Filmnya Sukses, Tapi Kehidupan Pemeran Utama Film The Gods Must Be Crazy Menyedihkan!

10 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
53SHARES

Saat masa liburan tiba, berbagai stasiun televisi berlomba-lomba memutar film spesial liburan. Biasanya sih, film yang diputar telah berulang kali muncul di layar kaca. Salah satu film yang sering menemani masa liburan adalah The God's Must be Crazy. Pernah nonton kan?

Film The God's Must be Crazy mengisahkan tokoh Xixo, anggota suku pedalaman di Afrika, yang terheran-heran saat menemukan benda modern. Salah satu adegan yang mampu memicu gelak tawa penonton adalah saat Xixo mendapatkan botol minuman bersoda yang jatuh dari langit. Xixo menganggap benda tersebut sebagai dewa.

Film bergenre komedi ini dirilis pertama kali tahun 1980. Film yang bernilai 60 juta USD ini sukses menembus box office karena digemari masyarakat dunia. Karena kesuksesannya tersebut, serialnya pun terus dibuat, seperti The God's Must be Crazy II, Crazy Safari Hongkong, dan The God's Must be Funny in China.

Melihat begitu suksesnya film tersebut, tentunya kalian berpikir pemeran utama film ini pasti hidup dalam kemewahan. Sayangnya, hal itu tidak dialami sang pemeran utama The God's Must be Crazy, N!xau. N!xau merupakan salah satu anggota Suku San, suku terasing di Namibia dan Afrika Selatan. Sebelum berperan sebagai Xixo, N!xau bekerja sebagai seorang petani.

Sebagai anggota suku terasing, N!xau tidak mengenal berbagai hal yang berbau modern, termasuk uang. Hal inilah yang menjadikan ia mendapat bayaran sedikit di film pertamanya. Untuk film pertamanya, N!xau hanya mendapat bayaran sebesar 4 juta rupiah. Tentunya, upah tersebut tidak setara mengingat film yang dibintanginya sukses di pasaran. Terlebih lagi, dalam adat Afrika, seorang pria harus menanggung hidup keluarga besarnya. Ya, bisa dibilang N!xau tidak memperoleh kekayaan dari menjadi pemeran utama di film legendaris tersebut.

Di film kedua, N!xau meminta bayaran sebagai pemeran utama yang lebih banyak. Kabarnya, ia meminta bayaran hingga ratusan ribu dollar. Bayaran tersebut digunakannya untuk memperbaiki rumah, khususnya untuk membeli pompa air dan memasang listrik.

Pria kelahiran 16 Desember 1944 ini mengakhiri karier sebagai bintang film setelah bermain di film Sekai Ururun Taizaki (1996). N!xau kembali menjalani kehidupannya sebagai petani.

Namun, kabar mengejutkan datang di bulan Juli 2003. N!xau ditemukan tergeletak tak bernyawa di ladang miliknya. Diduga, penyakit TBC yang dimiliki adalah penyebab kematiannya. N!xau dimakamkan pada 12 Juli 2003.

Meski kini N!xau telah tiada, ia tetap dikenang di hati masyarakat. Tingkah lucunya dalam film akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. N!xau pun bukan orang pertama yang karyanya mendulang sukses namun tidak mendapat imbalan yang setimpal. Hal serupa juga banyak dialami oleh pemeran utama film lain atau bahkan atlet nasional. Duh, sedih ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
53SHARES