Film-film untuk Anak Ini Ternyata Diadaptasi dari Kisah untuk Dewasa

screenrant.com

Kisah yang diangkat dalam film untuk anak-anak, biasanya diadaptasi dari cerita klasik yang sudah diotak-atik sedemikian rupa agar dapat menyesuaikan dengan target pasar. Meskipun begitu, jangan salah, film yang ditargetkan untuk ditonton oleh anak-anak itu belum tentu diadaptasi dari kisah yang memang dibuat untuk anak. Terkadang, rumah produksi seperti Disney pun mengadaptasi kisah dongeng yang sebenarnya memiliki plot yang terlalu ekstrem untuk anak-anak. Dilansir dari grunge.com, inilah film-film populer untuk anak-anak yang ternyata diadaptasi dari kisah khusus untuk dewasa!

1. Snow White & The Seven Dwarfs (1937)

evolutionofdisneymusicpersonalproject.weebly.com

Secara keseluruhan, tidak terlalu banyak yang diubah dalam kisah ini saat diangkat ke layar lebar oleh Disney. Bagian yang diubah adalah cara kematian tokoh penyihir yang berusaha membunuh Snow White. Di kisah aslinya, penyihir tersebut dihukum saat dia menghadiri pernikahan Snow White dengan suaminya. Dia disuruh mengenakan sepatu yang terbuat dari besi yang sangat panas dan disuruh menari sampai mati karena kepanasan.

2. The Little Mermaid (1989)

animefeet.wikia.com

Pada kisah aslinya yang ditulis oleh Hans Christian Andersen, Ariel si putri duyung merasakan penderitaan yang luar biasa dengan kaki barunya karena dia tidak biasa berjalan kaki. Setelah dia mengorbankan kehidupannya di laut, sang pangeran Eric yang dicintainya justru menikah dengan wanita lain. Ariel pun merasakan duka yang mendalam. Saudarinya yang melihat hal itu pun memberikan sebilah pisau kepada Ariel dan mengatakan bahwa Ariel bisa kembali menjadi putri duyung jika dia membunuh Eric dan meneteskan darahnya ke kaki Ariel.

Namun, Ariel tidak bisa membunuh orang yang dicintainya itu. Tidak sanggup dengan penderitaan yang harus dirasakannya, Ariel pun melemparkan dirinya ke laut dan mati karena tenggelam. Menyedihkannya lagi, berhubung dalam kisahnya diceritakan bahwa putri duyung itu tidak memiliki jiwa, dia hanya terurai menjadi buih di lautan dan menghilang di desiran ombak.

3. The Hunchback of Notre-Dame (1996)

www.youtube.com

Kisah yang diadaptasi dari novel berjudul sama, karya Victor Hugo ini memang sudah banyak diangkat menjadi film dalam berbagai versi. Namun, mungkin yang paling populer di kalangan masyarakat pada umumnya adalah versi yang dirilis oleh Disney pada tahun 1996. Kisah Quasimodo yang bertubuh bungkuk ini, dalam filmnya, berakhir secara bahagia saat dia merestui pernikahan sahabatnya—Esmerald—dengan Phoebus yang merupakan mantan pemimpin pasukan Frollo—tokoh antagonis dalam film.

Namun, dalam kisah aslinya, Esmeralda sebenarnya mati karena dihukum gantung oleh Frollo yang tertawa terbahak-bahak saat Esmeralda meregang nyawa. Quasimodo yang merasa kehilangan pun tidak bisa meninggalkan kuburan Esmeralda sampai akhirnya dia meninggal dunia di atas makam sahabat yang dicintainya itu.

4. Frozen (2013)

www.youtube.com

Dalam film animasi yang dirilis oleh Disney, tidak dijelaskan secara jelas bagaimana Elsa dapat memiliki kekuatan untuk mengendalikan es. Akan tetapi, dalam karya aslinya dengan judul The Snow Queen karya Hans Christian Andersen, diceritakan bahwa sebenarnya Elsa adalah iblis salju yang jahat dengan kemampuan dapat membunuh orang yang diciumnya. Dalam film animasinya juga terdapat kaum troll yang merawat tokoh Kai.

