Film-film Hollywood Terbaik Ini Dibuat Ulang Oleh Negara Lain Lho! (Part 1)

Sumber Gambar

Industri perfilman Hollywood saat ini bisa dikatakan sebagai industri film mayor yang cukup merajai perfilman populer di dunia. Saking populernya, perayaan Academy Awards saja selalu menarik perhatian dari seluruh dunia. Coba saja lihat di bioskop-bioskop terdekat dari tempat kamu tinggal, teater yang menayangkan film Hollywood tuh bahkan cenderung lebih penuh dibandingkan teater yang menayangkan film nasional.

Terus misalnya kita ambil contoh di negara Uganda, yang saat ini tengah mengembangkan industri perfilman mereka dari tahap yang benar-benar masih minim biaya. Mereka memakai istilah “Wakaliwood” untuk industri kreatif mereka itu. Soalnya, mereka sendiri memang mengadaptasi estetika-estetika perfilman dari film-film Hollywood yang notabene-nya adalah milik Amerika Serikat.

Saking populernya, ternyata ada film-film terbaik Hollywood yang sempat di-remake oleh negara-negara di luar Amerika Serikat dengan menggunakan bahasa negara mereka lho. Padahal pada umumnya kan pihak Hollywood yang biasanya mengadaptasi film-film dari luar Amerika, seperti misalnya The Ring (2002), The Grudge (2004), Shutter (2008), Funny Games (2007), dan masih banyak lagi. Nah, di bawah ini temen-temen bisa lihat beberapa judul film Hollywood yang sempat di-remake di negara lain. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Blood Simple (1984) — A Woman, A Gun, and A Noodle Shop (2009)

Sumber Gambar

Film Blood Simple merupakan film panjang pertama yang dikerjakan oleh Joel dan Ethan Coen, dan film yang mengambil latar di Texas ini diadaptasi oleh Zhang Yimou—sutradara asal China—menjadi film berjudul A Woman, A Gun, and A Noodle Shop pada tahun 2009. Film ini juga memiliki nama lain: A Simple Noodle Story.

Menariknya, Yimou tidak mengadaptasi Blood Simple secara mentah, melainkan sudah melalui proses pengadaptasian dengan budaya di China itu sndiri. Makanya, latar dalam Blood Simple yang mengambil lokasi gurun di Texas pun diubah oleh Yimou menjadi sebuah toko mie yang terletak di provinsi Gansu. 

2. Cellular (2004) — Connected (2008)

Sumber Gambar

Film Cellular yang menampilkan Jason Statham sebagai pemeran tokoh antagonis ini diadaptasi oleh sutradara asal Hong Kong yang bernama Benny Chan. Garis besar ceritanya pun masih sama, yakni tentang seorang pria yang mendapatkan telepon dari wanita yang tidak dikenal dan menyatakan bahwa dirinya sedang menjadi korban penculikan. Connected memiliki judul asli: Bo Chi Tung Wah.

3. Sideways (2004) — Saidoweizu (2009)

Sumber Gambar

Film Sideways yang memenangkan penghargaan untuk penulisan skrip adaptasi terbaik pada perayaan Academy Awards tahun 2005 ini diadaptasi ke dalam versi Jepang yang disutradarai oleh Celin Gluck, sineas asal Jepang yang menjadi asisten sutradara dalam film Transformers (2007).

Kata “saidoweizu” sendiri dihasilkan dari pelafalan penutur Jepang terhadap kata “sideways”. Berbeda dengan A Woman, A Gun, and A Noodle Shop, budaya timur lah yang justru menyesuaikan diri dengan budaya barat pada film Sideways. Soalnya, film Saidoweizu ini sendiri mengambil kota California dan budaya minum anggur sebagai latar dalam cerita.

4. Unforgiven (1992) — Yurusarezaru Mono (2013)

Sumber Gambar

Film Unforgiven yang kental dengan nuansa koboi ala Clint Eastwood ini digarap ulang oleh para sineas Jepang dengan judul Yurusarezaru Mono. Film yang disutradarai oleh Lee Sang-il ini berhasil mengadaptasi budaya koboi di barat ke budaya samurai yang menjadi ciri khas negeri matahari terbit itu, dengan menjadikan situasi pada zaman Meiji sebagai latarnya.

5. Ghost (1990) — Ghost: Mouichido Dakishimetai (2010)

Sumber Gambar

Film Ghost yang dibintangi oleh Patrick Swayze dan Demi Moore ini menceritakan tentang seorang pria yang meninggal dunia dan berusaha untuk menolong kekasihnya meskipun dirinya sudah menjadi arwah gentayangan. Film yang menjadi salah satu ikon film pop di Amerika ini digarap ulang dalam versi Jepang dengan judul Ghost: Mouichido Dakishimetai, yang disutradarai oleh Taro Otani.

Perbedaannya, jika di film Ghost yang meninggal dan menjadi arwah gentayangan adalah sang lelaki, yakni tokoh Sam Wheat (Patrick Swayze), yang meninggal dunia dalam versi Jepang adalah tokoh wanita, yakni Nanami Hoshino (Nanako Matsushina).

6. Reservoir Dogs (1992) — Kaante (2002).

Sumber Gambar

Film Reservoir Dogs karya Quentin Tarantino memang memiliki banyak penganut sehingga film ini dinobatkan menjadi salah satu film cult classic. Makanya, wajar saja jika film ini pun diadaptasi oleh sineas lainnya, yang dalam konteks kali ini dilakukan oleh sineas asal India, dengan judul Kaante.

Kaante disutradarai oleh Sanjay Gupta, dan menampilkan sosok yang sudah tidak asing lagi dalam perfilman Bollywood, yakni aktor senior Amitabh Bachchan yang memerankan tokoh bernama Yashvardhan Rampal. Menurut Tarantino sendiri, Kaante merupakan film favoritnya di antara film-film lain yang mengadaptasi karyanya.

7. The Godfather (1972) — Sarkar (2005)

Sumber Gambar

Satu lagi film cult classic yang diadaptasi oleh perfilman di luar industri Hollywood. Film The Godfather yang merupakan instalasi pertama dari keseluruhan serialnya yang bertotal tiga film ini diadaptasi oleh perfilman Bollywood dengan judul Sarkar. Dalam film yang disutradarai oleh Ram Gopal Varma ini, Amitabh Bachchan berperan sebagai tokoh Subhash Nagre, yang dalam serial The Godfather adalah sosok Vito Corleone yang diperankan oleh Marlon Brando.

Seperti halnya The Godfather, kisah Sarkar pun dirangkum dalam trilogi, yang terbagi menjadi: Sarkar (2005), Sarkar Raj (2008), dan Sarkar 3 (2017).

Itu dia beberapa film terbaik di Hollywood yang diadaptasi dalam versi negara lain di luar Amerika Serikat. Tapi jangan langsung ngacir ke mana-mana dulu ya, soalnya masih ada film Hollywood populer lainnya yang di-remake oleh industri film lainnya lho. Makanya, ikutin terus YuKepo ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah 10 Film yang Meraih Nominasi Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

Inilah 10 Film yang Meraih Nominasi Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

Ngagetin! 10 Poster Film Anak Bangsa Ini Ternyata Ngikutin Poster Film Luar

Ngagetin! 10 Poster Film Anak Bangsa Ini Ternyata Ngikutin Poster Film Luar

loading