Dituduh Gay Hingga Antek Illuminati, 5 Teori Gila Tentang Spongebob Ini Bikin Menangis!

spongebob.wikia.com

Tak perlu diperkenalkan lagi, semua orang pasti sudah tau dengan serial kartun yang satu ini. Pertanyaanya, bagaimana bisa sebuah kartun yang menceritakan kehidupan makhluk laut berbentuk kotak berwarna kuning yang hidup di dalam sebuah rumah nanas menjadi sangat dicintai selama 19 tahun terakhir ini? Apa yang membuatnya spesial sampai sebegitu digemari oleh banyak orang?

Lucu? Tom & Jerry juga lucu. Karakternya beragam? Upin & Ipin juga karakternya beragam. Unik? Nggak lebih unik dari Shaun the Sheep. Lantas apa yang membuat Spongebob begitu memikat hati? Menurut sang animator, Stephen Hillenburg menjelaskan jika kunci kesukesan Spongebob adalah durasinya yang pendek, yakni cuma 11 menit per-episode. Dan juga humornya terletak pada visual bukan verbal. Ditambah dengan karakternya yang memiliki ciri khas masing-masing sehingga Spongebob terlihat berbeda dari kartun-kartun lain.

Terlepas dari rutinnya mendapatkan rating tertinggi, kartun ini ternyata dianggap lebih dari sekadar kartun konyol dan lucu saja. Namun juga ada beberapa teori ‘gila’ di beberapa episodenya. Masa iya? Berikut 5 teori ‘gila’ tentang Spongebob yang bikin kita geleng-geleng kepala. 

1. Benarkah Spongebob mempromosikan perilaku gay?

spongebob.wikia.com

Beberapa media di Amerika Serikat sempat menuding bahwa Spongebob mencontohkan gaya hidup homoseksual. Lho kok bisa? Hal ini didasari oleh karakter utama, yaitu Spongebob yang dianggap selalu bergandengan tangan dengan sahabatnya Patrick, yang mana keduanya merupakan karakter pria. Namun kabar buruk ini dibantah oleh sang animator, Stephen Hillenburg yang menyatakan jika Spongebob adalah aseksual, yakni tidak memiliki kelamin. Jadi menurutnya, karakter Spongebob bisa mewakili setiap orang.

2. Memiliki efek yang bisa membuat penontonnya obesitas

colorslive.com

Mungkin teori yang satu ini terdengar sedikit konyol. Rasanya seperti mustahil hanya dengan menonton sebuah kartun, seseorang bisa menjadi obesitas. Namun pada tahun 2005, sebuah laporan menunjukkan bukti kuat yang membuat anak-anak di Amerika Serikat mengalami penaikkan berat badan, bahkan memicu obesitas. Terus hubungannya sama Spongebob apa? Spongebob menjadi salah satu karakter kartun yang sering digunakan sebagai bintang iklan dalam produk makanan ringan. Hal ini guna untuk memancing perhatian anak-anak untuk membeli produk makanan tersebut karena menjual nama Spongebob. 

Hal ini membuat kongres memandatkan agar para produk makanan untuk tidak menggunakan karakter kartun sebagai media promosi, terlebih lagi untuk makanan yang dianggap kurang sehat. 

3. Membuat otak anak-anak menjadi lemot

www.theodysseyonline.com

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics tentang dampak buruk kartun ini bagi anak-anak berusia 4 tahun. Niat banget yah? Nah, dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa cepatnya pergantian adegan di setiap episode Spongebob bisa menghambat konsentrasi anak-anak usia 4 tahun. 

Menanggapi penelitian ‘terniat’ yang dilakukan American Academy of Pediatrics, pihak Nickelodeon menjelaskan bahwasanya Spongebob memang bukan tontonan untuk anak-anak prasekolah. Spongebob sendiri ditujukkan untuk anak-anak dari usia 6 tahun sampai 11 tahun. Walau pada kenyataannya, banyak juga para remaja yang menggilai karakter bercelana kotak tersebut.

4. Kental akan unsur Illuminati
www.youtube.com

Entah kenapa, semua hal yang selalu berkaitan dengan mata satu selalu sarat akan dajjal, freemason, illuminati atau apalah itu namanya. Seperti yang kita tahu, salah satu karakter di serial Spongebob, Plankton merupakan karakter licik dan jahat dengan ciri-ciri fisik berwarna hijau, kecil, dan bermata satu. Plankton bukanlah satu-satunya hal di serial Spongebob yang berkaitan dengan Illuminati. 

Di salah satu episodenya yang berjudul Cephalopod Lodge, Squidward bergabung dengan sebuah organisasi misterius yang berjubah merah dan mengenakan penutup kepala bersimbol mata satu. Simbol mata satu tersebut dikaitkan dengan All-Seeing Eye yang merupakan lambang dari Illuminati. 

5. Salah satu iklan Spongebob yang dianggap terlalu dewasa untuk anak-anak
www.youtube.com

Pada tahun 2009, Burger King membuat sebuah iklan bertemakan Spongebob yang ditujukan bagi anak-anak. Namun, iklan tersebut dianggap terlalu dewasa bila diperuntukkan sebagai promosi kepada anak-anak. Iklan tersebut memperlihatkan karakter bajak laut sebagai model utama dan didampingi oleh beberapa model wanita cantik berbaju seksi sambil menari-nari. Ditambah dengan lirik lagu pembuka yang mengatakan “Aku suka pantat bersegi.” 

Terlepas dari sisi kontroversinya, Spongebob seperti tak pernah ada matinya sebagai salah satu serial animasi. Bahkan kartun ini menjadi satu-satunya serial Nickelodeon yang masih bertahan selama 19 tahun. Ini menjadi bukti bahwa Spongebob menjadi serial animasi tersukses sepanjang masa.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Terkesan Misterius dan Menyeramkan, 10 Karakter Film Bertopeng ini Tak Tergantikan

Terkesan Misterius dan Menyeramkan, 10 Karakter Film Bertopeng ini Tak Tergantikan

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari  Kitab Suci - Keepodotme

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari Kitab Suci - Keepodotme

Digadang Sebagai Film Marvel yang 'Berbeda', Aksi Black Panther Justru Tampak Melempem. Kenapa?

Digadang Sebagai Film Marvel yang 'Berbeda', Aksi Black Panther Justru Tampak Melempem. Kenapa?

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

6 Serial Kartun Populer Ini Dicekal di Berbagai Negara. Alasannya Bikin Tepok Jidat!

6 Serial Kartun Populer Ini Dicekal di Berbagai Negara. Alasannya Bikin Tepok Jidat!

loading