Berharap Untung Malah Jadi Buntung, Inilah 7 Film Hollywood yang Rugi Besar

23 Desember 2017
|Reza Pratama
1SHARES

Film-film Hollywood memang menjadi film yang dinomorsatukan di Indonesia dan di berbagai negara lain. Selain ceritanya yang bagus, efek visual serta teknologi canggih membuat film Hollywood terlihat lebih epik. Jadi tak heran jika film Hollywood selalu dinantikan kehadiran di bioskop-bioskop Indonesia. Seperti yang kita ketahui, dalam pembuatan film sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, di balik antusiasme para pecinta film akan film Hollywood, ternyata ada beberapa film Hollywood yang mengalami kerugian.

1. Tomorrowland (2015)

Siapa sangka film hasil produksi Walt Disney ini menjadi salah satu film yang mengalami kerugian yang besar. Walaupun dibintangi aktor ternama seperti George Clooney, ternyata masih tak mampu untuk membalikkan modal dari pembuatan film ini. Biaya pembuatan film Tomorrowland sendiri mencapai Rp 2,7 triliun, sedangkan pendapatannya hanya mencapai Rp 1,4 triliun Kerugian pada film ini mencapai Rp 1,3 triliun. 

2. Jupiter Ascending (2015)

Sebelum ditayangkan di bioskop, film ini digadang-gadang akan menjadi film sukses, namun pada kenyataannya film Jupiter Ascending kurang mendapat respon yang begitu baik dari para pecinta film. Bahkan ratingnya di IMDb pun hanya 5,3/10. Hal ini tentunya bukanlah sesuatu yang memuaskan, mengingat film ini dibintangi oleh Channing Tatum dan Mila Kunis. Biaya pembuatan film ini mencapai Rp 2,3 triliun, sedangkan pendapatannya hanya mencapai Rp 625 miliar.

3. R.I.P.D (2013)

Film yang diadaptasi dari sebuah buku karya Peter M. Lenkov ini dibintangi oleh dua aktor ternama, Jeff Bridges dan Ryan Reynolds. Dua nama aktor besar tersebut belum bisa membalikkan modal pembuatan film ini sendiri. Biaya pembuatan film R.I.P.D mencapai Rp 1,9 triliun, sedangkan pendapatan yang diraih hanya mencapai Rp 722 miliar, kerugiannya pun mencapai Rp 1,2 triliun.

4. Pan (2015)

Pan sendiri merupakan film fantasi yang menceritakan tentang kisah dongeng Peter Pan. Dibintangi oleh aktor sekelas Hugh Jackman, film ini pun masih belum bisa membalikkan modal pembuatan film yang mecapai Rp 2,3 triliun. Hanya meraih pendapatan sebesar Rp 930 miliar dan membuat film ini rugi sebesar Rp 1,3 triliun.

5. 47 Ronin (2013)

Film yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini menceritakan tentang kehidupan seorang samurai pada abad ke-18 di Jepang, namun film ini kurang mendapat respon yang positif dari para pecinta film. Alhasil film ini hanya meraih pendapatan sebesar Rp 1,2 triliun dari total biaya produksi yang mencapai Rp 2,5 triliun.

6. Jack The Giant Slayer (2013)

Film ini pun digadang-gadang akan mendapatkan respon yang positif dari para penikmat film. Namun pada nyatanya film ini justru mengalami kerugian, yakni mencapai Rp 1,4 triliun dari total biaya produksi yang mencapai Rp 1,6 triliun.

7. How Do You Know (2010)

Film How The Do You Know ini merupakan film drama, fantasi, dan petualangan. Walaupun dibintangi nama-nama besar seperti Owen Wilso, dan Jack Nicholson, nyatanya film ini masih tetap mengalami kerugian, yaitu mencapai Rp 1,4 triliun dari total pembuatan film yang mencapai Rp 1,8 triliun.

Itulah 7 film Hollywood dengan kerugian terbesar. Ternyata film-film Hollywood yang dibintangi aktor-aktor ternama belum tentu meraih kesuksesan dan mendapatkan keuntungan yang besar. Kesuksesan sebuah film bukan hanya dari seberapa besar biaya produksi film tersebut, namun juga dari beberapa faktor lain. Seperti pemasaran, aktor, serta cerita yang ditawarkan dalam film itu sendiri.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
1SHARES