Bukan Sebagai Bintang Utama, 10 Karakter Figuran Ini Justru Menjadi Ikonik dalam Film!

20 Februari 2018
|Reza Pratama
26SHARES

Dalam setiap film, karakter utama memang menjadi sorotan yang memiliki porsi lebih banyak dibanding karakter figuran di dalam film. Itulah mengapa pandangan penonton pasti akan lebih banyak tertuju pada pemeran utama dibanding pemeran yang lain. Namun, keberhasilan sebuah film tidak selalu berasal dari pemeran utama, tetapi juga adanya andil dari para pemeran lain yang ikut membuat film terasa lebih berwarna.

Uniknya, di beberapa film justru karakter figuran lebih mampu menyita perhatian banyak penonton dibanding jagoan utama. Bahkan tak jarang para karakter figuran ini menjadi yang paling diingat oleh para penonton karena ikonik. Kira-kira karakter pendukung apa aja yah yang sukses menjadi ikon dalam sebuah film? Berikut daftar para pemeran pendukung yang selalu diingat oleh penonton. 

1. Bokir (Malam Satu Suro)

Siapa yang nggak kenal sama aktor legendaris yang satu ini? Karakternya yang khas dan identik dengan seragam hansip ini seringkali muncul di film-film horor era 80-an. Meski hanya karakter figuran, sosoknya yang lucu menjadi pemecah suasana di film horor.  

2. Valak (The Conjuring)

Beberapa waktu yang lalu, sosok hantu ikonik di film The Conjuring 2 ini viral di internet. Sosoknya yang menyeramkan dengan jubah biarawatinya, membuat para penonton selalu teringat-ingat wajahnya. Bahkan mungkin sosok Valak lebih dikenal oleh banyak orang dibanding karakter utamanya, Ed dan Lorraine Warren. 

3. Joker (The Dark Knight)

Mungkin bisa dikatakan jika Joker yang diperankan oleh Heath Ledger di film The Dark Knight menjadi sosok paling ikonik dan paling diingat di antara Joker-Joker yang lain. Dan Heath Ledger merupakan satu-satunya pemeran Joker yang meraih piala Oscar. 

4. Mad Dog (The Raid)

Sukses lewat film The Raid, sosok Mad Dog semakin dikenal saat dijadikan sebagai bahan meme. Karakter yang diperankan oleh Yayan Ruhian ini selalu diingat sebagai orang paliing greget di muka bumi. 

5. Darth Vader (Star Wars)

Bukan sebagai tokoh yang baik di film Star Wars, namun Darth Vader berhasil mencuri perhatian para penonton. Sosoknya yang jahat dan kuat, serta menggunakan topeng dan jubah serba hitam, menjadi karakter yang paling ikonik di film Star Wars. 

6. Bumblebee (Transformers)

Walau menjadi robot kedua yang populer setelah Optimus Prime, karakter Bumblebee selalu diingat karena wataknya yang lucu dan ceria. Robot berwarna kuning ini bahkan menjadi kendaraan ikonik di salah satu brand mobil ternama. 

7. Minions (Despicable Me)

Hanya menjadi karakter figuran sebagai asisten Gru, namun kehadiran Minions ternyata menarik perhatian banyak orang. Sosoknya yang mungil dan berbicara dengan bahasa yang aneh ini menjadi ikon di film Despicable Me. Bahkan saking populernya, Minions sampai dibuatkan film solonya.

8. Ibu (Pengabdi Setan)

Pasti kamu masih terngiang-ngiang kan dengan sosok Ibu di film Pengabdi Setan? Walau bukan pemeran utama, sosok Ibu begitu diingat penonton karena terlihat menyeramkan. Bahkan Ibu pun dijadikan beberapa meme yang sempat viral di media sosial

9. No Face (Spirited Away)

Mungkin banyak orang yang tak asing dengan karakter kartun yang satu ini. No Face merupakan karakter figuran terkenal di film Spirited Away. Walau bukan karakter utama, tetapi sosoknya yang lucu dengan wajah yang datar membuat No Face dikenal banyak orang. 

10. Emon (Catatan Si Boy)

Kalo yang ini sih udah pasti pada tau semua. Apalagi buat generasi 80-an dan 90-an. Karakter ikonik di film Catatan Si Boy ini diperankan oleh Didi Petet yang memiliki ciri khas nada mendayu dan gerakan lemah gemulai. Saking terkenalnya, karakter Emon kerap kali ditiru banyak orang sebagai candaan. 

Itulah beberapa karakter figuran yang paling ikonik dan mengalahkan pamor karakter utama dalam film. Karakter-karakter di atas membuktikan kalo nggak semua karakter utama dalam film menjadi yang paling ikonik dan diingat para penonton. Namun, para karakter figuran pun banyak juga yang berhasil menjadi terkenal dan ikut berkontribusi dalam kesuksesan sebuah film. Bahkan karakter-karakter di atas banyak yang dijadikan sebagai pendongkrak penjualan merchandise film.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
26SHARES