Film-film Hollywood Terbaik Ini Dibuat Ulang Oleh Negara Lain Lho! (Part 2)

Sumber Gambar

Kemungkinan yang menjadi alasan adanya film yang diinstalasi melalui pengadaptasian terhadap cerita dari film lain adalah kemudahan yang didapatkan dalam proses pembangunan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita. Jadi, ketika sineas menggarap film yang mengacu kepada film populer yang telah dirilis sebelumnya, sineas itu tidak perlu lagi membangun karakter-karakter mulai dari nol, melainkan tinggal mengambil karakter dalam film lain sebagai sampel, dan selanjutnya tinggal disesuaikan dengan budaya yang berlaku di lingkungan sosial sineas tersebut.

Nah, di artikel sebelumnya temen-temen udah lihat beberapa film Hollywood yang dibuat ulang oleh sineas yang berasal industri di luar Hollywood atau dengan kata lain, sineas yang berasal dari negara di luar Amerika Serikat. Selain judul-judul film yang udah dicantumkan di artikel sebelumnya, di bawah ini kamu masih bisa lihat beberapa judul film Hollywood terbaik yang diadaptasi atau dibuat ulang oleh perfilman di luar Hollywood itu sendiri. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Kramer vs. Kramer (1979) — Akele Hum Akele Tum (1995)

Sumber Gambar

Film Kramer vs. Kramer yang menampilkan aktor senior Dustin Hoffman dan Meryl Streep di masa mereka muda ini mendapatkan penghargaan Oscar untuk kategori film terbaik, aktor dan aktris pemeran utama terbaik, penyutradaraan terbaik, serta penulisan skrip adaptasi terbaik pada perayaan Academy Awards tahun 1980.

Akele Hum Akele Tum, yang disutradarai oleh Mansoor Khan, merupakan remake dari Kramer vs. Kramer dalam versi India. “Akele Hum Akele Tum” sendiri artinya adalah “saya hanya sendiri, dan begitu juga kau”. Kedua film ini sama-sama menceritakan kasus perceraian yang berbuntut kepada persaingan untuk mendapat hak asuh anak.

2. What Women Want (2000) — What Women Want (2011)

Sumber Gambar

What Women Want (2000) yang dibintangi oleh Mel Gibson dan disutradarai oleh Nancy Meyers ini menceritakan tentang seorang pria yang memiliki kemampuan untuk mengetahui isi hati wanita dengan menggunakan telepati. Kemampuan itu didapatkannya setelah dia tersetrum oleh pengering rambut.

Film komedi ini diadaptasi oleh perfilman Hong Kong dengan judul yang sama pada tahun 2011. Film dalam versi mandarinnya ini dibintangi oleh Andy Lau, dan ceritanya pun masih serupa, yakni tentang pria yang mampu mendengarkan pikiran wanita melalui telepati.

3. The Good, The Bad, and The Ugly (1966) — The Good, The Bad, and The Weird (2008)

Sumber Gambar

The Good, The Bad, and The Ugly merupakan film yang mengisahkan tentang kisah pemburu hadiah yang berpetualang bersama dengan dua pria yang sama-sama mengejar harta karun pada masa Perang Sipil di Amerika Serikat. Film ini dibuat ulang oleh perfilman Korea Selatan, hanya saja kali ini “the ugly” diganti dengan “the weird”.

Film versi Korea Selatan yang disutradarai oleh Kim Jee-Won ini tayang perdana di Festival Film Cannes pada tahun 2008. Meskipun film ini merupakan remake dari karya Sergio Leone, toh film ini mendapatkan kritik yang positif berkenaan dengan penggarapan sinematografi dan penyutradaraannya.

4. Groundhog Day (1993) — Stork Day (2004)

Sumber Gambar

Kalau sedari tadi kita sudah melihat judul-judul film Hollywood yang dibuat ulang oleh perfilman Asia, film yang satu ini diadaptasi oleh negara yang masih termasuk dalam belahan dunia barat, yakni Italia. Groundhog Day, film fantasi yang dibintangi oleh Bill Murray sebagai pemeran utamanya, mengisahkan tentang pewara dalam segmen ramalan cuaca di televisi yang terjebak dalam hari yang selalu berulang-ulang, atau dengan kata lain, dia terjebak dalam time loop (pengulangan waktu).

Film Stork Day yang dirilis 11 tahun setelah perilisan Groundhog Day adalah remake dalam versi Italia. Perbedaannya, jika dalam Groundhog Day tokoh utamanya adalah pewara ramalan cuaca, dalam Stork Day tokoh utamanya adalah pewara dalam dokumenter yang meliput keindahan alam dan fauna.

5. Purple Rain (1984) —Rain the Color of Blue with a Little Red in It (2015)

Sumber Gambar

Purple Rain adalah drama musikal yang dibintangi oleh musisi jazz bernama Prince Roger Nelson. Film yang mengisahkan tentang perjuangan seorang musisi dalam lingkungan yang penuh dengan kekerasan dan penekanan ini diadaptasi oleh perfilman Republik Niger dengan judul Rain the Color of Blue with a Little Red in It.

Film yang memiliki judul asli Akounak Tedalat Taha Tazoughai ini disutradarai oleh Christopher Kirkley dan dibintangi oleh Mdou Moctar, yang seperti halnya Prince, merupakan musisi yang menjalankan debut aktingnya dalam film musikal ini.

6. Assault on Precinct 13 (1976) — The Nest (2002)

Sumber Gambar

Assault on Precinct 13 yang disutradarai oleh John Carpenter adalah film action-thriller yang mengisahkan tentang perjuangan kesatuan polisi untuk mempertahankan wilayah mereka dari serangan gangster. Uniknya, kesatuan polisi ini bekerja sama dengan beberapa kriminal yang siap membantu mereka untuk mempertahankan wilayah di momen malam tahun baru.

            Film yang sempat di-remake oleh Hollywood pada tahun 2005 ini sempat diadaptasi juga dalam versi Perancis dengan judul The Nest. Film yang memiliki judul asli Nid de guêpes ini disutradarai oleh Florent Emilio Siri.

7. The Proposal (2009) — My Boss (2012)

Sumber Gambar

Film The Proposal yang meraup pemasukan sejumlah empat kali lipat dari biaya produksinya ini mengisahkan tentang seorang asisten editor yang dipaksa menikah oleh atasannya. Penyebab atasannya melakukan hal ini adalah karena dia tidak mau dideportasi ke Kanada yang diakibatkan oleh pelanggaran prosedur kerja yang dilakukannya.

Film yang dibintangi oleh Ryan Reynolds dan Sandra Bullock ini diadaptasi oleh perfilman India dengan judul My Boss yang disutradarai oleh Jeethu Joseph. Selain adaptasi dalam versi India, kabarnya film ini juga diadaptasi ke dalam versi Chinanya, dan kabarnya akan dirilis tahun ini.

Itu dia judul-judul film Hollywood lainnya yang digarap ulang oleh perfilman di luar Hollywood. Bisa jadi masih banyak lho film-film di luar Hollywood yang mengadaptasi film-film dari industri film terbesar itu. Mungkin temen-temen ada yang mau nambahin?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Film-film Hollywood Terbaik Ini Dibuat Ulang Oleh Negara Lain Lho! (Part 1)

Film-film Hollywood Terbaik Ini Dibuat Ulang Oleh Negara Lain Lho! (Part 1)

Inilah 10 Film yang Meraih Nominasi Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

Inilah 10 Film yang Meraih Nominasi Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

loading