Dari yang Sedih Sampai Menginspirasi, Inilah 7 Film Biografi Terbaik Sepanjang Masa!

09 Oktober 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Film memang bukan hanya menjadi sekadar hiburan semata, namun juga bisa menjadi sebuah media yang memberikan inspirasi bagi para penontonnya. Walaupun film action dan horor menjadi genre film yang paling banyak diminati orang, namun bukan berarti genre film lain tidak dilirik sama sekali. Dari banyaknya berbagai macam film, beberapa film di antaranya terinspirasi dari kehidupan seseorang, dan disebut dengan film biografi. Film biografi memang menjadi salah satu genre film yang paling menginspirasi banyak orang.

Tentu kehidupan sebuah tokoh yang diangkat ke dalam sebuah film bukanlah kehidupan sembarang orang. Ada banyak pelajaran dan lika-liku hidup dari orang-orang tersebut yang layak dijadikan sebuah film. Tak sedikit juga orang yang mengetahui sebuah tokoh inspiratif dari sebuah film. Nah, berikut 7 film biografi terbaik dan paling menginspirasi sepanjang masa!

1. The Imitation Game

The Imitation Game adalah film yang mengisahkan tentang seorang ilmuwan bernama Alan Turing yang berhasil menciptakan mesin penerjemah kode intelijen Jerman di zaman Perang Dunia II. Ada banyak pesan moral yang bisa diambil dari salah satu film biografi terbaik ini. Salah satunya adalah kepribadian Alan Turing sendiri yang merupakan seorang gay, namun ia berhasil membuktikan jika menjadi orang yang berbeda bukan berarti tidak bisa membuat dunia menjadi lebih baik. 

2. The King's Speech

Seorang raja memang sering dipandang sebagai sosok yang wibawa dan agung. Namun, di film ini, kita bisa melihat bagaimana Raja George VI selalu kesulitan untuk berbicara dan gugup saat berpidato. Sebagai sosok orang yang paling terhormat di Inggris, George diharuskan untuk berlatih agar bisa menyampaikan pidato dengan lantang kepada para warga Britania Raya. Pesan yang bisa diambil dari film ini adalah untuk tidak menyerah dengan kekuranganmu, tetap berusaha dan berlatih sampai akhirnya kamu bisa menaklukan rasa takut akan kekuranganmu.

3. The Theory of Everything

The Theory of Everything menjadi salah satu film biografi terbaik yang mengisahkan tentang kehidupan percintaan seorang ahli fisika kenamaan dunia, Stephen Hawking dan mantan istrinya, Jane. Di sini kamu bisa melihat perjuangan seorang istri yang harus sabar dan kuat menghadapi kondisi suaminya yang terkena kelainan saraf motorik. Walaupun dengan kondisi tubuhnya yang tidak normal, namun Stephen Hawking membuktikan jika kondisi tubuh bukan menjadi halangan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

4. The Pursuit of Happyness

Film yang mengisahkan tentang hubungan seorang ayah dan anak ini bisa membuat siapapun berlinang air mata. Sang ayah bernama Chris Gardner (Will Smith) merupakan seorang salesman yang telah banyak mengalami pahitnya hidup. Melihat perjuangan bagaimana ia berusaha untuk membuat kehidupannya dengan sang anak (Jaden Smith) agar menjadi jauh lebih baik, berhasil membuat siapapun terharu.

5. Dallas Buyers Club

Mengisahkan tentang seorang pengidap HIV bernama Ron Woodroof yang diperankan oleh Matthew McConaughey. Pada tahun 1980, obat HIV/AIDS masih belum ditemukan. Namun Ron Woodroof beserta kelompoknya berhasil menjual produk obat ilegal yang ternyata bisa menyembuhkan beberapa rekannya dari penyakit HIV. Selain sebagai salah satu film biografi terbaik yang pernah dibuat, film ini juga berhasil meraih Piala Oscar dengan kategori Best Actor berkat akting Matthew McConaughey yang totalitas dalam film ini.

6. Rush

Film yang bersetting tahun 1970-an ini mengisahkan tentang pertarungan sengit antara dua pembalap F1 James Hunt (Chris Hemswoth) dan Niki Lauda (Daniel Bruhl). Di film ini kita bisa menyaksikan aksi tegang balapan antara kedua pembalap F1 legendaris yang memiliki watak berbeda. James Hunt yang terkenal dengan sikapnya yang arogan serta nakal ini harus bersaing dengan Niki Lauda yang merupakan seorang pembalap perfeksionis dan penuh ambisi. Niki Lauda asli pun mengakui akting Daniel Bruhl dalam memerankan dirinya terlihat sangat menjiwai dan akurat.

7. A Beautiful Mind

Rasanya mustahil jika A beautiful Mind tidak dimasukkan ke dalam daftar film biografi terbaik. Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang peraih nobel di bidang matematika bernama John Nash. Meskipun seorang jenius, namun John Nash mengidap penyakit kejiwaan skizofrenia. Hal tersebut pun membuat kehidupan keluarganya menjadi berantakan. Pesan yang disampaikan adalah, sejenius dan sehebat apapun keahlian seseorang pasti memiliki kekurangan dan membutuhkan dukungan dari kerabat serta keluarga.

Itulah 7 film biografi terbaik dan paling menginspirasi sepanjang masa. Tentu masih banyak lagi berbagai macam film biografi yang bisa kita tonton dan ambil pesannya. Film-film di atas membuktikan bahwa film tak sekadar tontonan semata, namun juga bisa menjadi media yang bisa menginspirasi dan memotivasi para penontonnya. Dari 7 film biografi di atas, mana menurutmu yang terbaik?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES