Bukan Hanya Karena Hantunya, Inilah 7 Faktor yang Bikin Film Horor Terasa Meneror!

19 Maret 2018
|Galih Wisnu Brata
437SHARES

Meski menakutkan, film horor banyak yang suka. Bahkan, ada hantu dalam film yang berhasil melekat di benak penontonnya. Bukan karena menakutkan tapi karena unik. Tapi sebenarnya ya, yang menjadikan genre film ini seram bukanlah kehadiran hantunya, lho. Lalu apa dong? Inilah 6 hal yang bisa bikin film horor jadi menyeramkan.

1. Efek suara

Bisa dibilang efek suara menjadi faktor terpenting yang menjadikan film horor seram. Terlebih lagi saat suasana hening dan tiba-tiba terdengar suara yang mengagetkan. Jeng, jeng, hantu yang muncul pun semakin tampak menakutkan.

2. Lokasi yang serem

Film horor selalu memilih lokasi syuting yang menyeramkan. Kalau film horor Indonesia, kuburan, rumah tua, hutan, dan ruang bawah tanah menjadi lokasi yang sering dipakai. Untuk film Hollywood, rumah yang luas yang memiliki banyak kamar kosong dan ruang bawah tanah serta jauh dari tetangga dipilih sebagai lokasi syuting. Parahnya lagi, rumah besar itu hanya berisi keluarga kecil.

3. Suasana gelap

Suasana di film horor selalu terlihat mencekam karena pencahayaan yang gelap. Meski siang hari, sutradara akan menampilkan suasana yang remang-remang. Selain itu, hantu identik muncul dari area kegelapan. Hmm, ditambah lagi kamu nontonnya di ruangan yang gelap. Pasti tambah serem.

4. Karakter sok berani

Dalam film horor selalu muncul karakter sok berani. Karakter tersebut berusaha mencari-cari si makhluk halus padahal aslinya takut. Penasaran menjadi alasan utamanya. Iya, karakter ini yang bikin kita berpikir, "Ngapain setan disamperin?"

5. Kejadian nggak masuk akal

Kejadian yang nggak masuk akal menjadi bumbu pelengkap dalam film horor. Misalnya aja, darah yang mengalir di keran, lampu yang berkedap-kedip, dan benda yang bergerak sendiri. Kejadian-kejadian itu menambah film menjadi lebih seram.

6. Berdasarkan kisah nyata

Beberapa film biasanya dibuat berdasarkan kisah nyata, tak terkecuali film horor. Di awal cerita, biasanya muncul pemberitahuan jika film diangkat dari kisah nyata. Selain itu, di akhir film terkadang ditampilkan foto-foto asli terkait adegan film. Tambah merinding deh.

7. Jumpscare yang bikin kita melonjak dari kursi

Saat lagi senyap, dan karakter sok berani (tapi takut) itu sedang berjalan sendirian karena 'penasaran', jeng jeng tiba-tiba sesosok hantu muncul dari tempat tak terduga. Nah, jumpscare yang seperti ini yang biasanya membuat kita merasa tegang saat menonton film horor. Karena kita tidak tahu kapan dan di mana hantu tersebut akan muncul. Teknik jumpscare ini pun banyak digunakan dalam film horor Hollywood ala James Wan, sutradara film horor terkenal seperti Insidious dan The Conjuring.

Setuju nggak dengan alasan-alasan di atas? Ya, nggak bisa dipungkiri juga kalau hantu menjadi faktor yang membuat film jadi serem. Tapi faktor pembangun dalam film sebenarnya ada banyak sekali, bukan hanya sosok hantu. Kalau hantunya seram tapi filmnya gagal membangun suasana tegang dan antisipasi penonton, ya kemunculan hantu itu nggak akan jadi menyeramkan. Bener nggak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
437SHARES