Bikin Nggak Tenang! Inilah 8 Film Horor Indonesia yang Seremnya Kelewatan

12 September 2017
|Robertus Ari

Suzanna, nama ini selalu menghiasi film-film horor Indonesian tahun 80-an yang suka bikin kita jantungan. Banyak film horor Indonesia yang dibintangi Suzanna dan masih populer hingga sekarang, sebut saja Sundel Bolong, Ratu Ilmu Hitam, Malam Satu Suro, dan masih banyak lagi. Kesuksesan film-film horor yang dibintangi Suzanna ini membuat para pelaku industri film berlomba-lomba menciptakan film horor yang gak kalah seram. Nah, berikut ini 8 film horor Indonesia yang seremnya kelewatan versi YuKepo.

1. Jelangkung (2001)

Dengan biaya pembuatan 400 juta rupiah, film ini terbukti sukses dan meraih keuntungan hingga 5 miliar rupiah kala itu. Film Jelangkung yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dan Jose Poernomo sukses membangkitkan gairah film horor Indonesia pada tahun 2001 yang sebelumnya sempat ‘tidur’ panjang.

Jelangkung dibintangi oleh Harry Pantja dan Winky Wiryawan yang merupakan pemuda yang gemar mencari hal-hal atau kejadian supranatural di tempat angker yang pada akhirnya perjalanan mereka berakhir di tempat bernama Angkerbatu. Sejak inilah mereka mendapat berbagai macam teror setelah melakukan ritual terlarang di tempat tersebut.

2. Tusuk Jelangkung (2003)

Pertama rilis, film ini langsung menyita perhatian pecinta film horor Indonesia. Tusuk Jelangkung digarapan oleh Rizal Mantovani dan Jose Purnomo. Kesuksesan film ini juga mengangkat nama Marcella Zalianty, Dinna Olivia, Samuel Rizal, dan lainnya yang langsung melejit.

Tusuk Jelangkung bercerita keisengan memanggil hantu dengan Jelangkung. Namun nampaknya keisengan ini memberikan dampak buruk, hingga akhirnya seorang paranormal membantu mereka meredam teror hantu jelangkung.

3. Kuntilanak (2006)

Film arahan Rizal Mantovani juga patut dikatakan salah satu film horor terbaik Indonesia. Film ini dibintangi Julie Estelle, Ratu Felisha, Evan Saners, dan lainnya.

Film Kuntilanak bercerita tentang tokoh bernama Samantha (Julie Estelle) yang pindah ke rumah pengusaha batik Mangkoedjiwo. Pemiliki dan juga keturunan Raden Ayu Sri Sukmarahimi Mangkoedjiwo mengatakan ada syarat-syarat khusus yang tak boleh dilanggar Samantha ketika menempati rumahnya. Namun, hal tersebut dilanggar dan mendatangkan peristiwa menyeramkan di sekitar rumah.

4. Pocong 2 (2006)

Film Pocong 2 menjadi karya kedua bagi sutradara Rudi Soejarwo. Film ini dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Revalina S. Temat. Pocong 2 dianggap sukses menyajikan cerita horor yang ber-setting di sebuah apartemen yang berhasil bikin penontonnya jantungan.

Namun, film Pocong pertama dikabarkan dilarang tayang oleh Lembaga Sensor Film Indonesia, karena dalam film tersebut menampilkan banyak adegan yang dinilai terlalu brutal.

5. Terowongan Casablanca (2007)

Film ini terinspirasi dari jalan yang sangat terkenal di Jakarta, Terowongan Casablanca. Berkisah tentang remaja cantik bernama Astari yang terlarut dalam pesta hingga hamil dengan Refa - yang tak ingin bertanggung jawab dan menggugurkan kandungannya.

Saat Refa mengantar Astari ke dukun peranak, tiba-tiba Astari sadar dan kabur dengan keadaan berlumur darah karena proses aborsi belum selesai. Atas kajadian ini Refa panik dan mengubur hidup-hidup Astari bersama janinnya di Casablanca. Sejak ini hidup Refa menjadi tak tenang karena dihantui arwah Astari.

6. Keramat (2009)

Film Keramat bertema horor adventure yang banyak memberikan adegan mengagetkan. Film ini disutradarai Monty Tiwa dan Ivander Tedjasukmana dengan bintang Poppy Sovia, Sadha Triyudha, Miea Kusuma dan Migi Parahita.

Film ini bercerita tentang tim produksi dari Jakarta yang akan membuat film di Bantul, Yogyakarta. Sesampainya di Jogja, mereka menemukan tempat yang mendukung namun juga dikenal keramat oleh warga sekitar. Meski di tempat yang dikeramatkan, gaya mereka masih seperti khas anak muda kota dan tak menghormati budaya setempat, hingga pada akhirnya salah satu dari mereka mengalami kerasukan, dan malapetaka pun terjadi sejak itu.

7. Danur: I Can See Ghosts (2017)

Film Danur ini patut untuk kamu tonton. Film ini menceritakan masa kecil seorang anak yang punya teman khayalan. Namun, teman khayalan ini bukan dari imajinasi sang anak, melainkan hantu yang selalu mengikuti sang anak tersebut. Film ini disutradarai oleh Awi Suryadi dengan bintang Prilly Latuconsina, Kinaryosih, Kevin Bzezovski, dan Emiliano Fernando Cortizo.

8. The Curse (2017)

The Curse disutradarai oleh Muhammad Yusuf. Film ini juga dibintangi Prisia Nasution sukses membuat para penontonnya jantungan. The Curse bercerita tentaang seorang wanita bernama Shelina (Prisia Nasution) yang berprofesi sebagai pengacara di Melbourne, Australia.

Suatu hari, Shelina memiliki tugas untuk menangani kasus pembunuhan pengusaha expat Australia. Selama menangani kasus ini, Shelina dihantui roh halus di tempat dia tinggal yang membuat dia terganggu. Hingga pada akhirnya, ia memutuskan untuk memanggil paranormal untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Akhirnya diketahui roh halus tersebut membawa pesan untuk Shelina karena memiliki hubungan erat dengannya. Namun, Shelina tak tahu hal tersebut dan membuatnya bingung.

Itulah 8 film horor Indonesia yang patut kamu tonton. Kedelapan film tersebut mampu membuat tidur malammu tak tenang. Jadi, apa kamu berani menontonnya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES