Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Sumber Gambar

Dalam film, penonton memang seringkali dimanjakan oleh tampilan-tampilan lokasi yang bervariasi satu sama lain sehingga penonton tidak menjadi bosan dengan latar yang menjadi lokasi cerita. Hanya saja, film yang hanya menggunakan satu lokasi sebagai fokus ceritanya tuh nggak selalu bikin bosan kok.

Masalah variasi latar itu sebenarnya kembali lagi kepada penyutradaraan dalam film, dan dalam beberapa film yang hanya menggunakan satu lokasi sebagai fokus cerita, penonton masih bisa dikuasai oleh rasa penasaran sehingga mereka tetap menikmati film sampai akhir. Nah, di bawah ini, kamu bisa lihat daftar nama dari beberapa film yang menggunakan satu lokasi saja untuk fokus ceritanya, dan ketegangan dalam film itu justru membuat penonton makin penasaran dengan akhir cerita. Langsung aja kepoin di bawah ini!

1. Green Room (2015)

www.youtube.com

Film beraliran thriller ini menyoroti kisah sebuah band punk bernama The Ain’t Right yang diisi oleh Pat (Anton Yelchin), Sam (Alia Shawkat), Reece (Joe Cole), dan Tiger (Callum Turner). Saat konser mereka dibatalkan, mereka pun akhirnya bermain di bar yang dikuasai oleh para skinhead yang menganut ideologi neo-Nazi. Setelah mereka membawakan lagu yang menuai amarah para skinhead, Pat pun memasuki green room (ruang yang berfungsi sebagai ruang tunggu untuk para penampil sebelum atau sesudah memasuki panggung).

            Saat itu, dia menyaksikan pembunuhan terhadap seorang wanita yang dilakukan oleh anggota band neo-Nazi, dan seluruh orang-orang yang ada di bar itu pun berusaha untuk menghilangkan bukti pembunuhan dengan menahan seluruh anggota The Ain’t Right di bar sebagai saksi dari kasus pembunuhan.

2. The Witch (2016)

www.youtube.com

Film yang berlatar tahun 1630 di New England ini mengisahkan sebuah keluarga yang diteror oleh keberadaan penyihir wanita yang seringkali disebut-sebut dalam cerita rakyat Eropa. Film horor yang mendapatkan banyak apresiasi positif ini memang memberi suasana ketegangan yang cukup intens, bahkan meskipun kemunculan sosok penyihir dalam cerita ini sangatlah minim.

Lokasi yang menjadi latar cerita pun benar-benar hanya di sekeliling rumah sebuah keluarga yang menjadi korban dari teror penyihir wanita. Penyihir yang keberadaannya sendiri seakan-akan menjadi mitos yang disangsikan kebenarannya, terutama oleh ayah dan ibu dari keluarga tersebut yang sangat memegang teguh kepercayaan Kristen.

3. Moon (2009)

www.youtube.com

Film sains fiksi yang bernuansa drama-misteri ini dibintangi oleh Sam Rockwell. Dalam film ini, Rockwell memerankan tokoh astronot bernama Sam Bell, yang dikontrak selama tiga tahun untuk mengoperasikan fasilitas penambangan energi helium di bulan sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi. Saat sedang mengoperasikan alat tambang, dia melihat halusinasi seorang gadis, padahal di fasilitas itu dia satu-satunya manusia, dan hanya ditemani oleh komputer yang dilengkapi oleh fitur AI dengan nama GERTY.

Akibat halusinasi yang dialaminya, Sam mengalami kecelakaan dan mendadak terbangun tanpa mengingat secara detail kejadian sebelumnya. Saat itulah dia merasa penasaran dan mengunjungi kembali lokasi kecelakaan. Di sana dia menemukan dirinya sendiri tengah terbaring, dan menyadari bahwa ada suatu hal yang disembunyikan oleh perusahaan tempat dia bekerja.

4. Funny Games (1997)

www.youtube.com

Film yang hanya berlatar tempat di lokasi pemukiman vila yang mengelilingi sebuah danau. Melalui kedua tokoh antagonisnya, yakni Peter (Frank Giering) dan Paul (Arno Frisch), Michael Haneke selaku sutradara tidak hanya berhasil mengeksplorasi kecemasan dan kesabaran tokoh protagonisnya saja, melainkan penonton pun seakan-akan diuji oleh muslihat-muslihat yang dilontarkan oleh Peter dan Paul.

            Film ini mengisahkan sebuah keluarga kaya yang tengah mengunjungi vila mereka yang terletak di pinggir danau. Tidak lama setelah mereka sampai di lokasi, mereka dikunjungi oleh kedua pemuda yang mengaku bernama Peter dan Paul. Pada awalnya, Anna (Susanne Lothar) - tokoh ibu dalam keluarga - tidak memiliki rasa curiga pada kedua pemuda itu, dan disanalah Anna secara tidak sadar telah meladeni “permainan” yang diatur oleh Peter dan Paul.

5. Buried (2010)

www.youtube.com

Film thriller yang berdurasi 95 menit ini menceritakan seorang supir truk asal Amerika Serikat bernama Paul Conroy (Ryan Reynolds) yang bekerja di Irak. Pada tanggal 3 Oktober 2006, Paul terbangun dan menemukan dirinya sedang berada di sebuah peti mati dalam keadaan dikubur hidup-hidup. Selain itu, tangannya menggenggam sebuah korek api dan telepon genggam.

Saat dia berusaha mencerna apa yang terjadi dengan dirinya, dia baru teringat bahwa truknya diserang oleh teroris yang menyebabkan kematian rekannya. Setelah itu, melalui telepon genggam yang ditinggalkan di peti, penculik Paul menyatakan bahwa dia meminta uang tebusan sebesar lima juta dolar. Jika keinginannya itu tidak dikabulkan sampai pukul sembilan malam, Paul akan terjebak di peti mati dan harus menanti kematiannya secara perlahan.

6. Red Eye (2005)

www.youtube.com

Film thriller yang disutradarai oleh Wes Craven ini, mengisahkan perjalanan seorang manajer hotel bernama Lisa Reisert (Rachel McAdams) dari Texas menuju Miami, Florida. Sebelum dirinya menaiki pesawat yang mengantarkannya pulang ke kota tempat dia bekerja, dia bertemu dengan seorang pria bernama Jackson Rippner (Cilian Murphy).

Saat jadwal keberangkatan pesawat yang hendak dinaikinya mengalami keterlambatan, Lisa pun mengunjungi bar yang terletak di bandara, dan di sana lagi-lagi dia bertemu dengan Jackson dan mereka melakukan perbincangan. Saat akhirnya Lisa naik pesawat, ternyata Jackson duduk bersebelahan dengannya.

Tak lama setelah itu, barulah terungkap bahwa pertemuan mereka memang direncanakan oleh Jackson, yang mengaku pada Lisa bahwa dia adalah anggota dari sekelompok teroris yang hendak membunuh orang penting dalam Departemen Kemanan Dalam Negeri. Lisa pun ternyata adalah orang yang dimanfaatkan oleh Jackson untuk melancarkan misi pembunuhan itu.

7. Fermat’s Room (2007)

www.youtube.com

Dalam Fermat’s Room, diceritakan empat orang ahli matematika yang diundang oleh seorang ahli matematika yang menggunakan nama sandi “Fermat”. Sosok misterius itu mengundang orang-orang terpilih ke sebuah lokasi yang terisolasi dari lingkungan luar setelah sebelumnya empat orang itu menuntaskan teka-teki yang dikirim pada mereka.

Saat mereka berjumpa di lokasi yang sudah ditentukan, masing-masing dari mereka harus menggunakan nama sandi yang diambil dari ahli matematik dan tidak diperbolehkan membuka identitas mereka yang sebenarnya kepada tamu yang lain. Mereka adalah “Galois” (Alejo Sauras), “Oliva” (Elena Ballesteros), “Hilbert” (Lluis Homar), dan “Pascal” (Santi Millan).

Di lokasi yang mereka datangi, ternyata mereka diundang untuk memecahkan kode enigma tersulit yang pernah ada, sebelum ruangan yang mereka tinggali itu menyempit dan menghancurkan tubuh mereka sampai mati.

Gimana? Udah pada nonton film-film di atas belum? Kalau kamu emang penggemar berat film thriller, cobain deh nonton film-film di atas. Penggunaan satu lokasi tuh ternyata berpengaruh pada ketegangan cerita juga lho!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tragis Banget, Kematian 7 Superhero Ini Buat Penonton Sedih! | Keepo.me

Tragis Banget, Kematian 7 Superhero Ini Buat Penonton Sedih! | Keepo.me

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Promosi Terbilang Nyentrik, 5 Film Hollywood ini Laku Keras di Pasaran | Keepo.me

Promosi Terbilang Nyentrik, 5 Film Hollywood ini Laku Keras di Pasaran | Keepo.me

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

5 Aktor Ini Pernah Memicu Kontroversi Karena Berperan Sebagai Tuhan | Keepo.me

5 Aktor Ini Pernah Memicu Kontroversi Karena Berperan Sebagai Tuhan | Keepo.me

Ngagetin! 10 Poster Film Anak Bangsa Ini Ternyata Ngikutin Poster Film Luar

Ngagetin! 10 Poster Film Anak Bangsa Ini Ternyata Ngikutin Poster Film Luar

loading