Dalam kisah aslinya, diceritakan bahwa kaum troll ini memiliki sebuah cermin ajaib yang dapat memperlihatkan keburukan dari manusia, dan cermin itu tidak sengaja pecah dan pecahannya terbawa angin sampai masuk ke hati manusia. Disebabkan oleh itu, para manusia dalam kisah tersebut jadi memiliki sifat amoral yang selalu melihat keburukan dari manusia lain. Kai yang terkena sihir cermin itu menjadi benci pada keluarganya sendiri. Dia pun terobsesi dengan sang Ratu Salju, yang pada akhirnya memberi Kai sebuah ciuman yang menyebabkan dirinya mati.

5. Anastasia (1997)

www.hollywoodreporter.com

Dalam versi animasinya, dikisahkan bahwa Anastasia adalah seorang anak dari keluarga bangsawan yang menjadi yatim piatu ketika anggota-anggota keluarganya dibunuh. Dalam kisah aslinya yang diangkat dari kisah nyata, sebenarnya Anastasia pun ikut terbantai saat dirinya masih kecil.

6. Puss In Boots (2011)

www.youtube.com

Sosok kucing yang menggemaskan dengan Antonio Banderas sebagai pengisi suaranya ini pertama kali muncul dalam Shrek 2 (2004). Setelah itu, pada tahun 2011, dibuat juga lah film solo yang menceritakan kisah Puss in Boots. Dalam kisah aslinya, digambarkan bahwa Puss in Boots adalah sosok yang sangat licik. Dengan berbagai kelicikannya, dia memberikan pemiliknya seorang kekasih dan sebuah kastil.

7. Sleeping Beauty (1959)

animatedfilmreviews.filminspector.com

Berbeda dengan versi Disney yang mengantarkan kisah seorang putri tidur yang dicium oleh seorang pangeran dan terbangun hingga bisa hidup bahagia selamanya dengan sang pangeran, dalam versi aslinya diceritakan bahwa sang putri tertidur dan diperkosa oleh seorang raja. Tanpa disadari oleh sang putri, dia melahirkan dua anak kembar dari pemerkosaan tersebut. Salah satu anaknya yang lapar pun menyedot jari sang putri sehingga mengeluarkan racun yang membuat dirinya tidur. Saat terbangun, sang putri terkejut karena mendapati dirinya mempunyai dua orang anak.

Begitulah kisah asli dari film-film animasi anak-anak yang ternyata menyimpan sisi gelap. Kalau misalnya kisah aslinya dipertahankan, bakal tetep laku nggak ya?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah Fakta Unik di Balik Pembuatan Sekuel Film Transformers

Inilah Fakta Unik di Balik Pembuatan Sekuel Film Transformers

7 Film Horor Vampir Mandarin Legendaris yang Sukses Bikin Anak 90-an Susah Tidur

7 Film Horor Vampir Mandarin Legendaris yang Sukses Bikin Anak 90-an Susah Tidur

Sambil Menunggu Season 7, Yuk Simak 12 Fakta Unik tentang "Game of Thrones" Ini

Sambil Menunggu Season 7, Yuk Simak 12 Fakta Unik tentang "Game of Thrones" Ini

Buat Kamu Penggemar Film, Inilah 7 Film Hollywood dengan Pendapatan Kotor Tertinggi

Buat Kamu Penggemar Film, Inilah 7 Film Hollywood dengan Pendapatan Kotor Tertinggi

7 Film Terbaik dan Tersukses yang Diadaptasi dari Sebuah Novel

7 Film Terbaik dan Tersukses yang Diadaptasi dari Sebuah Novel

Deretan Film Benyamin Sueb Ini Bikin Kamu Pengen Jadi Biang Kerok

Deretan Film Benyamin Sueb Ini Bikin Kamu Pengen Jadi Biang Kerok

loading