsur yang berfungsi sebagai komponen pengiring bagi daya visual yang terpancar dalam film. Namun ketika musik justru dijadikan sebagai fondasi utama film, musik-musik dalam film tersebut dapat menjadi kesan tersendiri bagi penonton yang menyukainya sehingga sosok yang menyuarakan musik dalam film pun dapat menjadi ikon yang tak terlupakan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
100%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Deretan Seleb Bollywood Ini Pilih Pertahankan Rumah Tangga Meski Dikhianati Pasangan | Keepo.me

Deretan Seleb Bollywood Ini Pilih Pertahankan Rumah Tangga Meski Dikhianati Pasangan | Keepo.me

11 Pemeran Wanita dalam Serial Game of Thrones Ini Cantiknya Bikin Mata Melotot!

11 Pemeran Wanita dalam Serial Game of Thrones Ini Cantiknya Bikin Mata Melotot!

Blak-blakan, Nia Ramadhani Ungkap Keluarganya Juga Dinafkahi Ardi Bakrie | Keepo.me

Blak-blakan, Nia Ramadhani Ungkap Keluarganya Juga Dinafkahi Ardi Bakrie | Keepo.me

10 Selebritis Film Hollywood Ini Punya Catatan Kriminal yang Mengerikan Lho!

10 Selebritis Film Hollywood Ini Punya Catatan Kriminal yang Mengerikan Lho!

Viral! Pesepeda Motor Lakukan Hal Tak Senonoh Pada Bagian Intim Gadis Desa Jalur Gowes Malang | Keepo.me

Viral! Pesepeda Motor Lakukan Hal Tak Senonoh Pada Bagian Intim Gadis Desa Jalur Gowes Malang | Keepo.me

Para Aktor ini Memainkan Lagi Peran Ikonik Mereka dalam Video Klip Musik!

Para Aktor ini Memainkan Lagi Peran Ikonik Mereka dalam Video Klip Musik!

loading