Deretan Film Benyamin Sueb Ini Bikin Kamu Pengen Jadi Biang Kerok

19 Juni 2017
|Atik Kencana S.

Kancah Benyamin Sueb alias Bang Ben dalam dunia perfilman Indonesia memang gak bisa diragukan lagi. Dengan logat khas Betawinya memang gak bisa dilupain begitu saja. Seumur hidupnya, beliau sudah terlibat dalam 53 judul film. Wah banyak banget ya! Kira-kira film Bang Ben yang mana aja yang pernah kamu tonton? Biar gak penasaran, yuk langsung aja kita liat beberapa film Bang Ben yang paling favorit ini!

1. Benyamin Biang Kerok – 1972

Film yang diperankan oleh Bang Ben dan Ida Royani ini dirilis pada tahun 1972 dengan disutradarai oleh Nawi Ismail. Kisah ini bercerita tentang seseorang bernama Pengki yang diperankan oleh Bang Ben. Pengki selalu mengerjai majikannya yang bernama Johan dan istri, berserta mertuanya. Dengan gaya liciknya, Pengki menjual bensin mobil dan berlagak menjadi tuan besar untuk merayu gadis-gadis cantik. Hingga pada suatu hari penyamarannya terbongkar saat para gadis tersebut datang ke rumah majikannya yang diakui Pengki sebagai rumahnya sendiri. Tamatlah riwayat Pengki di situ.

2. Si Doel Anak Betawi – 1972

Film berlatar keluarga ini disutradarai oleh Sjuman Djaja dan diproduksi pada tahun 1972. Selain dibintangi oleh Bang Ben, film ini juga dibintangi  oleh Tutie Kirana dan Rano Karno. Film ini dibuat berdasarkan novel dengan judul yang sama, karangan Aman Datuk Madjoindo. Film ini bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga yang harus tetap bertahan hidup selepas kematian sang ayah. Kemudian datanglah sang paman yang baik hati memberikan kesempatan untuk Doel bersekolah. Demikian juga untuk membuktikan bahwa anak Betawi masih banyak yang memiliki keinginan untuk sekolah.

3. Intan Berduri – 1972

Satu lagi film Bang Ben yang diproduksi pada tahun 1972 yaitu Intan Berduri. Film ini disutradarai oleh Turino Djunaidy. Di film ini Bang Ben beradu peran dengan salah satu aktris papan atas yaitu Rima Melati. Hebatnya, film ini meraih penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia tahun 1973. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga miskin yang hidup dengan menangkap ikan di sungai. Suatu hari mereka mendapatkan sebuah batu intan di dalam jaringnya. Otomatis seluruh desa geger. Singkat cerita, keluarga tersebut menjadi kaya. Hingga akhirnya diketahui bahwa batu intan tersebut masih terlalu muda untuk diolah. Keluarga tersebut kembali lagi menjadi miskin.

4. Tarzan Kota – 1974

Film Tarzan Kota merupakan film yang diproduksi tahun 1974. Film yang disutradarai oleh Lilik Sudjio ini menampilkan duet maut Benyamin Sueb dan Ida Royani. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Ida bersama ayahnya sedang berburu harimau di hutan. Mereka berdua terpisah. Karena sudah gagal, si ayah kembali ke tenda dan tidak menemukan Ida di sana. Ayah tersebut berkesimpulan bahwa Ida sudah tewas dimakan harimau. Padahal Ida diselamatkan oleh Tarzan. Selang beberapa hari Ida pulang ke rumah dengan mengajak Tarzan. Sesampainya di kota, Tarzan belajar membaca dan menulis serta bergaul dengan teman-teman Ida.

5. Benyamin Tukang Ngibul – 1975

Film Benyamin Tukang Ngibul adalah film yang dirilis pada tahun 1975. Film yang disutradarai oleh Nawi Ismail ini dibintangi oleh Bang Ben dan Grace Simon. Film ini bercerita tentang Benny (yang diperankan oleh Benyamin Sueb) yang ingin merantau ke kota. Sayangnya nasib buruk keburu menghampiri Benny. Uang yang ia punya ludes karena berjudi. Sisa uang yang seadanya ingin digandakannya dengan cara apa pun. Alhasil, ia menempuh cara menjual obat palsu. Kisah ini berakhir ketika obat palsu ini diperkarakan ke kantor polisi.

6. Si Doel Anak Modern – 1976

Film ini merupakan sekuel dari film Si Doel Anak Betawi yang diproduksi pada tahun 1972. Film yang disutradarai ole Sjuman Djaja ini dibintangi oleh Bang Ben, Christine Hakim, dan Tutie Kirana. Film ini menceritakan tentang kelanjutan kisah si Doel setelah lulus sekolah. Doel hanya menganggur di kampung dan terus berharap akan berhasilnya perjodohan. Kala itu Doel sangat mencintai Kristin. Di film inilah diceritakan bagaimana perjalanan si Doel untuk merebut hati Kristin dengan berbagai cara.

7. Raja Copet – 1977

Film yang diproduksi di tahun 1977 ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan Syamsul Fuad sebagai sutradara. Selain menampilkan Benyamin S. Sebagai bintangnya, film ini juga bertabur bintang dengan menampilkan Aida Mustapha, Cahyono, Hamid Arief, John Iskandar, Eddy Gombloh dan Asep Suparman. Film ini menceritakan tentang gembong pencopet yang dipimpin oleh Beniman. Uniknya, gembong pencopet ini tidak boleh mencopet banci dan wanita hamil. Nyatanya, operasi ini banyak yang gagal karena ketidakbecusan anggota dan melanggar pantangan. Hingga akhirnya gembong pencopet ini terbongkar oleh polisi. 

Nah itulah tadi beberapa film Benyamin Sueb yang pernah menghibur kita. Walaupun diproduksi sekitar tahun 1970-an, film-film tersebut masih banyak ditayangkan di televisi-televisi nasional. Terutama pada saat musim liburan. Wah pasti menyenangkan banget saat liburan nonton film Bang Ben. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES